Analisis Pasar 7 Januari 2023: Pasar Tenaga Kerja AS dan BTC masih Bergerak Menurun

Update 9 Jan 2023 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 7 Januari 2023: Pasar Tenaga Kerja AS dan BTC masih Bergerak Menurun
Reading Time: 6 minutes

Angka pasar tenaga kerja di Amerika Serikat mengalami kenaikan namun terlihat melambat. The Fed masih berkomitmen untuk menurunkan tingkat inflasi. Dari pasar crypto, BTC berhasil naik di atas EMA 21 minggu. Simak analisis lebih lengkapnya di artikel berikut.

Seperti biasa, tim trader Pintu telah mengumpulkan berbagai data penting tentang analisis makroekonomi dan pergerakan pasar crypto selama sepekan terakhir yang terangkum dalam Analisa Pasar ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 💼 Lapangan kerja sektor swasta meningkat sebanyak 235.000 pekerjaan pada bulan Desember 2022 dan gaji tahunan naik 7.3% dari tahun ke tahun.
  • 💡 Inflasi tahunan di zona euro berada di 9.2% pada bulan Desember, turun lebih besar dari perkiraan sebesar 9.5%.
  • ⚡ BTC untuk pertama kalinya akhirnya berhasil naik di atas EMA 21 minggu sejak pertengahan Desember tahun lalu.
  • 📉 Pada grafik mingguan, BTC masih berada pada pola falling wedge.

Analisis Makroekonomi

Menurut ADP® National Employment Report bulan Desember, lapangan kerja sektor swasta meningkat sebanyak 235.000 pekerjaan pada bulan Desember dan gaji tahunan naik 7.3% dari tahun ke tahun. Pasar tenaga kerja yang kuat ini mengkhawatirkan pasar, mendorong pasar saham turun karena khawatir suku bunga The Fed akan tetap tinggi untuk periode yang lebih lama.

ADP National Employment Report atau Laporan Tenaga Kerja Nasional ADP adalah laporan bulanan yang mengukur tingkat pekerjaan swasta non-pertanian di AS.

Namun, menjelang akhir minggu, pasar mengalami reli. Meskipun Pasar pekerjaan AS menambahkan 223.000 pekerjaan lagi pada bulan Desember, pertumbuhan lapangan pekerjaan masih melambat.

Laporan ini muncul sehari setelahnya.

Laporan index harga

Tingkat pengangguran turun menjadi 3.5%, kembali ke titik terendah sebelum pandemi. Inflasi mungkin telah mencapai puncaknya dan sedang dalam keadaan moderat, tetapi masih cukup tinggi.

Grafik unemployment rate
Grafik Initial Unemployemnt Claims

The Fed merilis risalah rapat bulan Desember 2022. Setelah empat kali kenaikan sebesar 75 basis poin, suku bunga dana The Fed dinaikkan sebesar 50 basis poin pada Desember. Selain itu, suku bunga dana The Fed tahun ini diperkirakan akan meningkat sebesar 75 basis poin. Hal ini menjadi bukti dalam risalah rapat bahwa anggota Federal Open Market Committee (FOMC) semuanya setuju untuk mengurangi inflasi.

Setelah risalah rapat diterbitkan, reli pasar saham melambat. Risalah rapat bank sentral pada pertemuan Desember lalu dianggap oleh para analis dan ekonom sebagai peringatan bagi para pelaku pasar keuangan agar tidak menaruh harapan adanya pivot kebijakan The Fed tahun 2023. FOMC akan dipaksa untuk menjaga inflasi dengan memperpanjang periode suku bunga tinggi karena reli pasar modal dan perkembangan pasar keuangan lainnya melonggarkan kondisi keuangan secara keseluruhan.

Kutipan dari risalah rapat adalah sebagai berikut: “Peserta melihat bahwa, karena kebijakan moneter bekerja melalui pasar keuangan, pelonggaran tidak berdasar dalam kondisi keuangan, terutama jika didorong oleh persepsi salah oleh publik tentang fungsi dari komite, akan mempersulit upaya komite untuk memulihkan stabilitas harga.”

Beralih ke Eropa, inflasi tahunan di zona euro berada di 9,2% pada bulan Desember, turun lebih besar dari perkiraan sebesar 9,5%. Inflasi Utama berada di 5,2%, rekor tertinggi seiring dengan Bank Sentral Eropa yang melanjutkan kenaikan suku bunga paling agresif dalam sejarahnya (untuk menurunkan inflasi).

Inflasi di Eropa mengalami peningkatan

Analisis Harga BTC

BTC akhirnya berhasil naik di atas EMA 21 minggu untuk pertama kalinya sejak pertengahan Desember tahun lalu. Hal ini menggembirakan di tengah kondisi makro saat ini. Ada hambatan besar di 17K bagi BTC untuk menembus titik harga. Resistensi berikutnya ada di 17.250 dolar AS.

Analisis Harga BTC

Pada grafik mingguan, BTC masih berada pada pola falling wedge. Meskipun kita tidak melihat breakout dari kisaran harga saat ini, kita harus berhati-hati terhadap potensi breakout ke atas jika kita menemukannya. Saat ini, BTC berada di batas atas kisaran pola. BTC mungkin akan mengalami pola koreksi jika gagal breakout. Resistensinya berada di 17.500 dan 18.500 dolar AS.

BTC masih berada pada pola falling wedge

Pada grafik bulanan, seperti yang dibahas minggu lalu, BTC menutup monthly candle bulan Desember tepat di tepi EMA 100 bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah BTC. Seperti yang dapat kamu lihat pada grafik di bawah ini, BTC membuka candle Januari di bawah EMA 100 bulan (garis merah). Ini adalah titik penting bagi BTC untuk naik di atas garis dan menjadikannya support. Alternatif lain akan melihat BTC turun lebih jauh, menjadikan garis tersebut sebagai resistensinya.

Baca juga: Mengenal Bitcoin: Definisi dan Cara Kerjanya

BTC menutup monthly candle bulan Desember tepat di tepi EMA 100

Analisis Harga ETH

Harga ETH berada di tepi garis EMA 55 hari namun tidak berhasil naik. ETH masih berada dalam sell flag channel, yang melanjutkan pola bearish. Selain itu, resistensinya ada di 1.250 dolar AS dan support di 1225 dan 1200 dolar AS. Perhatikan juga support RSI di 52, karena dengan menembus support RSI mungkin akan membuat harganya turun seperti yang terlihat dalam dua kesempatan sebelumnya.

Analisis Harga ETH

Analisis On-chain

📊 Bursa Pertukaran: Seiring dengan cadangan devisa terus meningkat, hal ini mengindikasikan tekanan jual yang lebih tinggi. Sementara deposito bersih di bursa rendah dibandingkan dengan rata-rata tujuh hari. Deposito yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah.

💻 Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran yang moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang juga berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun terakhir.

🔗 On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual rugi. Di tengah-tengah pasar bearish, hal ini dapat mengindikasikan market bottom. Pergerakan holder jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase kapitulasi di mana mereka saat ini menghadapi kerugian yang belum direalisasi. Hal ini menunjukkan penurunan motif untuk menjual dalam posisi rugi yang mengarah pada penurunan tekanan jual.

🏦 Derivatif: Trader posisi long dominan dan bersedia membayar kepada trader short. Sentimen jual lebih dominan di pasar derivatif. Lebih banyak sell order yang diisi oleh taker. Karena open interest (OI) menurun, ini menunjukkan investor menutup posisi berjangka atas antisipasi kemungkinan pembalikan tren. Hal ini dapat memicu kemungkinan long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba.

🔀 Indikator Teknikal: Indikator RSI menunjukkan kondisi netral. Lalu indikator stochastic menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat yakni di antara titik tertinggi-terendah dalam 2 minggu terakhir.

Baca juga: Apa Itu Analisis Teknikal dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Berita Seputar Altcoin

  • Harga Solana (SOL) naik hampir 40% dalam seminggu: Setelah mengalami penurunan harga di bawah 10 dolar AS, harga SOL berhasil naik hingga hampir 40% danmenyentuh harga 13 dolar AS pada 6 Januari 2023. Kenaikan ini dipicu oleh hadirnya BONK, sebuah meme coin pertama di ekosistem Solana. BONK terpantau naik lebih dari 2000% dalam sehari dan secara bersamaan harga SOL juga meningkat.
  • Shopify bekerja sama dengan Avalanche: Shopify, platform pembuat toko online yang berkantor pusat di Kanada, telah mengintegrasikan sistemnya dengan Avalanche pada kamis lalu, 5 Januari 2023. Kerja sama ini memungkinkan para merchant Shopify untuk dapat membuat, me-minting, dan menjual NFT pada blockchain Avalanche. NFT yang dibuat oleh merchant akan otomatis berubah menjadi ‘produk’. Kemudian, pembeli NFT yang tidak memiliki crypto wallet akan secara otomatis menerima e-mail untuk membuat crypto wallet ketika mereka membeli NFT.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto Sepekan Terakhir

  • Protokol DeFi, Sushi, akan menghentikan dua produknya: Sushi akan menghentikan produk Kashi (simpan pinjam) dan MISO (launchpad untuk token baru). Keputusan ini dibuat karena kurangnya minat pengguna dan Sushi ingin memfokuskan pada fungsi utamanya sebagai DEX atau decentralized exchange. Data dari DefiLlama pada selasa lalu DEX Sushiswap memiliki TVL (dana terkunci) lebih dari 390 juta dolar AS, sedangkan Kashi hanya memiliki aset yang terkunci sebesar 800.000 dolar AS.
  • Bursa kripto Indonesia direncanakan akan rampung pada 2023: Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) telah merencanakan peluncurannya pada akhir 2021 namun terkendala beberapa hal. Bursa kripto di Indonesia ini nantinya akan mirip dengan Bursa Efek Indonesia. Ia akan menjamin ketertiban dan kemananan transaksi aset crypto. Sebagai informasi, Pintu, Indodax, dan Tokocrypto disebut dengan istilah Pedagang Fisik Aset Kripto.

Performa Aset Crypto dalam Sepekan Terakhir

Infografis Performa Aset Crypto dalam Sepekan Terakhir
Sumber: Coin360

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Lido DAO (LDO) +51.29
  • Solana (SOL) +36.45%
  • Ethereum Classic (ETC) +19.71

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Huobi Token (HT) -8.51%
  • Unus Sed Leo (LEO) -5.59%
  • Tron (TRX) -4.90%

Referensi

  1. Owen Fernau, SOL Soars 36% As Bonk Memecoin Becomes First Hit of 2023, The Defiant, diakses 6 Januari 2023
  2. Ary Palguna, Harga Solana Naik 40% Dalam Sepekan, Ini Analisis Pergerakan Harga Selanjutnya!, Coinvestasi, diakses 6 Januari 2023
  3. Anisa Giovanny, Breaking! Binance Resmi Akuisisi Tokocrypto, Coinvestasi, diakses 23 December 2022.
  4. Samuel Haig, Uniswap Allies With MoonPay to Bolster Debit Card Transfers, The Defiant, diakses 23 Desember 2022.
  5. Caleb Naysmith, Donald Trump’s NFT Collection Is Breaking Records, What Does This Mean for the Industry?, Yahoo Finance, diakses 24 Desember 2022
Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan