Mengenal Tokenomik dan Roadmap SPACE ID (ID)

Update 12 Apr 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Mengenal Tokenomik dan Roadmap SPACE ID (ID)
Reading Time: 7 minutes

SPACE ID adalah salah satu pasar untuk layanan nama yang memungkinkan pengguna membeli nama domain untuk Web3 dari beberapa blockchain. Namun, SPACE ID bukan hanya platform marketplace nama domain – SPACE ID juga memiliki token asalnya sendiri, yang disebut ID. Untuk mengetahui fungsi token ID, tokenomik SPACE ID (ID) dan potensinya, yuk baca artikel berikut!

Ringkasan Artikel

  • 📟 SPACE ID adalah marketplace yang khusus menjual name service. Ia menawarkan name service yang memungkinkan kamu untuk membeli nama domain Web3 dari beberapa blockchain dalam satu tempat.
  • 🪙 ID adalah token utama pada ekosistem SPACE ID yang memiliki beberapa fungsi seperti alat pembayaran, tata kelola, dan staking.
  • 💰 Token ID memiliki total supply sebanyak 2 miliar token ID. Dari total tersebut, sudah ada 286 juta ID atau sekitar 14% ID yang telah beredar di pasar. Kemudian, data dari Coinmarketcap, ID berada di urutan ke 197 dengan market cap hampir 130 juta dolar AS.
  • 🌐 Pada roadmap 2023, SPACE ID berencana meluncurkan beberapa fitur menarik, seperti SPACE ID Launchpad, SPACE ID Universal Domain, SPACE ID DAO, dan beberapa fitur lainnya.

Sekilas tentang SPACE ID

SPACE ID adalah jaringan layanan penamaan universal terdesentralisasi yang berjalan di atas blockchain dan merupakan platform pengelola domain dan identitas Web3. SPACE ID seperti marketplace yang khusus menjual name service. Ia menawarkan name service yang memungkinkan kamu untuk membeli nama domain Web3 dari beberapa blockchain dalam satu tempat.

Nama domain Web3 pada SPACE ID adalah sebuah NFT yang dapat diperdagangkan. Oleh karena itu, SPACE ID juga merupakan agregator domain Web3 yang membandingkan nama domain dari berbagai marketplace seperti Opensea, Element, dan ENS Vision.

SPACE ID didirikan pada Maret 2022 oleh tim yang memiliki pengalaman dalam bidang Web3 dan didukung oleh Binance Labs. ID adalah token utama pada platform ini yang diluncurkan pada Maret 2023 melalui Initial Exchange Offering (IEO) di Binance.

Baca juga Apa itu Web 3.0 dan Apa Kelebihannya?

Tokenomic SPACE ID (ID)

ID adalah token utama pada ekosistem SPACE ID yang memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Alat pembayaran: Semua transaksi yang terjadi di dalam ekosistem SPACE ID menggunakan token ID. ID juga digunakan untuk integrasi Web3 Name SDK.
  • Tata kelola (governance): Pemegang token ID dapat memberikan suara pada keputusan penting yang terkait dengan proyek, seperti pembaruan platform, penambahan fitur baru, dan perubahan pada struktur tata kelola proyek.
  • Staking: Pengguna yang melakukan staking token ID dapat menerima diskon dalam biaya perdagangan di marketplace domain NFT SPACE ID dan diskon pendaftaran domain Web3 di SPACE ID.

Token ID memiliki total supply sebanyak 2.000.000.000 ID. Dari total token tersebut, tim SPACE ID telah mengalokasikan 5% atau 100.000.000 token ID untuk peluncuran token pada Binance Launchpad. Persiapan langganan Binance Launchpad telah dimulai pada tanggal 17 Maret 2023, 00:00 UTC dan distribusi token telah dilakukan pada tanggal 22 Maret 2023, 10:00 (UTC).

Selain itu, tim SPACE ID juga mengalokasikan tokennya untuk beberapa pihak seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Tokenomik SPACE ID
Tokenomik SPACE ID
Sumber: Binance Research

Airdrop Token SPACE ID (ID)

Tokenomik SPACE ID
Sumber: SPACE ID Voyage Season 2-Calling

SPACE ID telah membagikan token ID pada airdrop season 1. Selanjutnya, SPACE ID mengadakan airdrop token ID yang dinamakan Voyage Season 2-Calling. Pada sesi ini, pengguna dapat mengumpulkan poin dengan mengundang teman sebanyak-banyaknya, kemudian membuka mystery boxes, dan mendapatkan poin untuk diklaim. SPACE ID Voyage Season 2 dimulai pada tanggal 19 Maret 2023 dan pengguna dapat mulai membuka mystery boxes pada 23 Maret 2023. Waktu berakhirnya Voyage Season 2-Calling ini belum diumumkan.

Season 2 ini terbuka untuk pengguna baru dan pengguna lama. Pengguna baru adalah ia yang berpartisipasi dengan mendaftarkan domain .bnb atau .arb setelah tanggal 10 Maret pukul 14:00 UTC di SPACE ID. Sedangkan pengguna lama adalah ia yang memenuhi syarat untuk mendapatkan Retroactive Early Adopter Airdrop dan memiliki domain .bnb atau .arb sebelum tanggal tersebut.

Setelah pengguna mendaftar sebagai pengguna baru, ia akan mendapatkan Voyage Box. Bagi para pemegang NFT blue chip (BAYC, Azuki, dan lain-lain) dan ENS, mereka secara otomatis akan mendapatkan Voyage Legendary Box. 100 pengguna teratas dengan total poin tertinggi akan menerima “boost” tambahan berdasarkan peringkat mereka agar mendapatkan airdrop ID yang lebih banyak. Hadiah token ID akan dibagikan pada akhir Season 2.

Dilansir dari Crypto Bulls Club, ada cara untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan airdrop token ID yang lebih besar. Caranya yaitu dengan membeli atau menawar domain, kemudian mendaftarkannya untuk dijual.

ID sebagai Investasi

Tokenomik SPACE ID
Sumber: Coinmarketcap

Di awal peluncurannya pada Maret 2023 lalu, harga token ID langsung menyentuh harga 0.6 dolar AS, namun tidak lama setelahnya, ID turun dengan cepat hingga ke angka 0.3 dolar AS. Saat artikel ini ditulis (8 April 2023), harga ID berada di level 0.45 dolar AS dengan volume perdagangan hampir menyentuh 50 juta dolar AS dalam 24 jam.

Dari total supply 2 miliar token ID, sudah ada 286 juta ID atau sekitar 14% ID yang telah beredar di pasar. Kemudian, data dari Coinmarketcap, ID berada di urutan ke 197 dengan market cap sebesar 129.382.801 dolar AS.

Tim SPACE ID mengatakan pada wawancaranya dengan Binance, bahwa identitas digital akan menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan Web3. Beberapa platform sejenisnya seperti ENS, Bonfida, DID ID, TNS, dan Unstoppable Domains telah memainkan peran penting dalam hal ini. Namun, SPACE ID memberikan fitur yang lebih, tidak hanya sekadar name service, SPACE ID juga merupakan identitas multi-chain di metaverse.

Untuk mengetahui fitur-fitur dan keunggulan SPACE ID, kamu dapat baca selengkapnya di artikel ini.

Kerja sama SPACE ID

SPACE ID telah mengintegrasikan tiga domain di jaringan Ethereum (.eth), BNB Chain (.bnb) dan Arbitrum (.arb). Arbitrum adalah blockchain L2 jaringan Ethereum yang relatif baru dan telah mendapatkan banyak perhatian dalam dunia crypto. Arbitrum memiliki Total Value Locked (TVL) lebih dari 1 miliar dolar AS dan 184 protokol yang berada di Arbitrum, diantaranya adalah GMX, Aave, Uniswap, dan lain-lain. Dengan banyaknya pengguna dari tiga jaringan tersebut, SPACE ID memberikan keuntungan bagi pengguna dan developer dalam hal fleksibilitas dan perluasan jangkauan aplikasi yang dapat diakses dan dikembangkan.

Di samping itu, untuk mengintegrasikan sistemnya dengan pengguna di Web3, SPACE ID menjalin beberapa kerja sama penting. Di antaranya adalah dengan Project Galaxy, DODO, STEPN, Trust Wallet, Chainlink, Ankr, CyberConnect, Mathwallet, SecondLive, Apeswap, NodeReal, Beefy, Galler, Project Twelve (P12), Rareboard, dan beberapa pihak di ekosistem BNB Chain.

Baca juga Apa itu Arbitrum?

Roadmap SPACE ID (ID)

Tokenomik SPACE ID
Sumber: SPACE ID

Pada tahun 2022, SPACE ID telah melakukan beberapa pengembangan seperti integrasi sistem dengan beberapa dApps dan wallet di BNB Chain, memperluas partnership dan meluncurkan Gift Cards. Selain itu, SPACE ID juga melakukan agregasi name service terhadap beberapa blockchain yang memungkinkan para developer mengintegrasikan identitas pengguna dalam satu SDK.

Roadmap SPACE ID untuk tahun 2023:

Q1 2023

  • Multi-chain Top-Level-Domain Infrastructure: SPACE ID berencana untuk membuat infrastruktur baru yang akan mendukung Top-Level-Domain dengan multichain. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan menggunakan nama domain dengan mudah di berbagai blockchain.
  • SPACE ID Domain Names Referral Program: SPACE ID akan memperkenalkan program referral yang akan mendorong pengguna yang sudah ada untuk mengundang teman dan keluarga untuk bergabung, sehingga mendorong pertumbuhan dan keterlibatan pengguna.

Q2 2023

  • Domain NFT-Gated Merch Store: SPACE ID akan menawarkan toko merchandise eksklusif yang dipersonalisasi untuk pemegang domain. Ini menampilkan merchandise NFT yang hanya tersedia untuk pengguna SPACE ID.
  • SID Launchpad for Custom TLD Domain Names: SPACE ID akan meluncurkan platform yang disebut SID Launchpad. Platform ini memungkinkan komunitas untuk membangun dan meluncurkan customized Top-Level-Domain di satu tempat.

Q3 2023

  • SPACE ID Universal Domain: SPACE ID akan merilis identitas universal yang disebut dengan colon domain (“:”). Fitur ini akan menyederhanakan pengelolaan beberapa identitas dan alamat di berbagai blockchain yang berbeda.

Q4 2023

  • SPACE ID DAO Launch: SPACE ID akan meluncurkan DAO (Decentralized Autonomous Organization), yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam tata kelola proyek. Pengguna juga dapat memberikan suara pada keputusan-keputusan penting yang terkait dengan pengembangan ekosistem SPACE ID.

Kesimpulan

Space ID telah memposisikan diri sebagai one-stop solution untuk layanan penamaan universal. Meskipun proyek ini masih terbilang baru, namun antusias pengguna cukup tinggi terlihat dari banyaknya pendaftar pada peluncuran domain .bnb di SPACE ID pada September 2022. Ada sekitar 370.000 pendaftar dan 175.000 pemegang domain unik dalam kurun waktu 6 bulan.

Selain itu, dengan tim yang berpengalaman di dunia Web3 dan didukung oleh Binance Labs, memungkinkan SPACE ID untuk membangun fondasi yang kuat untuk semua integrasi dan pengembangan di seluruh ekosistem.

SPACE ID juga memiliki roadmap yang jelas, salah satunya adalah peluncuran universal domain pada Q3 2023. Jika semua perencanaan dapat berjalan sesuai timeline, tentunya SPACE ID dapat menjadi salah satu proyek yang menarik. Namun, untuk berinvestasi pada aset crypto ID kamu harus selalu mempertimbangkan keuntungan dan risiko aset tersebut. Selalu lakukan DYOR sebelum membeli aset crypto pilihan kamu.

Cara Membeli Aset Crypto ID di Pintu

Setelah mengetahui apa itu SPACE ID, kamu bisa mulai berinvestasi pada aset crypto ID dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli ID pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari ID.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto ID!

Selain ID, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Binance Team, SPACE ID (ID): A Web3 Identity Protocol with Multi-chain Name Service, Binance Research, diakses 8 April 2023.
  2. SPACE ID Team, Introducing SPACE ID Token (ID), Landing on Binance Launchpad, Medium, diakses 8 April 2023.
  3. SPACE ID Team, SPACE ID Early Adopter Airdrop & Voyage Season 2, Medium, diakses 8 April 2023.
  4. Saanvi, Space.ID ($ID) Airdrop (Season 2) Ultimate Guide: Step by Step, Crypto Bulls Club, diakses 8 April 2023.
  5. SPACE ID Team, SPACE ID Token (ID), SPACE ID, diakses 8 April 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan