Mengenal Ondo Finance (ONDO): Platform Tokenisasi US Treasuries

Update 9 Feb 2024 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Mengenal Ondo Finance (ONDO): Platform Tokenisasi US Treasuries
Reading Time: 7 minutes

Stablecoin adalah langkah pertama dalam tokenisasi aset dunia nyata (RWA). Terdapat lebih dari 867 triliun dollar AS aset keuangan tradisional yang dapat memperoleh manfaat dari tokenisasi. Hal ini dimanfaatkan Ondo Finance untuk mentokenisasi aset dunia nyata seperti surat berharga pemerintah AS melalui produknya OUSG yang merupakan versi token dari ETF iShares Short Treasury Bond BlackRock. Lalu, apa itu Ondo Finance dan bagaimana cara ia membawa aset dunia nyata ke dalam ranah keuangan terdesentralisasi (DeFi)? Yuk baca selengkapnya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • 👨‍💻 Ondo Finance adalah sebuah protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) berbasis blockchain yang melakukan tokenisasi aset dunia nyata (RWA) seperti US Treasury, reksa dana pasar uang, dan instrumen serupa.
  • 💵 Produk unggulan Ondo Finance adalah tokenisasi aset seperti OUSG yang merepresentasikan kepemilikan pada ETF iShares Short Treasury Bond BlackRock.
  • 🏦 Dibentuk pada tahun 2021, Ondo Finance menjadi protokol terbesar ketiga yang mentokenisasi aset US Treasuries (OUSG). Ia bersaing dengan protokol besar seperti Franklin Templeton Benji Investments, Mountain Protocol, dan Maple Finance.
  • 🪙 Token ONDO digunakan sebagai token tata kelola yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terkait protokol Ondo Finance melalui Ondo DAO.

Apa itu Ondo Finance (ONDO)?

Apa itu Ondo Finance? Ondo Finance adalah sebuah protokol sistem keuangan berbasis blockchain yang menyediakan tokenisasi Real World Asset (RWA). Ondo memiliki tujuan dalam menyediakan produk dan layanan keuangan kelas institusional bagi semua orang termasuk ETF Short Treasury Bond Blackrock (NASDAQ: SHV).

Larry Fink, CEO Blackrock, dalam wawancaranya dengan CNBC mengatakan bahwa ETF adalah langkah pertama dalam revolusi teknologi di pasar keuangan. Langkah kedua adalah tokenisasi setiap aset keuangan.

Statement tersebut berpengaruh besar terhadap beberapa platform tokenisasi RWA, termasuk Ondo Finance. Ondo membawa produk keuangan tradisional seperti US Treasuries ke dalam dunia blockchain dengan cara tokenisasi aset tersebut.

Contoh produk utama Ondo adalah OUSG, versi token dari ETF iShares Short Treasury Bond BlackRock. Token ini bisa kamu miliki dengan menyetor USDC pada platform Ondo dengan dana minimum 100.000 USDC. Saat ini, harga 1 OUSG = 104,82 USD.

Dengan membeli OUSG artinya kamu memiliki salah satu jenis US Treasury dalam bentuk token pada wallet kamu. Kamu bisa memanfaatkan OUSG untuk meminjam aset crypto lainnya dengan menggunakan Flux Finance, platform lending dalam ekosistem Ondo.

Sumber: RWA

Ondo Finance menjadi protokol terbesar ketiga yang mentokenisasi aset US Treasuries (OUSG) dengan total market cap mencapai lebih dari 120 juta dollar AS! Ondo mampu bersaing dengan protokol besar lainnya seperti Franklin Templeton Benji Investments, Mountain Protocol, Maple Finance, dan lainnya.

Siapa Pendiri Ondo Finance?

Ondo Finance dibentuk pada 2021 oleh Nathan Allman, seorang profesional berpengalaman di bidang keuangan. Sebelum memulai Ondo Finance, ia memiliki pengalaman kerja di ChainStreet Capital dan Goldman Sachs.

Goldman Sachs merupakan perusahan yang berfokus pada penciptaan layanan pasar aset crypto untuk investor institusional menggunakan infrastruktur blockchain untuk mendesentralisasi penerbitan dan perdagangan sekuritas tradisional.

Ia mendirikan Ondo untuk menjembatani sistem keuangan tradisional dengan DeFi. Tujuannya tersebut menarik minat para investor besar. Pada April 2022, Ondo berhasil mendapatkan pendanaan Serie A sebesar 20 juta dollar AS yang dipimpin oleh Pantera dan Founders Fund. Investor besar lainnya yang terlibat adalah Wintermute, Coinbase Venture, Global Tree, Tiger Global, dan lain-lain.

Cara Kerja Ondo

Ondo membeli surat berharga aset tradisional (seperti saham atau obligasi) dan kemudian memanfaatkan sistem blockchain-nya sendiri untuk mentokenisasi aset tersebut. Setiap token mengalami fluktuasi nilai yang sama dengan nilai aset dunia nyata yang diwakilinya.

Ondo menawarkan berbagai macam surat berharga dan produk lainnya bagi para investor. Ia memulai dengan surat berharga dan obligasi AS jangka pendek melalui ETF yang dikelola oleh lembaga keuangan besar seperti Blackrock dan PIMCO.

Ondo Capital Management menjadi manager investasi yang memfasilitasi pembelian dan penjualan ETF dalam Ondo Finance.

Source: Compound

Proses tokenisasi aset dimulai dengan investor menyetorkan USDC atau USD ke dalam platform Ondo. Setelahnya, investor akan menerima token OUSG sebagai tanda kepemilikan atas aset surat berharga pemerintah AS. Dibalik layar, konversi dari USDC ke OUSG dilakukan melalui layanan Coinbase.

Tidak seperti token lain yang bisa ditransfer kemana saja, OUSG memiliki pembatasan transfer untuk memastikan bahwa ia hanya berpindah tangan di antara pihak yang memenuhi kualifikasi sebagai investor OUSG saja. Hal ini membantu menjaga kepatuhan terhadap regulasi dan persyaratan keuangan.

Produk Utama Ondo Finance

1. US Government Bond Fund (OUSG)

OUSG adalah versi token dari ETF iShares Short Treasury Bond BlackRock. Aset ini adalah opsi investasi berisiko sangat rendah yang memberikan imbal hasil stabil dan dapat diprediksi serta menawarkan likuiditas tinggi. Saat ini, tingkat APY OUSG sebesar 4,73% dengan TVL 113 juta dollar AS.

Untuk membeli OUSG, kamu harus memenuhi syarat sebagai investor terakreditasi dan qualified purchaser. Ondo menentukan minimal pembelian OUSG yaitu seharga 100.000 USDC (1 OUSG = 104.82 USD)

Berikut beberapa syarat yang menentukan siapa saja yang dapat berinvestasi pada aset OUSG. Pengguna bisa membeli OUSG jika memenuhi minimal satu syarat di bawah ini.

Investor terakreditasi (perorangan):

  • Kekayaan bersih pribadi atau gabungan sebesar 1 juta dollar AS.
  • Pendapatan individu lebih dari 200.000 dollar AS (gabungan lebih dari 300.000 dollar AS) selama 2 tahun terakhir.
  • Memiliki sertifikasi profesional dalam bidang keuangan.

Qualified purchaser :

  • Memiliki investasi sebesar lebih dari 5 juta dollar AS (25 juta dollar AS untuk institusi).
  • Memiliki sertifikasi profesional dalam bidang keuangan.

Lihat syarat lengkapnya di sini.

Sumber: The Block

Pada Januari 2024, OUSG dari Ondo Finance tetap menjadi token ETF terbesar untuk US Short-term Treasuries yang mencapai kapitalisasi pasar melebihi 100 juta dollar AS. Terlepas dari pencapaian ini, OUSG menghadapi tantangan pada Q4 2023 yang ditandai dengan penurunan arus masuk bulanan dan penurunan kapitalisasi pasar.

2. US Dollar Yield (USDY)

Sumber: Ondo Finance

USDY adalah stablecoin yang berbunga dan dijamin oleh Short-Term US Treasuries. Dibandingkan dengan USDT atau USDC, perbedaannya terletak pada jaminan USDY yang bersumber dari Short-term US Treasuries, bukan dollar AS.

Perbedaan antara USDY dengan stablecoin lainnya terletak pada segi imbal hasil. Pemegang USDC atau USDT akan tetap memiliki jumlah yang konstan dalam *wallet-*nya, sementara pemegang USDY akan mendapatkan imbalan seperti yang terjadi pada token crypto lainnya.

Untuk dapat membeli USDY, kamu tidak perlu memenuhi persyaratan seketat yang diperlukan ketika membeli OUSG. USDY terbuka bagi siapa saja, tanpa harus menjadi investor terakreditasi asalkan memenuhi proses onboarding seperti pemeriksaan Know Your Customer (KYC/B) dan Anti-Money Laundering (AML).

Untuk mematuhi hukum yang berlaku, USDY tidak tersedia untuk investor berbasis di Amerika Serikat baik perorangan maupun institusi.

Untuk minting atau membeli USDY, Ondo menerapkan sistem overcollateralized minimal 10%. Artinya, jika kamu ingin membeli 100 USDY, kamu harus menyetorkan 110 USDC. Persentase ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Per 1 Januari 2024, USDY tersedia secara native di jaringan Ethereum, Mantle, dan Solana.

3. Ondo US Money Markets (OMMF)

OMMF adalah versi token dari US government money market fund (reksa dana pasar uang). Aset ini dianggap sebagai salah satu opsi investasi dengan risiko terendah dan likuid dengan lebih dari 5 triliun dollar AS aset yang dikelola.

Sama seperti OUSG, Ondo menerapkan syarat investor terakreditasi untuk membeli OMMF. Namun, saat ini OMMF belum tersedia di platform Ondo.

4. Flux Finance

Flux Finance adalah protokol peminjaman terdesentralisasi yang dibangun oleh tim Ondo Finance. Protokol ini merupakan fork dari Compound V2 dengan fungsionalitas tambahan yaitu mendukung permissioned token seperti OUSG.

Pengguna dapat menyetorkan OUSG pada Flux untuk mendapatkan fOUSG dan meminjam USDC atau aset lainnya. Sama seperti Compound V2, Flux juga menerapkan sistem overcollateralized dalam pinjam meminjam aset.

Namun, tidak seperti di Compound, likuidasi di Flux menghormati izin aset yang mendasarinya (misalnya KYC). Misalnya, untuk melikuidasi akun yang menggunakan OUSG sebagai jaminan, likuidator harus melalui proses KYC dan masuk dalam whitelist untuk memegang token tersebut.

Kelebihan Ondo Finance

  • Akses ke aset tradisional: Ondo Finance memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam aset tradisional melalui tokenisasi. Ini membuka peluang investasi yang sebelumnya mungkin sulit diakses dalam ruang keuangan terdesentralisasi (DeFi).
  • Transparansi dan efisiensi: Teknologi blockchain mendorong transparansi dan mengurangi risiko penyelesaian yang terkait dengan sistem keuangan tradisional.
  • Tokenisasi untuk likuiditas: Tokenisasi aset memungkinkan pemegang token untuk mengakses likuiditas dan kemudahan transfer kepemilikan antar investor.
  • Imbal hasil dari stablecoin: Ondo Finance memberikan kesempatan kepada pemegang USDY untuk mendapatkan imbal hasil sambil memiliki token dengan nilai yang stabil.

ONDO Token

ONDO adalah token platform Ondo Finance yang berfungsi sebagai token tata kelola. Pemegang token ONDO memiliki kesempatan dalam menentukan masa depan Ondo DAO untuk menyebarkan akses ke keuangan tingkat institusi.

Ondo DAO memberikan pemegang ONDO hak-hak khusus yang berkaitan dengan Ondo dan Flux Finance. Beberapa di antaranya adalah mengelola perbendaharaan aset, mengatur emisi token ONDO, menentukan aset apa saja yang dijadikan jaminan, dan lain-lain.

Sumber: The Block

Ondo meluncurkan token ONDO pada 18 Januari 2024 dengan kapitalisasi pasar sebesar 150 juta dollar AS pada saat peluncuran. Dikutip dari The Block, hanya dalam waktu empat hari setelah peluncuran, kapitalisasi pasar ONDO meningkat hampir tiga kali lipat, mencapai puncaknya sekitar 437 juta dollar AS.

Kenaikan signifikan token ONDO ini mendorong Ondo Finance ke garis depan sebagai protokol aset dunia nyata (RWA) terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar. Pada tanggal 2 Februari 2024, harga token ONDO mencapai 0.2 dolar AS dengan kapitalisasi pasar mendekati 300 juta dolar AS. Angka ini menempatkan Ondo di peringkat 155 di Coinmarketcap.

Kesimpulan

Ondo Finance adalah protokol keuangan berbasis blockchain yang menawarkan tokenisasi aset dunia nyata. Dengan fokus pada produk dan layanan keuangan kelas institusional, Ondo memulai dengan memperkenalkan produk seperti OUSG, versi token dari ETF iShares Short Treasury Bond BlackRock.

Walaupun Ondo Finance membuka pintu investasi pada aset tradisional dalam lingkungan DeFi, platform ini masih menghadapi sejumlah tantangan. Beberapa di antaranya termasuk isu regulasi yang kompleks, terbatasnya akses investor pada aset OUSG dan OMMF, serta kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman pengguna terkait penggunaan produk dan risiko yang terkait dengan aset di Ondo Finance. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami dengan baik risiko dan keuntungan sebelum mempertimbangkan investasi dalam token dan produk yang ditawarkan oleh Ondo Finance.

Cara Membeli Token ONDO di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Ondo Finance, kamu bisa mulai berinvestasi pada token ONDO dan berbagai macam altcoin di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli ONDO pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari ONDO.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token ONDO!

Selain token ONDO, kamu juga bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Ondo Finance, Welcome to Ondo, Docs, diakses 1 Februari 2024.
  2. Nathan Allman, Ondo’s Journey: Vision, Achievements, and the Path Forward, Medium, diakses 1 Februari 2024.
  3. Ondo Finance, Ondo Monthly Spotlight: January 2024, Blog, diakses 1 Februari 2024.
  4. International Token Standardization Association, DeFi Insight: Investing in Bonds and US Treasuries with Ondo Finance, Medium, 1 Februari 2024.
  5. The Block, Ondo Finance’s OUSG Emerges as the Premier Tokenized ETF for US Short-Term Treasury Bills, Linkedin, diakses 2 Februari 2024.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan