Analisis Pasar 24-30 Juli: BTC Menguat Pasca Rapat The Fed

Update 1 Aug 2022 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Analisis Pasar 24-30 Juli: BTC Menguat Pasca Rapat The Fed
Reading Time: 5 minutes

Pasca kenaikan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat, The Fed, minggu lalu harga Bitcoin (BTC) perlahan menguat. Seperti apa analisisnya lengkapnya? Tim trader Pintu sudah mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan harga pasar aset kripto selama seminggu terakhir yang terangkum pada Analisis Pasar di bawah ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi dari Analisis Pasar memiliki tujuan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • 📈 The Fed kembali menaikkan suku bunga (Fed Funds Rate/FFR) sebesar 75 bps pada hari Kamis minggu lalu.
  • 🚀 Harga BTC naik setelah kenaikan suku bunga Fed diumumkan dan berhasil melampaui garis support yang kuat secara historis, yaitu garis MA 200.
  • 🔎 Put to call ratio BTC melanjutkan tren turunnya sepanjang bulan Juli, menunjukkan tingkat kepercayaan diri pasar terhadap harga BTC semakin meningkat.

Pergerakan Harga BTC 24-30 Juli 2022

Berdasarkan hasil rapat 26-27 Juli 2022, bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed), memutuskan untuk menaikkan suku bunga (Fed Funds Rate/FFR) sebesar 75 bps, menjadikannya naik ke kisaran 2,25-2,5%. Kenaikan ini merupakan upaya yang kembali dilakukan The Fed untuk menahan laju inflasi tanpa menciptakan resesi.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) mencatat Produk Domestik Bruto (PDB) yang menyusut selama 2 kuartal berturut-turut. Ini berarti AS secara teknis sudah berada dalam resesi. Tercatat bahwa ekonomi kembali menyusut sebesar 0,9% antara April dan Juni 2022 atau pada kuartal kedua. Pada kuartal sebelumnya (Januari-Maret 2022) penurunan tahunan tercatat sebesar 1,6%.

Akan tetapi, Ketua The Fed, Jerome Powell, membantah perekonomian Amerika Serikat sudah berada dalam resesi. Menurutnya, AS tidak dalam resesi karena jumlah pekerjaan masih tinggi, tingkat pengangguran rendah dan pasar tenaga kerja masih sangat kuat.

grafik history suku bunga the fed 1
grafik history suku bunga the fed 1

Menyusul pengumuman kenaikan suku bunga oleh The Fed, harga Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan dan tekanan jual mereda. Meski demikian, ketakutan akan resesi terus membebani investor.

Perhatikan pada grafik di bawah, untuk pertama kalinya sejak sebulan yang lalu, harga BTC berhasil melampaui garis support yang kuat secara historis, yaitu garis MA 200. Garis ini telah menjadi indikator yang baik untuk memperkirakan harga terendah BTC. BTC perlu mencari titik support di garis ini dan melanjutkan momentum kenaikannya.

harga BTC berhasil melampaui garis support

Perhatikan juga bahwa BTC melampaui garis resistensi EMA 55 minggu (garis jingga) pada grafik di bawah. Tapi, ini bisa saja merupakan pertanda palsu. Kita perlu melihat BTC menemukan support pada garis support yang baru ditemukan dan melanjutkan momentumnya ke atas.

Perhatikan bahwa BTC mencoba untuk keluar dari channel (area di dalam dua garis biru) naik ke atas. Sampai BTC memiliki konfirmasi breakout, antisipasi harga BTC akan tetap berada di dalam channel ini. Dalam kasus breakout bullish, rata-rata pergerakan 100 hari, yang saat ini berada di dekat level 28.000 dolar AS, akan menjadi kendala pertama sebelum BTC bisa masuk ke kisaran harga 30.000 dolar AS.

BTC mencoba untuk keluar dari channel (area di dalam dua garis biru) naik ke atas

Sementara itu, performa ETH juga sangat kuat selama 4 minggu terakhir seperti terlihat pada grafik di bawah. Pada pertengahan bulan Juli 2022, ETH berhasil melampaui MA 200 minggu. Tapi perhatikan ETH saat ini ditolak di garis retracement Fibonacci 0.236.

ETH berhasil melampaui MA 200 minggu

Perhatikan juga pada grafik di bawah, Indeks Dolar AS (DXY) memberikan lebih sedikit tekanan pada pasar menyusul pertemuan FOMC (Federal Open Market Comittee) minggu lalu. Pada grafik terlihat bahwa terakhir kali dolar AS berada di bawah garis EMA 21 minggu (garis kuning) adalah pada pertengahan Mei 2022. Perhatikan bahwa secara historis EMA 55 minggu (garis jingga) telah menjadi garis support yang baik.

Indeks Dolar AS (DXY) memberikan lebih sedikit tekanan pada pasar menyusul pertemuan FOMC

Melihat put to call ratio pada grafik di bawah, tren turun terus berlanjut sepanjang bulan Juli 2022. Ini berarti bahwa perlindungan terhadap downside telah berkurang, dan pasar mulai optimis mengenai harga BTC.

put to call ratio

Karena harga BTC meningkat selama sebulan terakhir, kita dapat melihat bahwa tingkat perpetual fund meningkat. Ini berarti sentimen pasar untuk Bitcoin telah berubah menjadi positif dibandingkan dengan bulan lalu. Akan tetapi, kita tetap harus berhati-hati terhadap dead cat bounce (salah satu pola bullish atau naik yang menjebak).

Bitcoin telah berubah menjadi positif dibandingkan dengan bulan lalu

Imbal hasil Treasury 10Y masih di bawah 2Y. Hal ini menunjukkan meningkatnya ketidakpastian di seluruh pasar karena ekonomi menghadapi quantitative tightening.

Imbal hasil Treasury 10Y masih di bawah 2Y

Analisis On-Chain

  • 📊 Exchange: Cadangan devisa yang terus turun menunjukkan tekanan jual yang lebih rendah. Namun, setoran bersih di bursa cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposito yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • 🔗 On-chain: Investor berada dalam fase ketakutan di mana mereka saat ini dengan keuntungan yang belum direalisasi yang sedikit lebih dari kerugian. Jumlah total dompet aktif yang digunakan untuk mengirim dan menerima koin telah berkurang week-on-week. Jumlah total transaksi juga mengalami penurunan week-on-week.
  • 🏦 Derivatif: Long position traders lebih dominan dan bersedia membayar kepada short traders. Sentimen beli terlihat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan beli diisi oleh pengambil. Saat open interest (OI) meningkat, ini menunjukkan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren kenaikan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • 🔗 Input Output (IOG), lab pengembangan untuk blockchain Cardano, mengatakan Vasil hard fork atau peningkatan jaringan yang sebelumnya direncanakan rilis bulan Juni, akan ditunda hingga beberapa minggu lagi. Kevin Hammond, manajer teknis IOG, mengatakan pengujian untuk “masalah yang tak terhindarkan” sedang berlangsung dan tengah diperbaiki oleh tim pengembang. Vasil merupakan peningkatan yang dirancang untuk meningkatkan skalabilitas Cardano.

Berita Lainnya dari Dunia Kripto dalam Pekan Terakhir

  • 💸 Babel Finance, pemberi pinjaman crypto dari Hong Kong yang menangguhkan penarikan bulan lalu di tengah dilaporkan kehilangan 280 juta dolar AS dalam perdagangan eksklusif dengan dana pelanggan, The Block melaporkan. Babel kehilangan sekitar 8.000 bitcoin (BTC) dan 56.000 ether (ETH) pada bulan Juni dalam forced liquidation karena pasar crypto jatuh ke level terendah dalam 18-bulan, dengan nilai Bitcoin yang jatuh ke bawah 20.000 dolar AS.
  • 📈 OpenSea telah membukukan keuntungan kecil dari bulan ke bulan dalam total NFT yang terjual dan pengguna unik. Namun, volume penjualan USD secara keseluruhan telah menurun. Data menunjukkan bahwa perdagangan NFT di seluruh pasar Solana telah mendingin sejauh ini di bulan Juli dibandingkan dengan Juni.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

Grafik Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan