Analisis Pasar 24 Desember 2022: Pasar Saham Negatif, BTC Sentuh Resistensinya

Update 26 Dec 2022 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 24 Desember 2022: Pasar Saham Negatif, BTC Sentuh Resistensinya
Reading Time: 6 minutes

Aksi jual saham (sell-off) selama seminggu terakhir mengakibatkan harga-harga saham turun karena khawatir akan resesi yang membayangi. Dari pasar crypto, BTC terlihat mencapai EMA 21 sebagai resistence-nya. Cari tahu analisis lengkapnya di artikel berikut.

Seperti biasa, tim trader Pintu telah mengumpulkan berbagai data penting tentang analisis makroekonmi dan pergerakan pasar crypto selama sepekan terakhir yang terangkum dalam Analisa Pasar ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 🏢 Dari data jobless claims (klaim tunjangan pengangguran) dan data PDB (Produk Domestik Bruto) menandakan bahwa The Fed mungkin harus tetap mempertahankan kenaikan suku bunga.
  • 🚨 Pasar crypto masih dalam situasi ketidakpastian ditengah ancaman resesi, dan juga perkiraan regulasi yang lebih ketat setelah gejolak FTX dan FUD Binance.
  • 💡 BTC mencapai EMA 21 hari sebagai resistance-nya. Pada grafik mingguan, BTC masih dalam formasi pola falling wedge.
  • 📉 Pada grafik mingguan, harga ETH masih mengikuti pola descending triangle.

Analisis Makroekonomi

Di awal minggu, berita terkait resesi terus membayangi pasar. Data dari jobless claims (klaim tunjangan pengangguran) dan data PDB menandakan bahwa The Fed mungkin harus tetap mempertahankan kenaikan suku bunga. Tingkat pertumbuhan PDB pada kuartal ketiga naik menjadi 3,2%, dari sebelumnya di kuartal kedua yakni sebesar 2,9%. Hal ini biasanya akan menunjukkan kabar baik, tetapi selama masa-masa inflasi yang meningkat, hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah The Fed tidak melakukan yang terbaik untuk mengontrol pertumbuhan dan inflasi yang lebih kuat dari yang diharapkan.

Angka initial jobless claims (klaim pengangguran awal) untuk minggu ini rendah. Angka ini masih berada dalam kisaran yang sama sejak Mei, menandakan bahwa pasar tenaga kerja masih belum mengalami “cooling down” (yang artinya angka pengangguran masih rendah).

Initial jobless claims mengukur jumlah individu yang sedang mencari pekerjaan dan telah mengajukan permohonan tunjangan pengangguran dari pemerintah.
Grafik Initial jobless claims

Semua indikator ekonomi di atas tampaknya mendukung skenario hard-landing (perlambatan ekonomi dalam negeri). Terjadi aksi jual saham yang mengakibatkan harganya turun (sell-off) di awal minggu karena khawatir akan resesi yang membayangi dan kami melihat penjualan saham lebih lanjut menjelang akhir minggu setelah mendengar pasar tenaga kerja masih ketat. Hal ini meningkatkan kekhawatiran kenaikan suku bunga The Fed yang lebih tinggi dan lebih lama.

terjadi pemantulan grafik pada pasar saham

Namun, menjelang akhir minggu kita bisa melihat pasar memantul. Pada hari Jumat, Biro Analisis Ekonomi Amerika Serikat mengumumkan bahwa pendapatan perorangan meningkat 80,1 miliar dolar AS di bulan November sebesar +0,4% M/M (month on month), melebihi perkiraan yaitu sebesar +0,3%. Pendapatan perorangan sebelumnya sebesar +0,7%.

Disposable personal income (DPI) atau pendapatan perorangan yang siap dibelanjakan meningkat 68,6 miliar dolar AS (0,4%) dan personal consumption expenditures (PCE) atau indeks harga belanja perorangan meningkat 19,8 miliar dolar AS (0,1%). DPI riil meningkat 0,3 persen pada bulan November dan PCE riil meningkat kurang dari 0,1%.

Indeks harga PCE sebesar 0,1 % M/M, kurang dari perkiraan sebesar +0,2% dan angka bulan lalu +0,4%, atau +5,5% Y/Y (year on year) sama dengan perkiraan sebesar +5,5% dan angka bulan lalu 6,1%.

Core PCE price index, tidak termasuk makanan dan energi sebesar 0,2 % M/M sesuai perkiraan sebesar +0,2% dan angka bulan lalu +0,3% atau +4,7% Y/Y lebih tinggi dari perkiraan +4,6% dan angka tahun lalu +5,0%. Core PCE adalah indeks favorit The Fed untuk mengukur inflasi. Angka ini terus menurun, memberikan indikasi yang baik bagi pasar bahwa inflasi mungkin telah mencapai puncaknya.

 personal consumption expenditures (PCE) atau indeks harga belanja perorangan meningkat 19,8 miliar dolar AS (0,1%)

Jadwal perilisan indikator ekonomi minggu lalu:

Jadwal perilisan indikator ekonomi

Analisis Harga BTC

Pasar crypto masih ditengah berbagai ketidakpastian. Pertama, resesi yang membayangi. Kedua, perkiraan regulasi yang lebih ketat setelah gejolak FTX. Ketiga, FUD Binance yang terus dan berlanjut dan beredar.

FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, dan Doubt yaitu strategi yang bertujuan untuk mendiskreditkan nilai dari aset digital dengan menyebarkan informasi yang salah.

Dilihat dari grafik harian, BTC telah membuat EMA 21 hari sebagai resistance-nya, sudah 4 hari BTC berada di bawah garis. Resistensi BTC di 17k. Perhatikan bahwa di awal minggu, RSI telah menyentuh garis support dan kita dapat melihat pantulan dalam aksi harga.

Analisis Harga BTC

Dalam jangka panjang, BTC masih berada pada formasi pola falling wedge. Ada pola bearish divergence tersembunyi, perhatikan descending wedge dan RSI naik. Ini terjadi ketika harga membuat lower high, tetapi osilator RSI membuat higher high. Kemungkinannya adalah bahwa harga akan terus melesat lebih rendah dan melanjutkan tren menurun.

Perhatikan juga bahwa harga saat ini tertahan pada moving average 300 minggu. Harga BTC tampaknya akan retest di level 18K dolar AS (moving average 300 minggu) dan level 19K dolar AS (the upper bound of the channel) dan membentuk bearish leg lainnya menuju level 15K dolar AS. Mempertimbangkan sentimen pasar secara keseluruhan dan tanda-tanda aksi harga bearish, rejection dari top tren line dan kaskade lain mungkin terjadi.

Harga BTC tampaknya akan retest di level 18K dolar AS (moving average 300 minggu)

Analisis Harga ETH

Pada grafik mingguan, harga ETH masih mengikuti pola descending triangle. Pola ini memiliki peluang yang sama untuk menembus ke arah bawah atau menembus ke arah atas. Namun, harga saat ini tetap berada di antara moving average 400 minggu dan 250 minggu. Level RSI tetap berada di dalam level *support-*nya, kita harus berhati-hati begitu harga menembus di bawah garis support, ETH mungkin akan memasuki breakdown.

Analisis Harga ETH

Analisis On-chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Karena cadangan devisa terus turun, hal ini mengindikasikan tekanan jual yang lebih rendah. Deposito bersih di bursa pertukaran lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari terakhir. Deposito yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-chain: Lebih banyak investor yang menjual di posisi rugi. Di tengah-tengah pasar bearish, hal ini dapat mengindikasikan pasar tengah bottom. Pergerakan para holder jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase kapitulasi di mana mereka saat ini menghadapi kerugian yang belum direalisasi. Hal ini menunjukkan penurunan motif untuk merealisasikan kerugian yang mengarah pada penurunan tekanan jual.
  • 🏦 Derivatif: Para trader posisi long dominan dan bersedia membayar kepada short traders. Sentimen beli dominan di pasar derivatif. Lebih banyak buy orders diisi oleh para takers. Karena open interest menurun, ini menunjukkan investor menutup posisi berjangka dan kemungkinan terjadi pembalikan tren. Pada gilirannya, hal ini dapat memicu kemungkinan long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.

Berita Seputar Altcoin

  • Mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, meluncurkan NFT Trump Collection Card lewat Polygon (MATIC): NFT tersebut dijual dengan harga awal 99 dolar AS dan tersedia sebanyak 45.000 NFT. Sejak peluncurannya pada beberapa waktu lalu, NFT langsung terjual habis dalam sehari. Pemilik NFT Trump Collection Card secara otomatis dapat memasuki Trump Sweeptakes dan berkesempatan memenangkan hadiah seperti main golf, meet and greet, dan gala dinner bersama Donald Trump.
  • UniSwap (UNI) bekerja sama dengan MoonPay: Moonpay adalah perusahaan teknologi keuangan yang membangun infrastruktur pembayaran untuk aset crypto. Kerja sama ini memungkinkan pengguna Uniswap untuk membeli aset crypto menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan transfer bank. Moonpay mendukung pembayaran beberapa aset crypto seperti DAI, ETH, MATIC, USDC, USDT, WBTC, and WETH.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto Sepekan Terakhir

  • Pendiri dan CEO FTX, Sam Bankman-Fried (SBF), dibebaskan dengan jaminan 250 juta dolar AS: Bukan sepenuhnya bebas namun pembebasan sembari menunggu persidangan atas tuduhan penipuan dan tuduhan kriminal lainnya. Namun demikian, SBF diharuskan memakai gelang kaki elektronik, mengikuti konseling kesehatan mental dan tidak boleh membuka kredit di atas 1.000 dolar AS.
  • Binance resmi akuisisi Tokocrypto: Keputusan ini diumumkan pada Senin, 19 Desember 2022 lalu. Mantan CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai mengatakan bahwa keputusan tersebut telah dipertimbangkan dengan matang dan selanjutnya Tokocrypto akan memanfaatkan kemampuan Binance untuk membangun platform perdagangan aset kripto. Nantinya, Tokocrypto akan tetap berjalan beriringan dengan Binance tanpa mengubah nama.

Performa Aset Crypto dalam Sepekan Terakhir

Grafis Performa Aset Crypto dalam Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • XDC Network (XDC) +12.93%
  • Helium (HNT) +10.48%
  • THORChain (RUNE) +7%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Chain (XCN) -31.43%
  • Trust Wallet Token (TWT) -20.86%
  • Algorand (ALGO) -12.13%

Referensi

  1. Elizabeth Napolitano and Jesse Hamilton, Sam Bankman-Fried Released on $250M Bail Secured by Parents, Coindesk, diakses 23 December 2022
  2. Anisa Giovanny, Breaking! Binance Resmi Akuisisi Tokocrypto, Coinvestasi, diakses 23 December 2022.
  3. Samuel Haig, Uniswap Allies With MoonPay to Bolster Debit Card Transfers, The Defiant, diakses 23 Desember 2022.
  4. Caleb Naysmith, Donald Trump’s NFT Collection Is Breaking Records, What Does This Mean for the Industry?, Yahoo Finance, diakses 24 Desember 2022
Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan