Apa itu Dymension (DYM)?

Update 22 Feb 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu Dymension (DYM)?
Reading Time: 6 minutes

Token DYM berhasil menarik perhatian komunitas crypto karena airdrop kepada pengguna Solana, Ethereum, Celestia, dan blockchain lainnya yang mencapai 70 juta DYM! Namun, bukan hanya airdrop yang menjadi faktor utama, tetapi juga teknologi Dymension yang menarik minat tinggi. Dymension menawarkan RollApps, konsep blockchain modular yang mempermudah pembuatan dApps untuk berbagai keperluan seperti gamefi, NFT, DeFi, dan lainnya. Lalu, apa itu Dymension dan bagaimana platform ini membawa potensi baru bagi pengguna dan developer? Yuk baca selengkapnya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • 🔁 Dymension adalah jaringan blockchain modular yang memungkinkan pembuatan RollApps dengan Dymension Hub sebagai intinya. RollApps adalah blockchain modular yang mudah diaplikasikan pada jaringan Dymension.
  • 💸 Setiap RollApp beroperasi secara mandiri dengan token native mereka sendiri. Hal ini memungkinkan transaksi langsung tanpa biaya tambahan yang biasanya terkait dengan platform utama seperti Ethereum.
  • 🤑 Token DYM adalah aset ekosistem yang memainkan peran dalam keamanan jaringan, tata kelola, dan likuiditas di dalam ekosistem Dymension.
  • 🪂 Pada akhir Januari 2024, Dymension mendistribusikan token DYM melalui airdrop. Airdrop ini melibatkan 70 juta token DYM yang merupakan 7% dari total pasokannya dengan nilai lebih dari 390 juta dollar AS.

Apa itu Dymension (DYM)?

Apa itu Dymension? Dymension adalah jaringan blockchain modular yang dibangun menggunakan Cosmos SDK untuk memfasilitasi pembuatan RollApps dengan Dymension Hub sebagai intinya. RollApps adalah appchain modular yang terhubung ke jaringan Dymension. Kamu dapat membangun dApps dengan mudah dan cepat hanya dalam beberapa ‘klik’.

Pada Dymension, terdapat istilah Internet RollApps yaitu jaringan rantai yang terdiri dari RollApps (layer 2) dan Dymension Hub (layer 1). RollApps secara native terintegrasi dengan Dymension Hub yang memberikan keamanan, likuiditas, dan konektivitas.

Dikutip dari whitepaper-nya, Dymension beroperasi seperti aplikasi web di mana pengguna berinteraksi dengan RollApps (front end). Sementara Dymension bertugas sebagai koordinator untuk seluruh ekosistem (back end).

Baca juga, Apa itu Blockchain Modular, jenis blockchain yang diadopsi oleh Dymension.

Sumber: Dymension

Kamu bisa menjelajahi RollApps di Froopyland (testnet) untuk melihat daftar RollApps yang tersedia di platform Dymension. Saat ini, sudah ada 1.152 RollApps dengan 1,4 juta wallet aktif dan Total Value Locked (TVL) hampir 13 juta DYM yang di-bridge ke RollApps.

RollApps mirip dengan Cosmos App-Chains tetapi menggunakan outsourcing untuk mencapai konsensus ke Dymension Hub. RollApps menggunakan Dymension Hub (layer 1) untuk mengamankan dana pengguna dan jaringan Ketersediaan Data (DA) untuk mempublikasikan data transaksi mereka.

Pada akhir Januari 2024, Dymension mendistribusikan token DYM melalui airdrop kepada pengguna Solana, Ethereum, Celestia, dan blockchain lainnya dengan kriteria khusus. Airdrop ini melibatkan 70 juta token DYM yang merupakan 7% dari total pasokannya dengan nilai lebih dari 390 juta dollar AS. Peluncuran ini meningkatkan nilai token DYM sebesar 58% menjadi 5,6 dollar AS.

Siapa Pendiri Dymension?

Dymension dibuat oleh Yishay Harel yang sekarang menjadi CEO Dymension. Ia sudah terlibat dalam dunia crypto sejak tahun 2016. Pada tahun 2021, ia memperhatikan teknologi rollup yang digunakan pada L2 Ethereum. Untuk memudahkan implementasi rollup bagi developer, Yishay Harel kemudian membangun Dymension RDK (RollApp Development Kit) di Cosmos.

Teknologi rollup menawarkan model bisnis sederhana dan berhasil: biaya rendah dengan keuntungan tinggi. Namun, peningkatan L2 dengan implementasi khusus menyebabkan pengalaman pengguna terfragmentasi dan tidak terlalu aman, sehingga mengurangi keuntungan rollup dan blockchain modular.

Dymension memperkenalkan standardisasi rollups dengan IBC (Inter-Blockchain Communication Protocol), mirip dengan standardisasi token ERC. Hal ini membuka jalan munculnya Internet of RollApps yang sesungguhnya.

Pada awal Februari 2023, Dymension berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar 6,7 juta dollar AS. Jumlah ini berasal dari perndanaan privat yang dipimpin oleh Big Brain Holdings dan Stratos dengan partisipasi dari Shalom Meckenzie dari DraftKings, DAO Matchbox, dan lainnya.

Cara Kerja Dymension (DYM)

Dalam Dymension, setiap RollApp beroperasi secara mandiri dengan menggunakan token native mereka sendiri untuk biaya jaringan. Artinya, pengguna melakukan transaksi langsung dengan RollApp tersebut, tanpa harus melalui platform utama seperti Ethereum yang biasanya mengenakan biaya.

Pendekatan langsung ini tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi membuka peluang bagi berpotensi meningkatkan nilai intrinsik token asli tersebut dan membuka kemungkinan penggunaan yang lebih luas.

Sumber: Dymension

Dymension bekerja dengan menggunakan berbagai elemen yang saling terhubung, termasuk Sequencers, Dymension Hub, RollApps, dan jaringan ketersediaan data (DA).

  1. Dymension Hub: Dymension Hub berfungsi sebagai pusat koordinasi ekosistem Dymension. Sequencers mempublikasikan root status RollApp yang diperbarui ke Dymension Hub. Dymension Hub juga bertanggung jawab untuk memverifikasi bukti pemalsuan/penipuan yang disampaikan oleh Sequencers dan memastikan integritas data.
  2. RollApps: RollApps adalah blockchain modular yang mudah diterapkan dan terintegrasi dengan Dymension Hub. RollApps dapat mempertahankan waktu pemrosesan rata-rata 0,2 detik dengan TPS maksimum sekitar 20.000 transaksi.
  3. Jaringan Ketersediaan Data (DA): Ini adalah jaringan terdesentralisasi di mana data transaksi RollApps dipublikasikan. Full Node dari jaringan RollApp dapat meminta data dari jaringan ketersediaan data untuk memverifikasi root status RollApp. Dymension terhubung dengan DA Celestia dan Avail.

Proses kerja Dymension dimulai dengan Sequencers memvalidasi dan memproses transaksi dari pengguna. Setelah transaksi diproses, Sequencers mempublikasikan blok yang berisi transaksi tersebut ke Dymension Hub dan jaringan ketersediaan data. Full Node dari jaringan RollApp dapat mengakses data dari jaringan ketersediaan data untuk memverifikasi root status RollApp.

Keunggulan Dymension (DYM)

Sumber: Dymension
  • Kompatibilitas EVM dan IBC: Dymension menyediakan dua pilihan untuk developer RollApp. Pengembang bisa memanfaatkan RollApp Development Kit (RDK) atau membuat EVM RollApp.
  • Kemanan Dymension Hub: Setiap RollApps memiliki keamanan yang terintegrasi dengan Dymension Hub, seperti L2 Ethereum yang memanfaatkan keamanan Ethereum.
  • Crypto UX: Dengan Dymension, developer dapat membuat RollApps dengan mudah melalui RDK. Pengguna bisa deposit dari Ethereum dan blockchain lainnya dengan satu transaksi melalui Dymension Hub. RollApp juga tidak memfragmentasi likuiditas, tidak seperti di Ethereum.
  • Fleksibilitas: RollApps dapat memilih virtual machine (VM) mana yang akan digunakan, apa model bisnis mereka, dan token mana yang mendukung rantai mereka (native, USDC, ETH, DYM, atau pilihan lainnya).

Token DYM sebagai Investasi

DYM adalah native token dari Dymension. DYM digunakan untuk keamanan jaringan melalui DPoS, tata kelola dengan hak voting, memfasilitasi interoperabilitas cross-chain, memberikan likuiditas untuk AMM, dan staking.

Sumber: Dymension

DYM memiliki pasokan maksimal sebanyak 1 miliar token DYM dan 14,6% token telah beredar di pasar. Dymension mengalokasikan token paling banyak untuk insentif sebesar 33% yang dikelola oleh DAO protokol untuk tujuan RollApp Credit Streams, Rolldrop Seasons, dan Insentif AMM. Sisanya untuk pengembangan ekosistem 20%, tim inti 20%, partner pendukung 14%, alokasi publik 8% dan komunitas 5%.

Sumber: Coinmarketcap

Per 16 Februari 2023, harga DYM 7,8 dollar AS, naik secara signifikan dari harga awal listing yang dibuka di harga 0,2 dollar AS. Saat ini, Dymension berada di urutan ke-64 berdasarkan jumlah market cap yaitu sebesar 1,4 miliar dollar AS! Jumlah yang cukup mengesankan mengingat token ini baru diluncurkan pada awal tahun ini.

Sejak peluncuran mainnet pada 6 Februari 2024, tim inti Dymension terus melakukan pengembangan roadmap Dymension. Fokus utama akan tetap pada pengembangan dan peningkatan Dymension Hub sebagai pusat koordinasi ekosistem. Ini termasuk memperluas konektivitas IBC dan jembatan (bridge) ke berbagai jaringan blockchain, serta mengoptimalkan tata kelola dan keamanan jaringan.

Selain itu, Dymension juga terus mendorong perluasan jaringan RollApps dengan memperkenalkan lebih banyak aplikasi modular. Pengembangan ini akan mencakup fase 2D Permissioned RollApps, 3D Permissionless RollApps, dan 4D Internet of RollApps.

Kesimpulan

Dymension adalah jaringan blockchain modular yang memungkinkan pembuatan RollApps dengan Dymension Hub sebagai intinya. Setiap RollApp beroperasi secara mandiri dengan token asli mereka sendiri sehingga menyederhanakan transaksi tanpa biaya tambahan.

Setelah peluncuran token DYM pada awal Februari 2024, DYM menunjukan performa yang mengesankan dengan berhasil masuk ke-100 besar daftar aset crypto berdasarkan market cap-nya. Hal ini menunjukan potensi yang menarik bagi Dymension sebagai pendatang baru di dunia crypto.

Beli Token DYM di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Dymension, kamu bisa mulai berinvestasi dengan membeli token DYM dan aset crypto lainnya seperti BTC, ETH, dan SOL tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Dymension, Presenting Dymension, Medium, diakses 13 Februari 2024.
  2. Dymension, Dymension Mainnet is Live, Medium, diakses 13 Februari 2024.
  3. Kim Bazak, Dymension Raises $6.7m and Releases Testnet for a Network of Modular Layer-2 RollApps, Crypto Slate, diakses 13 Februari 2024.
  4. Ekin Albayrak, Modular Blockchains; Dymension, Binance Square, diakses 13 Februari 2024.
  5. ilaNihas, 🌍Avail: Deploying Your First Dymension RollApp (Pt. 1), Medium, diakses 13 Februari 2024.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan