Analisis Pasar 23-29 Mei: Pola Bear Flag BTC, Death Cross pada ETH, dan Peluncuran LUNA 2.0

May 30, 2022
Combined Shape 2
7 Menit
Bagikan
Gambar Analisis Pasar 23-29 Mei: Pola Bear Flag BTC, Death Cross pada ETH, dan Peluncuran LUNA 2.0
Reading Time: 7 minutes

Pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto cenderung sangat fluktuatif dengan kenaikan atau penurunan harga yang dapat mencapai 20% per hari. Tidak hanya itu, sebagai industri yang terbilang baru, perkembangan teknologi kripto juga sangat pesat dengan berbagai proyek baru yang terus diluncurkan. Melalui Analisis Pasar yang disusun oleh tim trader Pintu, kamu dapat mempelajari pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto lainnya, serta mengetahui update terbaru di industri ini. Baca analisis lengkapnya di sini.

Pergerakan Harga BTC dan ETH 23-29 Mei 2022

Grafik harian Bitcoin dengan pola yang membentuk bear flag dengan potensi harga terendah 12rb dolar AS.

Selama seminggu terakhir kita telah melihat BTC membentuk fraktal dan bergerak menyamping. Namun, jika kita melihat pergerakan harga jangka panjang BTC yang menurun, terdapat pola bear flag yang jatuh ke titik support 28-30 ribu (pada saat waktu penulisan). Jika kita mengambil pola penurunan yang setara dari angka tertingginya dan menempatkannya di titik ujung pola bear flag yang menurun, harga BTC “terbawah” seharusnya berada pada kisaran 12rb dolar AS (meskipun ini adalah kasus ekstrim). Harga ini merupakan titik pertemuan dengan angka resistensi pada tahun 2019 dan 2020.

TahunSebelum death crossPasca death cross (penurunan tambahan)
2013-73%-70%
2017-70%-65%
2019-53%-55%
2020-63%+1581%
2021-56%+141%
2022-43%-37% saat ini

Mari kita kembali ke bearish death cross seperti yang disebutkan dalam analisis minggu sebelumnya. Death cross yang ditentukan terjadi ketika 50 EMA melintasi di bawah 200 EMA pada grafik harian. Tabel di atas menunjukkan persentase penurunan sesaat sebelum death cross dan setelah death cross setiap kali kita terjadi death cross.

Grafik harian Bitcoin dengan beberapa zona death cross.

Berdasarkan data 2013, 2017, dan 2019, penurunan pasca death cross biasanya setara dengan penurunan sebelum death cross. Penurunan sebanyak -43% artinya BTC akan mencapai 23rb dolar AS, yang sesuai dengan garis MA 200 minggu dan EMA 55 bulan. Ini adalah sebuah titik support penting berdasarkan sejarah garis support Bitcoin pada kisaran harga rendahnya.

Grafik mingguan Bitcoin dengan garis pita SMA.

Pada grafik mingguan, jika BTC menutup harga di bawah 30.300 dolar AS, ini akan menjadi pertama kalinya Bitcoin memiliki 9 candlestick merah berturut-turut.

Angka inflasi Amerika Serikat mulai dianggap terlalu tinggi.

Tiga minggu setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka (The Federal Open Market Committee/FOMC), The Fed merilis risalah pertemuan mereka. Laporan tersebut mengindikasikan pengetatan kebijakan yang berarti the Fed tidak akan berhenti sampai inflasi kembali berada di jalur menuju target 2% mereka. Ini adalah strategi yang menandakan kebijakan akan lebih data-oriented setelah pertemuan Fed pada bulan Juni dan Juli.

Saham naik setelah risalah diterbitkan, sementara hasil pada catatan Treasury berfluktuasi dan peningkatan dolar terpotong. Pasar terus menunjukkan trader sudah mempertimbangkan 100 basis poin kenaikan suku bunga yang akan terjadi di dua pertemuan selanjutnya.

Sebagian besar pelaku pasar menilai bahwa peningkatan 50 poin basis dalam kisaran target kemungkinan akan sesuai dengan beberapa pertemuan berikutnya. Pejabat the Fed juga menyelesaikan rencana untuk mengizinkan neraca $8,9 triliun dolar AS untuk mulai menyusut, memberikan tekanan tambahan pada biaya pinjaman.

Grafik mingguan Ethereum dengan pita SMA dan zona Fibonacci.

Menjelang merge yang dijadwalkan untuk Agustus, beacon chain ETH mengalami hambatan berupa reorganisasi tujuh blok pada hari Rabu 25 mei yang dapat berpotensi menghadirkan risiko keamanan untuk jaringan. Istilah reorganisasi mengacu pada peristiwa di mana sebuah blok dari rantai utama, seperti beacon chain, dijatuhkan dari rantai karena kalah saat berkompetisi dengan blok lain. Ini bisa terjadi akibat serangan jahat dari penambang dengan sumber daya tinggi atau sebuah bug. Insiden seperti ini menyebabkan rantai bercabang atau terduplikat secara tidak sengaja.

Pada kesempatan ini, pengembang percaya bahwa masalah ini disebabkan oleh keadaan dan bukan karena sesuatu yang serius seperti masalah keamanan atau kecacatan desain, dengan “proposer boost fork” sebagai tersangka utamanya. Istilah ini mengacu pada metode di mana proposer tertentu diberikan prioritas untuk memilih blok berikutnya.

Ini menekan harga ETH, yang jatuh 8% dalam satu hari dan -14% sepanjang minggu.

Titik support untuk ETH berada pada angka $1500 dan $1700 dolar AS. Kami melihat ETH bertahan kuat pada titik support $1700 yang merupakan titik retracement Fibonacci. Angka ini juga titik yang berkumpul dengan garis support menurun yang ditarik di puncak pada 21 November.

Grafik 3 hari Ethereum dengan pita SMA yang menandakan terjadinya death cross.

Death Cross di Ethereum: Perhatikan grafik harga 3 hari di atas. Death cross kemungkinan akan terjadi pada pertengahan Juni. Sebelumnya, hanya ada 1 death cross dalam sejarah Ethereum. Death cross sebelumnya membuat harga ETH terjun -68% dari kejadian tersebut. Selain itu, ia berlangsung sekitar 600 hari sebelum terjadi golden cross dan terjadi reli. Kita dapat melihat dari grafik di atas bahwa ETH mencapai tingkat resistensi MA 50 hari pada Mei 2018 sebelum membentuk death cross. Perhatikan pola yang sama pada saat ini. Kami saat ini berada dalam mode fraktal (lingkaran terakhir di kanan), mirip dengan fraktal 2018 sebelum terjun 68%.

Grafik dominasi Bitcoin dengan zona Fibonacci.

Dominasi BTC jatuh dari zona resistensi rendahnya pada seminggu terakhir. BTC.D telah meningkat 13% selama 3 minggu terakhir. Terdapat titik resistance yang kuat pada angka 47%, di mana ia bertepatan dengan garis Retracement Fibonacci 0,235.

Grafik ETH/BTC dengan zona Fibonacci.

ETH/BTC juga jatuh dari titik support, menurun 9% selama seminggu. Terdapat support kuat di garis support Fibonacci 0,236, yang merupakan harga saat ini. Apabila titik support ini gagal menahan harga, harga ETH dapat turun lebih jauh, dengan pasar menurunkan ETH untuk titik lower beta.

Analisis On-Chain

Cadangan semua bursa tetap di level terendah lebih dari 3 tahun. Ada tren yang meningkat di pembelian Spot, termasuk Coinbase, tetapi cadangannya masih rendah selama 3 tahun. Sementara itu, cadangan Bursa Derivatif tetap pada level yang sama. Terdapat sedikit peningkatan dalam kepemilikan dana yang didorong oleh ETF tujuan.

Whales masih enggan menjual. Jumlah BTC yang ditransfer ke Bursa Derivatif masih tinggi. Distribusi kecil dari penambang.

Sentimen pasar positif sekarang lebih kuat bersama dengan investor jangka panjang. Open interest masih meningkat dan perkiraan rasio leverage mendekati level tertinggi sepanjang masa sebelumnya.

Baik pemegang jangka pendek dan jangka panjang menjual rugi. Indikator MVRV dan NUPL memberi sinyal bahwa harga Bitcoin saat ini mendekati posisi undervalued. Indikator NVT Golden Cross menandakan bahwa harga Bitcoin saat ini dinilai overvalued.

Grafik realized price dari Bitcoin.

Grafik di atas menandakan harga realisasi BTC; dasar biaya agregat dari semua entitas on-chain. Saat ini angkanya berada di sekitar $24.000 dolar AS. Secara historis setiap kali harga pasar turun di bawah harga realisasi, ia adalah peluang membeli yang bagus. Ini karena menurut definisi pasar secara keseluruhan sedang merugi. Ini juga berhubungan dengan MA 200 minggu yang saat ini berada di 22k.

Kesimpulan Analisis Pasar

  • 📉 Selama seminggu terakhir Bitcoin bergerak menyamping. Namun, apabila ia menutup minggu di bawah angka 30.300 dolar AS, ini akan menjadi pertama kalinya Bitcoin memiliki 9 candlestick merah berturut-turut. Selain itu, terdapat pola bear flag yang jatuh ke titik support 28-30 ribu (pada saat waktu penulisan). Jika kita mengambil pola penurunan yang setara dari angka tertingginya dan menempatkannya di titik ujung pola bear flag yang menurun, harga BTC yang seharusnya “terbawah” berada pada 12rb dolar AS (meskipun ini adalah kasus ekstrim).
  • 🆘 Berdasarkan data Bitcoin di tahun 2013, 2017, dan 2019, penurunan pasca death cross biasanya setara dengan penurunan sebelum death cross. Penurunan sebanyak -43% artinya BTC akan mencapai 23rb dolar AS, yang sesuai dengan garis MA 200 minggu dan EMA 55 bulan. Ini adalah sebuah titik support penting berdasarkan sejarah garis support Bitcoin pada kisaran harga rendahnya.
  • ⚠️ Titik support untuk ETH berada pada angka $1500 dan $1700 dolar AS. Kami melihat ETH bertahan kuat pada titik support $1700 yang merupakan titik retracement Fibonacci. Angka ini juga titik yang berkumpul dengan garis support menurun yang ditarik di puncak pada 21 November. Ethereum juga akan mengalami death cross di pertengahan Juni. Death cross sebelumnya membuat harga ETH terjun -68% dari kejadian tersebut.
  • ⚖️ Cadangan semua bursa tetap di level terendah lebih dari 3 tahun. Baik pemegang jangka pendek dan jangka panjang menjual rugi. Indikator MVRV dan NUPL memberi sinyal bahwa harga Bitcoin saat ini mendekati posisi undervalued. Selain itu, Bitcoin sedang mendekati harga realized price yang berada di sekitar $24.000 dolar AS.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • STEPN memblokir pengguna dari China: STEPN, aplikasi kripto move-to-earn yang membiarkan penggunanya mendapatkan aset kripto sambil berolahraga, mengeluarkan pernyataan pemblokiran pengguna dari China. Twitter resmi STEPN menjelaskan bahwa mereka tidak pernah mendukung penggunaan STEPN di China dan akan memblokir kepada pengguna aktif STEPN di China. Kedua token STEPN, GMT dan GST, mengalami penurunan lebih dari 10% di hari yang sama. Pernyataan yang dilontarkan STEPN merupakan sesuatu yang wajar karena China melarang semua transaksi aset kripto.

Berita Penting Lainnya dari Dunia Kripto Satu Pekan Terakhir

  • Peluncuran LUNA 2.0: Pada tanggal 28 Mei 2022 jaringan Terra yang baru secara resmi diluncurkan melalui pembuatan token LUNA yang baru. Do Kwon dan berbagai elemen komunitas jaringan Terra menyetujui proposal perbaikan Terra dan forking yang akan memisahkan antara LUNA baru dan LUNA lama (kini disebut LUNA Classic atau LUNC). Namun, harga LUNA turun lebih dari 50% baru beberapa jam setelah peluncurannya. LUNA sempat menyentuh angka $19 dolar AS tetapi saat ini bergerak di sekitar harga $5.89 dolar AS (30 Mei 2022).
  • OpenSea meluncurkan protokol baru: OpenSea, salah satu pasar digital NFT terbesar di dunia kripto, baru saja meluncurkan protokol baru bernama Seaport. Seaport adalah sebuah protokol untuk bagian pasar baru yang akan memungkinkan penggunanya melakukan barter NFT. Jadi, sekarang kamu bisa bertukar NFT dengan pengguna lain daripada hanya menjualnya.

Referensi

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Pintu Academy Team
Author
Pintu Academy Team

Bagikan

Artikel Terkait