Mengenal Ekosistem DeFi Fantom (FTM) dan Berbagai Aplikasinya

February 25, 2022
Combined Shape 2
8 Menit
Bagikan
Gambar Mengenal Ekosistem DeFi Fantom (FTM) dan Berbagai Aplikasinya
Reading Time: 8 minutes

Decentralized finance (DeFi) merupakan salah satu sektor industri yang paling berkembang dalam dunia kripto. Banyak pengembang aplikasi menemukan kegunaan teknologi blockchain dalam menciptakan aplikasi layanan finansial. Mulai dari aplikasi pinjaman, tabungan, sampai pertukaran aset kripto terdesentralisasi tercipta dari sektor ini. Salah satu platform ekosistem aplikasi DeFi yang mulai populer adalah Fantom.

Fantom memiliki ekosistem DeFi yang berkembang sangat pesat, melewati banyak kompetitor besar lainnya seperti Solana. Selain karena teknologi yang ramah pengguna, Fantom memiliki komunitas yang sangat hidup, terutama dalam platform media sosial seperti Twitter. Lalu, mengapa ekosistem koin Fantom bisa berkembang begitu cepat? Apa saja aplikasi DeFi pada Fantom yang bisa kamu gunakan? Artikel ini akan menjelaskannya secara detail.

Ringkasan Artikel

  • ūüíĽ Fantom merupakan cryptocurrency Layer 1 dengan kapabilitas smart-contract sehingga mendukung terciptanya ekosistem DeFi berisi berbagai layanan finansial terdesentralisasi.
  • ūüĆź Ekosistem koin Fantom berisi ratusan aplikasi finansial terdesentralisasi yang kian bertumbuh dan memiliki komunitas kuat dalam berbagai platform media sosial.
  • ūüßĎ‚Äćūüé® Berbagai macam aplikasi DeFi Fantom memiliki visual menarik dan mudah digunakan. Aplikasi seperti SpookySwap memiliki tampilan UI sederhana sehingga kamu dapat mengerti pengoperasiannya dengan mudah.
  • ūüíł Aplikasi-aplikasi Fantom dapat memberikan berbagai pilihan yang sesuai dengan kemauan risikomu. Apabila kamu hanya ingin mendapatkan pendapatan pasif dengan risiko rendah, aplikasi sederhana seperti SpookySwap atau Beethoven dapat memberikanmu bunga yang cukup besar dari 10% sampai 100%. Apabila kamu berani mengambil risiko, kamu bisa menggunakan skema pinjaman, menjadi LP, dan melakukan staking untuk secara aktif mencari keuntungan finansial tambahan.

Pertumbuhan ekosistem koin Fantom

Fantom (FTM) adalah cryptocurrency Layer 1 dengan kapabilitas smart-contract sehingga mendukung terciptanya ekosistem DeFi berisi berbagai layanan finansial terdesentralisasi. Ia menggunakan algoritma konsensus proof-of-stake bernama Lachesis yang memungkinkan konfirmasi transaksi terjadi dalam hitungan detik dengan biaya yang murah. Hal ini mendorong banyak pengembang untuk membangun aplikasi di atas jaringan Fantom.

Baca juga: Apa itu Fantom dan bagaimana cara kerjanya?

Saat ini, Fantom memiliki total value locked (TVL) sebesar $8,87 milyar dolar. Pada awal 2022, angka TVL ini sempat menyentuh $10 dan menempatkan Fantom sebagai aset kripto terbesar ke-3 berdasarkan TVL, mengalahkan Binance. Angka TVL Fantom didorong oleh banyak faktor yang terjadi pada tahun 2021.

Fantom berada pada peringkat ke-5 dalam angka TVL. Sumber: DeFiLlama

Salah satunya adalah program insentif Fantom bagi para pengembang aplikasi DeFi di dalam ekosistemnya. Pada akhir Agustus 2021, Fantom Foundation mengumumkan bahwa pengembang aplikasi Fantom dapat mendaftar ke dalam program insentif ini untuk mendapatkan pendanaan langsung. Fantom mengalokasikan 370 juta FTM untuk program insentif ini.

Selain itu, Fantom juga mengalami kenaikan drastis pada tahun 2021 dan berhasil menarik banyak investor retail baru yang kemudian menjadi pengguna berbagai aplikasi DeFi dalam ekosistemnya. Para pengguna baru ini kemungkinan besar tertarik oleh berbagai DApps yang dapat memberikan bunga pendapatan besar serta memiliki tampilan UI yang mudah digunakan.

Beberapa aplikasi DeFi Fantom

SpookySwap

SpookySwap merupakan pertukaran terdesentralisasi (DEX) paling besar dalam jaringan Fantom. Bahkan, berdasarkan DeFiLlama, saat ini SpookySwap merupakan protokol aplikasi DeFi dengan TVL paling besar yaitu $1,33 milyar dolar (9 Februari 2022). Token kripto dari SpookySwap adalah BOO, yang bisa langsung kamu beli atau didapatkan sebagai imbalan setelah menjadi penyedia likuiditas (LP).

Aplikasi DEX Spookyswap

Selain itu, Spooky Swap memiliki tampilan UI yang mudah dimengerti. Berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di SpookySwap dapat langsung di akses pada halaman utamanya. Selain aktivitas yang bisa dilakukan dalam DEX pada umumnya, SpookySwap juga dapat berfungsi sebagai jembatan atau bridge dari jaringan blockchain lain ke Fantom dan sebaliknya. SpookySwap juga memiliki koleksi NFTnya tersendiri yang disebut MagiCat. SpookySwap mengatakan ke depannya MagiCat akan terintegrasi ke dalam ekosistem DEX dan token BOO.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam SpookySwap adalah sebagai berikut:

  • Penyedia likuiditas (liquidity provider/LP): Kamu bisa mendapatkan imbalan BOO dengan menjadi penyedia likuiditas (mendepositkan sepasang aset kripto dengan nilai yang sama). Kamu bisa melihat daftar kumpulan pasangan aset kripto berikut dengan persentase keuntungannya di halaman farm.
  • Menukarkan/Swap Token: Fitur ini memungkinkan kamu menukarkan berbagai macam token dengan biaya transaksi yang murah.
  • Staking BOO: Setelah kamu menjadi LP dan mendapatkan BOO, kamu bisa melakukan staking yang memiliki APR 32%. Lalu, kamu akan mendapatkan xBOO sebagai bukti kepemilikan stake yang kemudian bisa kamu jual atau gunakan dalam staking tahap 2. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan ganda melalui staking BOO dan xBOO.
  • Memindahkan token/bridge: Fitur bridge memungkinkan kamu untuk memindahkan token dari jaringan blockchain lain ke Fantom atau sebaliknya. Bridge SpookySwap membutuhkan waktu minimal 10 menit hingga beberapa jam.

Geist Finance

Geist Finance adalah protokol DeFi yang berfokus pada pinjaman terdesentralisasi mirip dengan AAVE. Protokol Geist saat ini memiliki TVL sebesar $822 juta dolar. Scream dan Geist adalah dua aplikasi pinjaman terbesar pada jaringan Fantom dan keduanya bersaing untung mendapatkan likuiditas dari pengguna. Geist Finance memiliki kelebihan di mana ia peminjam dan penyedia pinjaman sama-sama mendapatkan bunga imbalan. Bahkan, apabila kamu meminjam aset dari Geist Finance, kamu akan mendapatkan bunga lebih besar daripada menyediakan likuiditas.

Tampilan berbagai kumpulan likuiditas pada Geist Finance.

Seperti pada gambar di atas, imbalan bunga untuk menyediakan likuiditas hanya pada 2-3% sementara apabila kamu meminjam aset kripto, persentasenya mencapai 9%, 12%, bahkan 84% (CRV). Bunga imbalan yang kamu dapatkan adalah token GEIST, aset kripto milik Geist Finance. Token GEIST ini kemudian bisa kamu gunakan untuk staking.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan pada Geist Finance:

  • Meminjam aset kripto: Geist Finance memberikan insentif tinggi bagi pengguna yang meminjam aset kripto dengan bunga imbalan yang tinggi.
  • Menjadi penyedia likuiditas: Penyedia likuiditas (LP) pada Geist Finance mendapatkan bunga imbalan yang relatif rendah karena platform Geist lebih mendorong pengguna untuk meminjam.
  • Staking token Geist: GEIST yang kamu dapatkan dari meminjam atau menjadi LP dapat kamu simpan pada Geist Finance melalui staking depan bunga imbalan sebesar 289%. Namun, semua GEIST yang kamu stake akan dikunci selama 3 bulan sebelum bisa diambil. Ini dilakukan untuk menjaga harga token GEIST.

Scream

Scream merupakan protokol DeFi pinjaman terdesentralisasi yang dimodifikai dari Compound Finance. Ia merupakan protokol pinjaman pertama pada jaringan Fantom. Saat ini, Scream memiliki TVL sebesar $916 juta dolar, sedikit lebih besar daripada kompetitornya, Geist Finance. Meskipun namanya diambil dari film horor populer tahun 90an, Scream memiliki tampilan yang sangat berwarna dan cerah.

Secara konsep, Scream memiliki banyak kesamaan dengan Geist Finance di mana ia memberikan insentif lebih besar kepada peminjam daripada penyedia likuiditas pinjaman. Namun, beberapa aset seperti MIM dan SPELL pada Scream memberikan bunga imbalan lebih besar daripada Geist Finance. Kamu bisa membandingkan bunga imbalan di antara kedua platform ini sebelum mencoba meminjam aset kripto. Selain itu, Scream juga memiliki koleksi NFTnya tersendiri yaitu Screamo yang bisa kamu beli atau dapatkan melalui beberapa acara yang diadakan Scream dalam media sosialnya.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di dalam Scream:

  • Meminjam aset kripto: Kamu bisa meminjam aset kripto pilihanmu untuk trading atau mencari aplikasi yield farming lain. Bunga pinjaman yang akan kamu dapatkan pada Scream bervariasi mulai dari 6% hingga 18%. Kamu akan mendapatkan token SCREAM sebagia imbalan meminjam.
  • Menjadi penyedia likuiditas pinjaman: Aktivitas paling aman yang bisa kamu lakukan adalah menjadi LP pada kumpulan dana pinjaman Scream. Beberapa aset seperti USDT, SPELL, dan CRV masih memberikan bunga yang cukup besar.
  • Staking token SCREAM: Kamu bisa melakukan staking setelah mendapatkan SCREAM atau membeli langsung SCREAM pada SpookySWAP untuk mendapatkan bunga imbalan sebesar 37%.

Tomb Finance

Tomb Finance merupakan sebuah protokol DeFi yang memiliki token TOMB, sebuah stablecoin algoritmik yang mematok harga FTM (1 TOMB=1 FTM). Tujuan utama dari Tomb Finance adalah menyediakan likuiditas bagi ekosistem Fantom menggunakan TOMB. Dalam aplikasi Tomb Finance, kamu bisa melakukan farming untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk TOMB, TSHARE, dan TBOND. Tomb Finance juga terintegrasi secara penuh dengan aplikasi DEX pada Fantom yaitu SpookySwap. Bahkan, kamu hanya bisa membeli token TOMB dan TSHARE di dalam aplikasi SpookySwap.

Tomb Finance memiliki skema insentif dan imbalan yang cukup kompleks melibatkan TOMB dan TSHARE. Namun, sebagai pengguna, yang cukup kamu lakukan adalah memiliki FTM dan TOMB atau TSHARE lalu depositkan ke kumpulan likuiditas yang sesuai dengan token yang kamu miliki. Tomb Finance memiliki bagian FAQ khusus tentang penggunaan Tomb.

Beberapa skema aktivitas yang bisa kamu lakukan pada Tomb Finance:

  • Menjadi penyedia likuiditas (LP) TOMB-FTM: Fitur paling dasar Tomb Finance memungkinkan kamu mendepositkan FTM-TOMB dan menjadi LP. Kumpulan likuiditas ini memiliki APR 90% dan memberikanmu imbalan dalam bentuk TOMB.
  • Menjadi LP TSHARE-FTM: Kamu bisa membeli TSHARE pada SpookySwap dan mendepositkannya pada kumpulan likuiditas TSHARE-FTM dan mendapatkan imbalan TSHARE dalam bentuk APR 210%
  • Staking TSHARE: Bagian staking pada Tomb Finance terdapat pada halaman masonry yang memungkinkan kamu mendepositkan TSHARE dengan APR 395% dengan bentuk imbalan TOMB.

Beethoven X

Beethoven X merupakan protokol DeFi yang memberikanmu banyak pilihan investasi termasuk skema index fund atau rekasadana yang terdesentralisasi. Aplikasi Beethoven X diluncurkan pada Oktober 2021. Secara penggunaan, kamu hanya perlu mendepositkan seperti menjadi penyedia likuiditas pada umumnya. Saat ini, Beethoven X memiliki TVL sebesar $350 juta dolar. Beethoven X memiliki tema unik berupa musik dan Beethoven dalam bentuk tengkorak. Kumpulan likuiditas Beethoven X pun diberi nama parodi berdasarkan melodi musik dan judul musik Beethoven.

Beethoven X menyediakan beragam kumpulan likuiditas seperti pasangan stablecoin mirip pada Curve dan juga reksadana terdesentralisasi di mana satu kumpulan likuiditas berisi menjadi 4-7 aset kripto. Berbagai kumpulan dana ini memberikan bunga imbalan yang cukup besar hingga 300%. Beethoven memiliki sistem insentif yang cukup rumit dalam bentuk BEETS, fBEETS, dan BPT. Setiap kumpulan dana akan memberikanmu token yang berbeda antara BEETS dan BPT. Lalu, kamu bisa melakukan staking dari token yang kamu dapat.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan pada Beethoven X:

  • Menukarkan token: Kamu bisa menukarkan berbagai macam token pada Beethoven X untuk memaksimalkan strategi pendapatanmu. Misalnya, menukarkan token bunga BPT-mu menjadi BEETS dan mendepositkannnya ke kumpulan dana BEETS-FTM untuk mendapatkan bunga lebih besar.
  • Berinvestasi kepada berbagai kumpulan likuiditas: Kamu bisa memilih berinvestasi kepada berbagai macam kumpulan likuiditas dengan APR yang cukup besar. Ingat untuk berinvestasi ke dalam kumpulan likuiditas dengan volume besar untuk mengurangi risiko.
  • S**taking BEETS dan fBEETS:** Token imbalan yang kamu dapatkan bisa kamu tukarkan menjadi BEETS dan fBEETS yang kemudian bisa kamu gunakan untuk staking. Beethoven X memberikan persentase bunga sebesar 100%.

Mengapa aplikasi DeFi Fantom dapat menarik banyak pengguna?

  • ūüĎĽ Tema horor: Hampir semua aplikasi DeFi pada Fantom memiliki tema yang sama yaitu dunia supernatural seperti hantu, tengkorak, kuburan, dan semacamnya. Tema ini juga terlihat dari tampilan, simbol, hingga bahasa yang digunakan setiap aplikasi.
  • ūüé® Tampilan UI yang menarik: Tampilan UI aplikasi seperti SpookySwap dan Tomb Finance didesain untuk mudah digunakan oleh setiap penggunanya. Kebanyakan tampilan antarmuka aplikasi DeFi pada Fantom memiliki desain sederhana, ringan, dan mudah dimengerti.
  • ūüíĶ Bunga imbalan yang besar: Salah satu alasan mengapa Fantom memiliki TVL terbesar ke-5 adalah banyak orang masuk ke jaringan Fantom hanya untuk menggunakan aplikasi DeFi-nya. Aplikasi seperti Beethoven X, SpookySwap, dan dan Tomb Finance dapat memberikan bunga hingga ratusan persen.
  • ūüŹéÔłŹ Transaksi cepat dan biaya yang murah: Fantom memanfaatkan algoritma konsensus Lachesis dan teknologi DAG untuk menjalankan jaringannya. Kedua teknologi ini membantu verifikasi transaksi yang cepat (1-3 detik) serta biaya transaksi yang sangat murah.

Disclaimer: Menggunakan DeFi membawa risiko cukup besar karena adanya potensi peretasan dan penipuan yang bisa terjadi. Selalu teliti lebih dalam memilih aplikasi yang ingin kamu gunakan. Artikel ini bukan saran finansial dan dibuat untuk kebutuhan pengetahuan.

Membeli FTM

Setelah membaca artikel mengenai ekosistem koin Fantom di atas, jika tertarik berinvestasi token FTM, kamu dapat membelinya di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli FTM dan aset kripto lainnya dengan cara yang aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya!

Referensi

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Topik

Bagikan

Artikel Terkait