Analisis Pasar 29 Januari 2024: BTC Kembali ke Level Harga $41 Ribu

Update 29 Jan 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 29 Januari 2024: BTC Kembali ke Level Harga $41 Ribu
Reading Time: 6 minutes

Investor crypto setidaknya bisa kembali bernafas lega setelah Bitcoin (BTC) kembali ke level harga $41 ribu setelah sempat turun menyentuh harga $38 ribu. Namun, apakah BTC sudah aman dan bisa melanjutkan kembali kenaikan ini? Simak analisis di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ✍🏻 Pergerakan harga BTC saat ini mendapat support di dekat kisaran atas zona rasio emas retracement Fibonacci di harga $41.000. Sementara ETH harus mempertahankan support di level $2,200.
  • 🟢 Indeks Sentimen Konsumen mencatat angka 78,8, mencerminkan peningkatan 13,1% dibandingkan bulan Desember dan kenaikan 21,4% dari Januari 2023. Lonjakan signifikan dalam sentimen konsumen menunjukkan adanya perbaikan perekonomian di masa depan menjadi perkembangan positif bagi AS.
  • 📈 Pada pekan yang berakhir 20 Januari, klaim pengangguran awal meningkat sebesar 25.000 hingga mencapai 214.000.
  • 👀 Perekonomian AS tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 3,3% pada kuartal terakhir yang menyebabkan The Fed tampaknya berada pada jalur yang disebut dengan soft landing.

Analisis Makroekonomi

Sentimen Konsumen Michigan Amerika Serikat (AS)

Sentimen konsumen Michigan mengalami peningkatan sebesar 13,1% dari bulan Desember dan 21,4% dari bulan Januari 2023. Optimisme tersebut berasal dari meredanya inflasi dan membaiknya ekspektasi pendapatan. Mengingat belanja konsumen mencakup sekitar 70% perekonomian AS, lonjakan signifikan dalam sentimen konsumen menunjukkan adanya perbaikan perekonomian di masa depan menjadi perkembangan positif bagi AS.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Penjualan Rumah: Pada tahun 2024 terdapat optimisme adanya pemulihan penjualan rumah di AS setelah di bulan Desember, penjualan rumah mencapai titik terendah dalam 13 tahun terakhir. Optimisme tersebut didorong oleh beberapa hal di antaranya; turunnya suku bunga hipotik, membaiknya persediaan perumahaan, dan melonjaknya sentimen konsumen Michigan yang dipicu oleh menurunnya inflasi dan ekspektasi pada pendapatan. Seluruh faktor tersebut menunjukkan potensi peningkatan ekonomi.
  • Indeks S&P Global: Output perekonomian di bulan Januari mencapai level tertinggi dalam tujuh bulan yang didorong oleh penurunan inflasi dan menyoroti kemungkinan skenario soft landing yang diantisipasi oleh investor. Indeks Manajer Pembelian (PMI) Komposit awal AS dari S&P Global yang mencakup sektor jasa dan manufaktur naik menjadi 52,3 melampaui ekspektasi para ekonomi sebesar 51,0.
  • Barang Tahan Lama: Pada bulan Desember, pesanan barang tahan lama AS tetap stabil, berlawanan dengan ekspektasi kenaikan 1,1%, terutama karena penurunan 0,9% pada peralatan transportasi. Angka ini mengikuti peningkatan sebesar 5,5% di bulan November dan kenaikan sebesar 4,4% dari tahun ke tahun. Sementara sektor manufaktur yang menyumbang 10,3% perekonomian, menghadapi tantangan dari kenaikan suku bunga. Pada pesanan barang modal non-pertahanan tidak termasuk pesawat terbang tumbuh sebesar 0,3%. Pertumbuhan ini, bersama dengan peningkatan pengiriman sebesar 0,6%, menunjukkan sedikit peningkatan belanja peralatan bisnis pada kuartal keempat.
  • Tingkat Pertumbuhan PDB AS: Perekonomian AS tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 3,3% pada kuartal terakhir, mengikuti laju pertumbuhan sebesar 4,9% pada kuartal ketiga. Hal ini menyebabkan The Fed tampaknya berada pada jalur yang disebut dengan soft landing.
  • Neraca Perdagangan Barang: Defisit perdagangan barang AS sedikit turun di bulan Desember sebesar 1% menjadi $88,5 miliar dibandingkan bulan November. Hal ini didorong oleh peningkatan ekspor sebesar $4,1 miliar menjadi $169,8 miliar, sebagian diimbangi oleh peningkatan impor sebesar $3,2 miliar menjadi $258,3 miliar. Namun, persediaan grosir naik tipis 0,4% dari bulan November, meskipun 2,7% lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mengisyaratkan adanya penyetokan kembali yang hati-hati oleh dunia usaha meskipun ada sedikit perbaikan dalam perdagangan.
  • Klaim Pengangguran: Klaim pengangguran awal AS melonjak tak terduga dalam pekan yang berakhir 20 Januari, mematahkan penurunan tujuh minggu dan naik di atas 200.000 untuk pertama kalinya sejak pertengahan November. Meskipun klaim lanjutan juga sedikit meningkat, rata-rata pergerakan klaim awal dalam empat minggu terus melanjutkan tren penurunannya. Para analis tetap berhati-hati dan menantikan data di masa depan untuk mengonfirmasi, apakah ini penurunan sementara atau merupakan tanda perubahan pasar tenaga kerja yang lebih luas.

Analisis Harga BTC & ETH

BTC

Pergerakan harga BTC saat ini mendapat dukungan di dekat kisaran atas zona rasio emas retracement Fibonacci di harga $41.000, setelah sempat turun ke $38.500 pada pertengahan minggu lalu. Jika BTC berhasil menutup hari Senin dengan penutupan di atas garis support ini, maka BTC semakin dekat untuk menetapkan batas atas sebagai level dukungan yang kuat yang berpotensi membuka jalan bagi kenaikan BTC.

ETH

ETH menghadapi situasi serupa dengan BTC, yang saat ini tengah berjuang untuk memperkuat batas atas Fibonacci di harga $2.200 sebagai garis support yang dapat diandalkan. ETH telah mengalami penurunan nilai hampir 8% dari minggu ke minggu, dengan harganya menembus di bawah garis tren support ascending 95 hari. Tantangan kritisnya saat ini adalah mempertahankan support di level $2.200. Pada kerangka waktu mingguan dan harian, dalam hal pergerakan harga dan pembacaan indikator, masih menunjukkan beberapa sinyal bearish. Meskipun perkiraan harga ETH pesimistis, terdapat potensi rebound di zona horizontal $2.200. Saat ini, ETH berada dalam kisaran dukungan horizontal $2,200.

Jika ETH menembus level ini, kemungkinan akan terjadi penurunan sekitar 11%, mencapai level support Fibonacci retracement 0,618 di $1,980. Meskipun perkiraan harga ETH negatif, rebound yang kuat di wilayah support $2,200 berpotensi memulai kenaikan 7% menuju garis tren support menaik di $2.400.

Pasar Crypto

Total kapitalisasi pasar crypto berada di atas garis dukungan $1,42 Triliun. Pada saat penulisan analisis ini, total market cap crypto berada di angka $1,57 Triliun dengan mencatat peningkatan sebesar 2,73% selama 24 jam terakhir atau mengalami penurunan sebesar 1,85% dalam tujuh hari sebelumnya, dan penurunan sebesar 4,22% pada grafik bulanannya.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus meningkat menunjukkan tekanan jual semakin tinggi. Simpanan bersih di bursa lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang rendah diartikan tekanan jual lebih rendah.
  • 💻 Penambang: Penambang menjual lebih banyak kepemilikan dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih tinggi dari rata-rata yang jika dipindahkan untuk tujuan dijual akan berdampak negatif. Investor berada dalam fase cemas di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi yang sedang.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual mendominasi di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang dipenuhi oleh pengambil posisi. Ketika Open Interest (OI) terbuka menurun, hal ini mengindikasikan investor menutup posisi futures dan kemungkinan adanya pembalikan tren. Pada gilirannya, hal tersebut dapat memicu kemungkinan terjadinya tekanan jual atau beli yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi oversold di mana 79.00% pergerakan harga dalam dua minggu terakhir mengalami oenurnan dan dapat terjadi pembalikan tren. Stochastic menunjukkan kondisi oversold di mana harga saat ini mendekati titik terendah dalam dua minggu terakhir dan kemungkinan pembalikan tren harga dapat terjadi.

Berita Seputar Altcoins

  • AltLayer Bagikan Airdrop $100 juta ke Wallet Pengguna Ethereum. AltLayer, protokol terdesentralisasi yang dirancang untuk membantu pengembang Ethereum menerapkan rollup dan opsi penskalaan lainnya, telah mengirimkan token ALT senilai $100 juta kepada pengguna yang memenuhi syarat. Airdrop yang dapat diklaim hingga tanggal 25 Februari adalah cara AltLayer memberi penghargaan kepada pengguna awal dan kontributor serta mendesentralisasikan proses tata kelola.
  • Lonjakan Perdagangan Jupiter Exchange Didorong oleh WEN Memecoin dan Airdrop JUP yang akan datang. Pertukaran terdesentralisasi yang berbasis di Solana, Jupiter, baru-baru ini mengalami lonjakan volume perdagangan, mencapai $480 juta dalam 24 jam. Lonjakan ini didorong oleh minat terhadap memecoin baru yang disebut “WEN”. Koin ini, yang menyumbang lebih dari $50 juta untuk volume perdagangan harian Jupiter, tersedia untuk pengguna Solana yang telah berinteraksi dengan Jupiter dalam enam bulan terakhir dan pemilik ponsel Saga milik Solana. Memecoin ini dibuat sebagai pendahulu dari peluncuran token asli Jupiter, JUP, yang akan diluncurkan pada tanggal 31 Januari. Perdagangan pra-pasar token JUP sekitar $0,61, dengan nilai total 1 miliar token JUP berpotensi melebihi $600 juta. Kegembiraan di sekitar token WEN dan JUP ini merupakan bagian dari tren airdrop yang lebih luas dalam ekosistem kripto, termasuk airdrop yang signifikan yang diumumkan oleh solusi penskalaan Ethereum, AltLayer, dan penyebar rollup multilayer, Dymension.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • SEC Menunda Keputusan tentang ETF Ethereum BlackRock hingga Maret. Harapan ETF Ethereum BlackRock terhenti karena SEC menunda keputusan mereka hingga bulan Maret, mengabaikan persetujuan dan memperpanjang penantian proposal serupa. Meskipun optimisme sebelumnya dipicu oleh ETF Bitcoin, regulator tetap berhati-hati dan memiliki keraguan akan lampu hijau untuk produk investasi terkait Ethereum.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Manta Network (MANTA) +46.22%
  • Sui (SUI) +29.49%
  • Conflux (CFX) +21.14%
  • Chiliz (CHZ) +20.37%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Ordi (ORDI) -13.06%
  • WOO (WOO) -12.93%
  • Chainlink (LINK) -11.56%
  • Ethereum (ETH) -8.32%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan