Apa itu Friend.Tech? Aplikasi Web3 yang Sedang Populer

Update 25 Sep 2023 • Waktu Baca 8 Menit
Gambar Apa itu Friend.Tech? Aplikasi Web3 yang Sedang Populer
Reading Time: 8 minutes

Banyak yang sepakat bahwa industri aset kripto membutuhkan aplikasi yang bisa menarik banyak pengguna baru. Aplikasi seperti ini akan menjadi pelontar industri kripto menuju adopsi massal. Mulai dari aplikasi DeFi, game berbasis blockchain, sampai aplikasi lari yang memberikan imbalan kripto, tim pengembang aplikasi sedang bertaruh untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan jutaan orang. Salah satu aplikasi yang baru-baru ini menjadi tren adalah Friend.Tech. Banyak orang menganggap bahwa Friend.tech akan menjadi the next big thing di dunia kripto. Lalu, apa itu Friend.tech? Mengapa ia bisa populer dan bagaimana potensi ke depannya? Artikel ini akan membahas Friend.tech secara lengkap.

Ringkasan Artikel

  • 🐰 Friend.tech adalah aplikasi media sosial terdesentralisasi yang menawarkan tokenisasi nilai sosial. Pengguna dapat membeli “keys” akun seseorang untuk mendapatkan akses interaksi dengan akun tersebut.
  • ⚙️ Dibangun di atas L2 Base di Ethereum, Friend.tech telah mengumpulkan $228 juta total aset dengan 221 ribu pengguna dan 6,8 juta transaksi hingga 20 September 2023.
  • 💰 Pengguna Friend.tech dapat mendapatkan insentif melalui poin airdrop dan pemilikan “keys“. Platform ini mengenakan pajak 10% pada setiap transaksi, dibagi rata antara kreator dan platform.
  • 🧠 Meski Friend.tech menunjukkan potensi keuntungan bagi pengguna, terdapat kekhawatiran mengenai keberlanjutan model insentif dan platform dalam jangka panjang. Friend.tech masih berada dalam tahap beta untuk 4,5 bulan ke depan.
  • ⚖️ Friend.tech telah mencapai pertumbuhan signifikan dalam waktu singkat dan menjadi bagian dari tren aplikasi aset kripto yang populer. Namun, kita tidak bisa mengetahui masa depan FT ke depannya seperti apa. Friend.tech perlu memikirkan model insentif baru untuk mempertahankan penggunanya setelah sistem poin selesai.

Apa itu Friend.Tech?

Friend.tech adalah aplikasi media sosial terdesentralisasi yang menggabungkan elemen sosial dan insentif finansial (disebut juga SocialFi). Dalam Friend.Tech (FT), kamu bisa membeli dan menjual saham (disebut keys) setiap pengguna di FT. Aplikasi Friend.tech dibangun di atas L2 Base di Ethereum.

Setelah kamu membeli keys seseorang, kamu mendapatkan akses untuk berinteraksi dengan orang tersebut. Grup ini berisikan semua orang yang memiliki keys dan semua orang di dalamnya bisa berinteraksi dalam bentuk tanya jawab.

friend.tech homepage
Tampilan aplikasi Friend.tech.

Keys di Friend.tech bisa diibaratkan seperti aset kripto pada umumnya, di mana harganya akan naik dan turun sesuai permintaan dan penawaran. Pada dasarnya, Friend.tech melakukan tokenisasi terhadap nilai sosial semua orang yang masuk ke platformnya. Seperti yang kita tahu, tokoh terkenal di dunia kripto seperti @cobie memiliki nilai sosial yang tinggi dan pendapatnya sangat dihargai. Friend.tech menciptakan wadah di mana nilai sosial tersebut menjadi tangible dalam bentuk ETH.

Friend.tech lahir dari pemikiran 0xRacerAlt and Shrimppepe yang meluncurkannya pada 10 Agustus 2023. Saat ini, FT masih dalam fase pengujian beta di mana pengguna harus mendapatkan undangan dari pengguna lain untuk masuk ke Friend.tech.

Banyak orang sudah mengatakan bahwa Friend.tech menggantikan skema monetisasi influencer yang menjual grup trading signal dengan sistem subscription bulanan. Dengan membeli keys di FT, kamu bisa langsung mengobrol dengan banyak influencer kripto berpengalaman.

Dalam waktu yang relatif singkat, FT sudah mendapatkan keuntungan biaya transaksi senilai $11,4 juta. Nilai total aset yang sudah masuk ke FT sudah mencapai $228 juta dolar dengan nilai TVL saat ini $36,7 juta dolar. Selain itu, total pengguna Friend.tech sudah mencapai 221 ribu pengguna dengan 6,8 juta transaksi (20 September 2023). Statistik-statistik Friend.tech terus menembus angka tertinggi dalam sebulan terakhir.

Fitur Friend.Tech dan Cara Kerjanya

Pada dasarnya, Friend.tech adalah platform yang ditujukan untuk monetisasi konten dan pembuat konten digital. Influencer, seniman digital, dan figur terkenal seperti musisi memiliki cara untuk melakukan tokenisasi terhadap dirinya sendiri. Selain itu, mereka juga mempunyai platform untuk berinteraksi langsung dengan penggemar atau lingkaran sosialnya. Dengan mekanisme keys, pengguna yang ingin masuk ke grup atau lingkaran tertentu perlu mengeluarkan investasi awal.

Dua fitur yang setiap orang bisa lakukan di FT:

  • Membeli dan menjual (trading)keys” orang-orang. Kepemilikan keys memberikan akses untuk mengobrol dengan orang tersebut.
  • Membuat konten eksklusif dan mempromosikan grup FT. Semakin banyak orang membeli, semakin tinggi pula harga keys milikmu dan kamu akan mendapatkan bagian dari pajak platform saat orang membeli.

Pada dasarnya, setiap akun di Friend.tech memenuhi dua peran: holders dan kreator. Keys, seperti namanya, merupakan akses kepada setiap akun di FT. Friend.tech menerapkan pajak sebanyak 10% ke setiap pengguna. Pembagiannya adalah 5% dibagikan langsung ke kreator dan 5% ke platform. Biaya transaksi 10% ini berlaku di setiap pembelian dan penjualan keys. Seseorang bahkan membuat daftar harga beli dan jual setelah dihitung dengan biaya 10%.

Lalu, kenapa perkembangan dan pertumbuhan FT sangat masif meskipun ada pajak 10%? Ini berhubungan dengan model flywheel Friend.tech yang cukup inovatif.

Mekanisme Insentif Friend.Tech

mekanisme insentif friend tech
Mekanisme insentif yang membuat FT menjadi sukses. Sumber: @0xjaypeg.

Meskipun terlihat sederhana, mekanisme keys FT terbukti efektif menarik ribuan pengguna, termasuk influencer-influencer terkenal di Twitter seperti @cobie dan @hsakatrades. Lalu, karena sistem FT masih invite-only, platform ini berhasil menarik banyak orang dari komunitas kripto untuk mencoba.

Lalu, Friend.tech juga menerapkan sistem poin untuk airdrop pada fase beta. FT mengumumkan pada 15 Agustus akan membagikan 100 juta poin dalam jangka waktu beta 6 bulan. Poin ini akan didistribusikan setiap Jumat dan didapatkan saat berinteraksi dengan pengguna FT lain.

Seperti pada gambar di atas, ini menciptakan siklus flywheel yang berhasil menarik pengguna baru dan menjaga pengguna yang ada. Banyak orang tertarik menggunakan FT karena dua potensi keuntungan:

  • Potensi keuntungan dari menjadi pemilik keys akun populer yang diincar (sehingga harganya terus meningkat) dan
  • Potensi keuntungan airdrop dari poin yang kita sudah kumpulkan.

Mekanisme insentif FT juga bergantung pada melakukan (3,3) (konsep yang lahir dari mekanisme OlympusDAO). Singkatnya, maksud dari (3,3) adalah saat dua pihak dalam satu platform melakukan interaksi yang bisa menguntungkan platform dan kedua pihak tersebut. Di OlympusDAO, tindakan tersebut adalah staking. Sementara itu, sikap (3,3) di Friend.tech adalah saling membeli keys masing-masing, tidak menjualnya, dan berinteraksi satu sama lain. Rangkaian interaksi ini memberikan potensi poin maksimum dan juga menguntungkan Friend.tech.

Banyak akun mencoba menipu holders baru dengan cara membeli keys akunnya sendiri dengan kuantitas banyak sehingga harganya melonjak tiba-tiba. Cek terlebih dahulu pada bagian holders dan pastikan pemilik keys akun beragam dan tidak hanya satu orang.

Bagaimana Cara Menggunakan Friend.Tech?

Pertama-tama, kamu perlu mendapatkan kode invitasi Friend.tech dari orang yang sudah menggunakannya. Banyak orang membagikan kode invitasi ini di Twitter. Setelah mendapatkan kode, kamu tinggal mengunjungi halaman Friend.tech dan akan muncul gambar di bawah.

Ikuti instruksi di atas dan kamu akan masuk ke halaman selanjutnya. Di sini, masukkan kode invitasi Friend.tech yang sudah kamu dapatkan dari pengguna FT lain.

Setelah kamu memasukkan kode invitasi, Friend.tech akan memintamu mengisi dompet khusus FT dengan minimal 0,01 ETH (sekitar 250 ribu rupiah atau $15 dolar). Ini artinya kamu harus memindahkan ETH dari Ethereum ke Base L2 lalu mengirimnya ke dompet FT yang ada di gambar bawah. Ini sangat mudah dilakukan karena kamu tinggal membuka bridge.base.org/deposit. Namun, kamu harus memperhatikan kalau menarik uang dari Base membutuhkan waktu sekitar 5-7 hari karena mekanisme Optimistic Rollup.

Setelah mengisi ETH, kamu bisa langsung membeli keys dan berinteraksi dengan pengguna FT lain. Setelah pembaruan terakhir dari Friend.tech, kamu juga bisa membuka FT di browser komputer atau laptopmu.

Masa Depan dan Potensi Friend Tech

Friend.tech melanjutkan tren aplikasi aset kripto yang mengalami kenaikan pengguna drastis dan tiba-tiba menjadi sangat popular. Stepn, Axie Infinity, DeFi Kingdom, dan OlympusDAO merupakan beberapa protokol yang pernah mengalami hal yang sama. Di antara semua protokol berbeda ini, terdapat hal yang sama: semuanya tidak memiliki model insentif berkelanjutan. Semua protokol ini hanya tren sementara yang datang dan pergi dengan cepat.

Lalu, Apakah Friend.tech akan mengalami hal yang sama? Pertama-tama mari kita lihat berbagai statistik FT.

pendapatan friend.tech
Angka pendapatan Friend.tech sempat menyaingi protokol besar seperti Ethereum dan Tron. Sumber: Token terminal.

Total nilai biaya protokol yang sudah Friend.tech kumpulkan sampai 23 September 2023 adalah $12 juta dolar. Pada periode 14-15 September, FT berhasil mengumpulkan $1 juta dolar biaya transaksi dalam satu hari, melebihi angka Base, Tron, dan bahkan Ethereum.

Periode September adalah gelombang kedua adopsi FT. Dalam periode ini, Friend.tech mencapai all-time high dalam banyak metrik, termasuk jumlah pengguna, TVL, nilai aset yang masuk, dan jumlah transaksi. Bahkan, volume transaksi Friend.tech sempat menyaingi volume transaksi seluruh pasar NFT.

data friend.tech
Data transaksi dan aliran dana Friend.tech. Sumber: Cryptokoryo Dune.

Kita bisa melihat dengan jelas gelombang periode adopsi FT pada grafik di atas. Gelombang pertama terjadi di sekitar akhir Agustus dan gelombang pengguna kedua yang masuk FT terjadi di periode pertengahan September hingga akhir September.

Fase beta dan sistem poin FT baru berjalan sekitar 1,5 bulan. Artinya, tersisa 4,5 bulan sampai 100 juta poin selesai dibagikan. Periode setelah insentif poin selesai akan menjadi fase krusial bagi FT. FT perlu mempertahankan penggunanya dengan mekanisme insentif lain atau fitur-fitur baru atau berisiko mengalami grafik seperti Stepn, Axie Infinity, dan yang lainnya.

Meskipun memiliki banyak pengguna, banyak komunitas kripto di Twitter yang merasa pesimis terhadap Friend.tech. Sekali lagi, mereka melihat FT sama seperti STEPN dan tren lainnya yang pada akhirnya akan turun drastis. Orang-orang ini melihat FT hanya sebagai platform spekulatif.

Friend.tech sudah memiliki investor besar yaitu Paradigm. Selain itu, Manifold Trading juga mulai terjun ke FT sejak 12 September 2023. Manifold sedang menguji cara untuk melawan sniper bot sehingga harga akun Twitter dengan pengikut tinggi tidak langsung melonjak.

Selain sikap pesimistis terhadap FT, terdapat beberapa kritis yang valid tentang Friend.tech. Pertama, banyak sniper bot yang kini siap membeli setiap akun FT yang baru dibuat. Ini terutama berlaku untuk akun-akun Twitter dengan angka pengikut tinggi. Sniper bot bisa membuat harga akun besar yang baru masuk FT menjadi di atas 1 ETH dalam hitungan detik. Kedua, mekanisme insentif (3,3) juga sudah terbukti tidak berkelanjutan, dengan Olympus DAO yang pada akhirnya mengalami kerugian masif.

Pada akhirnya, semua pembicaraan tentang masa depan Friend.tech hanya berupa spekulasi. Setiap ada orang yang merasa optimis bahwa FT akan menjadi aplikasi dengan jutaan pengguna, ada juga orang yang merasa bahwa FT akan mati setelah insentif poin selesai. Hal yang akan menjadi penentu masa depan FT adalah apakah ia bisa menciptakan mekanisme insentif berkelanjutan atau tidak. Jika tidak, ia akan masuk ke daftar aplikasi yang hanya menjadi tren seperti Stepn.

Kesimpulan

Friend.Tech merupakan aplikasi terdesentralisasi yang menggabungkan unsur media sosial dan insentif finansial, menciptakan platform untuk monetisasi konten dan interaksi sosial dengan penggunaan “keys” sebagai simbol kepemilikan atau akses. Dibangun di atas L2 Base di Ethereum, aplikasi ini mengedepankan tokenisasi nilai sosial dan menawarkan model insentif seperti poin airdrop yang menarik pengguna. Namun, terdapat kekhawatiran akan ketahanan model insentif ini dalam jangka panjang dan risiko bagi pengguna. Masa depan Friend.tech akan ditentukan dengan bagaimana cara FT menjaga pengguna yang ada dan menarik pengguna baru. Ini harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mempertahankan relevansinya sebagai aplikasi kripto.

Cara Membeli Aset Kripto Pada Aplikasi Pintu

Kamu bisa mulai berinvestasi pada berbagai macam aset kripto di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli crypto pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari Koin favoritmu.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah menjadi investor kripto!

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, ARB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan