Apa itu Inspect (INSP)?

Update 29 Dec 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Apa itu Inspect (INSP)?
Reading Time: 7 minutes

Apakah kamu adalah investor crypto yang menjadikan X (Twitter) sebagai rujukan dalam mencari informasi sebuah proyek crypto? Jika iya, maka Inspect bisa menjadi salah satu alat tambahan yang harus kamu punya. Protokol SocialFi yang berfokus pada X ini dapat memberikan beragam data dan insight terkait sebuah proyek crypto, bahkan NFT. Mau tahu apa itu Inspect? Penasaran dengan cara kerja dan fitur yang ditawarkan? Cari tahu jawabannya di artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • 🐦 Inspect adalah protokol layer 2 yang memungkinkan pengguna menjelajahi dunia crypto dan NFT melalui X (Twitter).
  • 🏆 Dengan Inspect, pengguna bisa mendapatkan data dan berbagai informasi lainnya secara real-time dari X. Ia menampilkan informasi dan data terkait harga, data pasar, berita terkini, serta menawarkan fitur tambahan seperti Inspect Apps dan Inspect Pro.
  • 🪙 Token INSP menjadi native token pada ekosistem Inspect. Ia berfungsi sebagai alat pembayaran serta token tata kelola DAO Inspect.

Apa itu Inspect?

Inspect (INSP) adalah sebuah inovasi jaringan Layer 2 yang dibangun untuk X (Twitter). Ia merupakan protokol SocialFi yang memungkinkan pengguna menjelajah crypto dan NFT melalui ekosistem sosial media mereka. Pada dasarnya, ia berperasan sebagai alat penyaji data dan analisis secara real-time.

Dengan menggunakan Inspect, pengguna jadi mempunyai alat untuk mempelajari dan melacak informasi terkait sebuah proyek. Beragam data dan informasi yang ditampilkan Inspect meliputi berita terbaru sebuah crypto, statistik crypto dalam 24 jam terakhir, tren sebuah crypto, hingga alpha insight.

Inspect bertujuan menciptakan ruang yang dinamis bagi pengguna di mana jejaring sosial dapat terintegrasi dengan crypto. Inspect berpotensi siap membentuk ulang dinamika interaksi antara dunia crypto dan platform media sosial seperti X.

Pintu Academy telah menyiapkan artikel yang menggali lebih dalam soal sektor sosial media terdesentralisasi di sini.

Cara Kerja Inspect

Untuk bisa mengakses Inspect, pengguna hanya perlu mengunduh Inspect Chrome Extension melalui Chrome Store. Inspect merupakan aplikasi gratis, namun sebagian fitur premiumnya hanya bisa diakses bagi yang berlangganan.

Setelah berhasil terunduh, pengguna harus menghubungkannya dengan akun X mereka dan Inspect akan langsung tersedia. Tombol Inspect akan muncul di sebelah akun X sebuah crypto. Inspect mengklaim aplikasinya telah melacak lebih dari 20.000 proyek crypto. Dengan hanya menekan tombol tersebut, pengguna bisa langsung mendapatkan seluruh informasi terkait tanpa harus meninggalkan X.

Setelah menekan tombol inspect, akan muncul halaman yang menampilkan beragam informasi terkait proyek crypto yang bersangkutan. Pengguna bisa langsung mengakses dashboard yang berisikan pergerakan harga, data pasar, volume trading, watchlist, dan kolom berita.

Selain crypto, Inspect juga dapat secara otomatis mendeteksi NFT Ethereum dan Solana. Ia akan menampilkan detail informasi dari proyek sebuah NFT seperti pemilik saat ini, harga penjualan terakhir, peringkat rarity, dan berbagai informasi penting lainnya. Pengguna juga bisa melakukan penawaran terhadap sebuah koleksi dan kemudian akan diarahkan ke halaman marketplace terkait.

Tak hanya itu, Inspect juga memungkinkan penggunanya untuk melacak informasi sebuah komunitas. Ia akan menyajikan informasi terkait berapa banyak pengguna yang menggunakan koleksi NFT sebagai profile picture mereka.

Jika menekan tombol “See More”, pengguna akan diarahkan ke Inspect Apps yang menampilkan lebih banyak detail terkait komunitas tersebut. Pengguna dapat mengakses data penting seperti floor price, total volume, dan berbagai metrik lainnya.

Fitur Inspect

Selain fitur yang menyajikan data melalui X, berikut ini adalah beberapa fitur lain yang ditawarkan Inspect.

1. Inspect Apps

Inspect Apps merupakan aplikasi berbasis website yang menampilkan beragam informasi terkait produk dan dunia NFT. Pengguna dapat melihat data terkait peringkat koleksi NFT, jumlah koleksi beserta floor price-nya, dan jangkauan komunitas masing-masing koleksi.

Lewat Inspect Apps, pengguna bisa mengetahui komunitas NFT mana yang mempunyai keberadaan di media sosial paling kuat. Selain itu, ia juga memiliki dashboard yang menampilkan daftar jadwal berbagai Mints yang akan datang.

2. Inspect Groups

Inspect Groups merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan, belajar, serta sosialisasi antar pengguna. Di dalamnya terdapat berbagai komunitas yang sudah diseleksi dan diverifikasi oleh tim Inspect. Pengguna bisa membuat komunitasnya sendiri atau bergabung ke komunitas yang sudah ada.

3. Listing Protocol

Token dan NFT dapat didaftarkan pada Inspect melalui Listing Protocol. Nantinya, akan ada proses untuk pengajuan pendaftaran beserta biayanya. Setelah disetujui, tim pengembang akan mendapatkan akses ke beragam analisis komunitas secara mendetail dan memaksimalkan eksposur ke pengguna X.

4. Inspect Pro

Selain berbagai produk gratis yang tersedia di Inspect, terdapat juga produk berbayar yakni Inspect Pro. Ia menawarkan beragam insight yang lebih mendalam dari analisis sosial di platform X. Selain itu, terdapat juga alat analisis untuk memonitor crypto wallet langsung dari X.

Lewat Inspect Pro, pengguna bisa mendapatkan data dan informasi berkaitan dengan portofolio, NFT, transaksi, hingga Xscore (coming soon). Namun, Inspect Pro saat ini masih berada di fase Beta.

5. Inspect Transact

Inspect Transact adalah fitur baru yang sedang disiapkan oleh Inspect. Ia menawarkan fitur on-ramp untuk perdagangan crypto kepada investor ritel. Lewat Inspect Transact, pengguna bisa mendapatkan akses untuk jual-beli aset crypto ataupun mengakses likuiditas tanpa harus meninggalkan X.

Kelebihan Inspect

  • 📊 Sumber data. Inspect menyajikan beragam alat yang membantu untuk mengumpulkan dan menganalisis data crypto dan NFT secara cepat dan akurat. Dengan penggunaan yang tepat, Inspect bisa digunakan untuk mencermati tren, mengamati kondisi pasar, serta menemukan peluang.
  • ⚡ Konektivitas yang seamless. Pengguna Inspect tidak perlu lagi berganti-ganti platform. Lewat Inspect, berbagai data dan platform langsung terintegrasi dengan akun X pengguna. Menjadikan semua proses terhubung hanya dengan satu klik.
  • 💸 Murah. Mayoritas fitur yang ada di Inspect dapat digunakan secara gratis, membuatnya menjadi alat yang wajib dimiliki oleh investor crypto, khususnya pemula.
  • 🌐 Interoperabilitas. Inspect menjadi platform penyedia insights yang terhubung dengan beragam blockchain besar seperti Ethereum, Solana, Polygon, Avalance, dan Ronin. Hal ini membuat pengguna bisa mendapatkan insight yang holistik dari berbagai ekosistem blockchain.

Token INSP Sebagai Investasi

INSP merupakan token native Inspect. Ia digunakan untuk pembayaran biaya API, iklan, dan berlangganan. Dengan men-stake token INSP, pengguna bisa mendapatkan potongan harga, mengakses lebih banyak data, serta masuk ke dalam whitelist untuk produk-produk baru Inspect. Selain itu, dengan meng-hold token INSP, pengguna juga dapat berpartisipasi pada pemungutan suara terkait tata kelola Inspect.

INSP memiki pasokan maksimal sebanyak 1 miliar INSP dan bersifat deflationary dengan program buyback dan mekanisme burn. Ketika artikel ini ditulis, jumlah pasokan INSP yang ada di sirkulasi sebesar 151,7 juta dengan kapitalisasi pasar US$ 30 juta.

Saat pertama kali diluncurkan, token INSP berada di level US$ 0,20 dan kemudian langsung merangkak naik ke level tertingginya di US$ 0,32. Selepas itu, harga token INSP perlahan turun dan kini berada di US$ 0,19.

Jika dilihat berdasarkan alokasi tokennya, INSP sebenarnya terlalu berorientasi pada investor dan tim intinya. Jika seluruh pemegang token menjual kepemilikannya, hal tersebut dapat memicu penambahan pasokan secara signifikan. Jika tidak diimbangi dengan permintaan yang kuat, dapat memicu penurunan harga token INSP.

Jadwal vesting token INSP. Sumber: Cryptorank.

Berdasarkan jadwal vesting di atas, salah satu periode paling penting bagi token INSP adalah Februari 2024. Pada periode tersebut akan ada 30 juta token INSP yang di-unlock. Kepemilikan token INSP investor akan di-unlock secara linear setiap harinya sampai Agustus 2026.

Saat ini, sebagai protokol yang berfokus menyajikan data dan insight, kompetitor kuat Inspect adalah Arkham (ARKM) dan Alpha Scan (ASCN). Jika INSP berfokus memberikan data lewat media sosial, Arkham menyajikan data melalui website. Dari segi data, Arkham juga menitikberatkan pada transaksi di sebuah blockchain dan perilaku pengguna di baliknya.

Sedangkan AlphaScan platform trading menggunakan bot yang terdesentralisasi berbasis data on-chain dan sentimen pada sosial media. Data-data yang diperoleh tersebut akan diubah menjadi sinyal. Sinyal tersebut kemudian bisa digunakan untuk mengatur strategi trading secara otomatis.

Kesimpulan

Inspect adalah protokol SocialFi Layer 2 yang memungkinkan integrasi antara media sosial dan dunia crypto melalui platform X (Twitter). Ia menawarkan analisis data crypto dan NFT secara real-time. Inspect dapat diakses melalui ekstensi Chrome. Setelah terhubung dengan X, ia akan menyediakan informasi meliputi harga aset, data pasar, dan berita terbaru terkait.

Inspect juga mempunyai fitur lain seperti Inspect Apps, Groups, Listing Protocol, serta Inspect Pro yang berbayar. Sebagai SocialFi, ia memiliki keunggulannya termasuk sumber data yang kaya, integrasi yang mudah, dan interoperabilitas antar blockchain. Token INSP yang menjadi token native pada ekosistem Inspect digunakan untuk pembayaran transaksi dan tata kelola.

Cara Membeli Token INSP di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Inspect, kamu bisa mulai berinvestasi pada token INSP dan berbagai macam altcoin di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli INSP pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari INSP.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token INSP!

Selain INSP, kamu juga bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan