Analisis Pasar Crypto Hari Ini (15 Juli 2024): BTC Tertahan di EMA 200-Hari

Update 15 Jul 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar Crypto Hari Ini (15 Juli 2024): BTC Tertahan di EMA 200-Hari
Reading Time: 6 minutes

Dunia digemparkan dengan peristiwa yang dialami oleh Calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada saat kampanye di Milwaukee, di mana telinga Trump luka akibat terkena sebuah peluru. Namun peristiwa ini justru berdampak positif pada harga Bitcoin (BTC) yang kembali menjumpai harga $60 ribu. Meski begitu, apakah efek Trump ini akan terus positif pada pergerakan pasar crypto ke depan? Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 📝 BTC masih di bawah resistensi gabungan Exponential Moving Average (EMA) 200-hari dan level retracement Fibonacci 0,236.
  • 🟢 Pasar keuangan mengantisipasi, bank sentral Amerika Serikat (AS) akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan September. Para trader saat ini melihat sekitar 77% peluang penurunan suku bunga pada pertemuan Fed 17-18 September.
  • 📈 Tingkat pengangguran naik tipis menjadi 4,1% dari 4,0% dengan pertumbuhan upah tahunan melambat ke tingkat terendah dalam tiga tahun terakhir.

Analisis Makroekonomi

Tingkat Pengangguran Naik, Pasar Tenaga Kerja Melemah

Tingkat pengangguran di Amerika Serikat (AS) naik ke level tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir sebesar 4,1% yang menunjukkan melemahnya pasar tenaga kerja yang dapat mendorong The Fed untuk segera mempertimbangkan penurunan suku bunga. Secara bulanan, sektor ketenagakerjaan di AS di bulan Juni mengalami peningkatkan dengan perekrutan di sektor pemerintahan dan layanan kesehatan menyumbang sekitar 75% dari total kenaikan gaji.

Berdasarkan laporan Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat (12/7) menyebutkan, perekonomian AS hanya menghasilkan 111.000 pekerjaan lebih sedikit pada April dan Mei yang diartikan adanya tren perlambatan dalam pertumbuhan gaji.

Tren perlambatan upah atau gaji mencapai tingkat terendah dalam tiga tahun terakhir ini mencerminkan naiknya jumlah tenaga kerja namun menambah kekhawatiran di pasar kerja. Terdapat penambahan 277.000 orang yang memasuki dunia kerja dan berkontribusi pada peningkatan tingkat pengangguran dari 4,0% pada bulan Mei ke level tertinggi sejak November 2021.

Ditambah dengan moderasi harga pada bulan Mei, laporan ini memperkuat keyakinan The Fed terhadap prospek inflasi, menyusul gangguan terhadap tren disinflasi pada kuartal pertama. Pasar keuangan mengantisipasi bahwa bank sentral AS mungkin akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan September.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Nonfarm Payrolls: Nonfarm payrolls meningkat sebesar 206.000 di bulan Juni melampaui ekspektasi ekonom sebesar 190.000 pekerjaan dengan tingkat pengangguran stabil di 4,0% peningkatan ini terutama didorong oleh perekrutan yang dilakukan oleh pemerintah. Secara rata-rata pertumbuhan pekerjaan naik 222.000 per bulan pada paruh pertama tahun ini, dengan sektor-sektor seperti perawatan kesehatan dan pemerintah memimpin kenaikan. Gaji swasta juga alami kenaikan sebesar 136.000, meskipun sektor manufaktur dan ritel mengalami penurunan. Secara jangka panjang terjadi peningkatan pengangguran dan kehilangan pekerjaan sementara yang berimbas pada melambatnya pertumbuhan upah menjadi 3,9% dari tahun ke tahun.
  • Tingkat Inflasi Inti: Indeks Harga Konsumen (IHK) inti hanya naik 0,1% pada bulan Juni, lebih rendah dari ekspektasi ekonom. Sementara secara keseluruhan justru 0,1% diakibatkan penurunan harga bensin dan energi. Secara tahunan, IHK inti naik 3,3%, kenaikan terkecil sejak April 2021, dengan tingkat tahunan tiga bulan sebesar 2,1%. Tingkat inflasi yang lebih rendah ini meningkatkan kemungkinan The Fed memangkas suku bunga pada bulan September, dengan harga berjangka setidaknya dua kali pemangkasan pada akhir tahun.
  • Klaim Pengangguran Awal: Data klaim pengangguran terbaru menunjukkan klaim awal sebesar 222.000 lebih rendah dari ekspektasi sebesar 236.000, dengan klaim minggu sebelumnya direvisi sedikit naik menjadi 239.000. Rata-rata pergerakan 4 minggu dari klaim awal turun ke 233.500 dari 238.750. Klaim lanjutan turun ke 1,852 juta dan masih di bawah perkiraan sebesar 1,860 juta, dan klaim lanjutan minggu sebelumnya direvisi turun ke 1,856 juta. Rata-rata pergerakan 4 minggu untuk klaim yang terus berlanjut naik ke 1.840 juta dari 1.831 juta. Hal ini terjadi di tengah sinyal-sinyal yang beragam di pasar tenaga kerja, di mana beberapa sektor menunjukkan ketahanan sementara sektor-sektor lainnya menghadapi tantangan.

Analisis Harga BTC

Selama delapan hari berturut-turut, BTC masih saja berkutat di bawah EMA 200-hari dan masih terus berjuang untuk menembus level resistance tersebut selama dua hari terakhir di pekan lalu. Upaya-upaya yang dilakukan BTC untuk melampaui level itu menghadapi hambatan dengan tekanan jual yang masih sangat tinggi yang terus menjaga harga di bawah resistensi gabungan EMA 200-hari dan level retracement Fibonacci 0,236.

Pemegang Bitcoin jangka panjang menunjukkan ketahanan yang signifikan selama koreksi paling besar dari siklus harga BTC saat ini. Selain itu, ada peningkatan kekhawatiran di antara para penambang, karena mereka menghadapi fase kapitulasi hash yang mencerminkan dasar pasar bearish yang terlihat pada akhir tahun 2022.

💡 Harga BTC pasca terjadinya peristiwa penembakan Calon Presiden AS Donald Trump mengalami peningkatan hingga melewati harga $60,000. Bahkan per Senin (15/7) pukul 09:00 WIB, harga BTC mendekati $62,000 atau tepatnya di $61,400.

BELI BITCOIN SEKARANG!

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun menunjukkan tekanan jual yang rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan kerugian. Di tengah pasar bearish, hal ini dapat mengindikasikan dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase kecemasan di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi dalam jumlah sedang.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang diisi oleh pengambil posisi. Ketika Open Interest (OI) menurun mengindikasikan investor menutup posisi futures dan kemungkinan pembalikan tren. Pada gilirannya, hal ini dapat memicu kemungkinan terjadinya tekanan jual/beli yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi netral. Stochastic mengindikasikan kondisi netral dengan harga saat ini pada lokasi moderat antara kisaran tertinggi dan terendah dalam dua minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Telegram Tawarkan Airdrop Gratis Koin DOGS. DOGS, koin meme asli Telegram yang terinspirasi dari maskot Spotty, menawarkan airdrop gratis. Untuk mengklaimnya, pengguna harus bergabung dengan Dogs Bot Telegram Channel dan memverifikasi penggunaan Telegram mereka. Jumlah token DOGS yang didapat bergantung pada usia dari penggunaan akun Telegram. DOGS telah mendapatkan popularitas yang luar biasa, dengan anggota komunitas yang melebihi 3 juta tak lama setelah diluncurkan. DOGS, yang dibangun di atas blockchain TON, memiliki keunikan dengan berbagai permainan clicker dan aplikasi mini. Token ini diharapkan akan terdaftar di TON, menunjukkan potensi nilai di masa depan.
  • Token Meme TRUMP Pasca Tradegi yang Dialami Donald Trump. Setelah peristiwa penembakan terhadap mantan Presiden Donald Trump, token meme yang terkait dengan namanya, maga (TRUMP), melonjak lebih dari 40%. Token ini mengalami fluktuasi besar dalam perdagangan intraday, dari harga terendah $6,18 per koin hingga tertinggi $9,68 dalam 24 jam. Pada pukul 20:30 EDT pada hari Sabtu, beberapa jam setelah penembakan, TRUMP diperdagangkan pada $8,91 per koin. Trump memiliki 579.290 koin setelah para pencipta proyek mengirimkan airdrop kepadanya, yang kini bernilai $5,25 juta. Pada pukul 20:44, TRUMP naik 33% menjadi $8,35 per token. Perkembangan ini diperkirakan akan mempengaruhi pemilihan tahun 2024, di mana Trump akan bersaing dengan Presiden petahana Joe Biden.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Pemerintah Jerman Jual Semua Bitcoin Miliknya. Pemerintah Jerman telah menjual seluruh kepemilikan Bitcoin-nya, dengan total sekitar $2,9 miliar, dalam serangkaian transaksi selama 24 jam terakhir. Awalnya Pemerintah Jerman memiliki 50.000 BTC yang disita pada bulan Januari dan bernilai $2,8 miliar. Penjualan terbesar BTC dalam satu hari pemerintah sebesar $900 juta yang berdampak secara signifikan pada harga Bitcoin, menjatuhkannya ke level terendah dalam empat bulan terakhir, yaitu lebih dari $57.700. Aksi jual ini yang berasal dari penyitaan tahun 2013 terkait kasus Movie2k.to yang menyebabkan kepanikan pasar dan penurunan harga sebesar 15% dalam 30 hari. Meskipun demikian, optimisme pasar tetap ada, dengan ekspektasi rebound Bitcoin yang didukung oleh data inflasi yang positif dan antisipasi pengenalan ETF Ethereum.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Notcoin (NOT) +50,61%
  • MANTRA (OM) +32,71%
  • Celestia (TIA) +30,46%
  • Ronin (RON) +26,73%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • dogwifhat (WIF) -16,37%
  • Flare (FLR) -5,71%
  • Render (RNDR) -4,89%
  • Quant (QNT) -2,34%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan