Kirim Crypto Dengan Mudah Melalui Pintu

Bagikan

Salah satu keunggulan menggunakan cryptocurrency atau aset kripto untuk bertransaksi adalah kecepatan waktu pengiriman, biaya yang lebih murah, serta dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, tanpa penghalang batas negara. Hal ini karena aset kripto seperti Bitcoin menggunakan teknologi blockchain yang membuat pengguna tidak membutuhkan pihak ketiga, seperti bank, dalam melakukan transaksi.

Lalu bagaimana cara mengirim crypto ke wallet lain menggunakan aplikasi Pintu? Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti jika ingin mengirim aset kripto ke luar Pintu, berikut langkah-langkahnya.

Langkah Mengirim Aset Kripto Melalui Pintu:

1. Beli Aset Kripto Yang Ingin Dikirim (Jika Kamu Belum Punya)

Untuk mengirim Bitcoin atau aset kripto lainnya tentu kamu perlu memiliki asetnya terlebih dahulu. Kamu dapat membeli aset kripto di Pintu dengan cara berikut:

  • Klik aset kripto pilihan yang ada pada halaman beranda atau halaman wallet.
  • Klik Beli.
  • Masukkan nominal pembelian yang ingin dilakukan, lalu klik lanjutkan.
  • Tinjau ulang dan pastikan nominal pembelian sudah benar, lalu klik Beli Sekarang.
  • Selamat, kamu telah membeli aset kripto pilihan kamu!

Kamu bisa memahami cara jual beli aset kripto di Pintu lebih lanjut pada FAQ Bagaimana Cara Mengirim Bitcoin.

2. Kirim Aset Kripto

Setelah kamu berhasil membeli aset kripto, kamu bisa mulai mengirimnya ke wallet lain. Klik tombol Kirim yang ada di wallet kamu. Contoh: Jika kamu mau mengirim Bitcoin, klik tombol kirim yang terdapat pada halaman wallet atau kartu Bitcoin (geser ke kiri).

  1. Masukkan Wallet Address tujuan
    • Mengirim sesama pengguna Pintu: Di dalam kolom pengiriman, isi @username akun Pintu tujuan. Jangan lupa untuk menyertakan ‘@’ di depan username akun tujuan.
    • Mengirim ke blockchain/wallet di luar Pintu: Di dalam kolom pengiriman, isi wallet address atau scan QR code wallet address yang sesuai dengan tujuan.
      *) Catatan: Khusus untuk pengiriman aset Binance Chain (BNB dan BEP-2), kamu dapat memasukkan MEMO. Mohon pastikan apakah wallet penerima membutuhkan kamu untuk memasukkan MEMO untuk menerima pengiriman. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, untuk mengirim crypto kamu dengan aman, pastikan alamat penerima bisa menerima atau kompatibel dengan aset crypto yang kamu kirim, ya!
  1. Masukkan Jumlah yang Akan Dikirim Langkah selanjutnya adalah memasukkan nominal yang akan kamu kirimkan, kemudian klik Lanjutkan. Perhatikan kembali jumlah yang kamu masukkan sebelum melanjutkan. Jika sudah yakin, klik Kirim Sekarang.

Selamat, kamu telah berhasil mengirim aset kripto! Pintu akan mengirimkan notifikasi setelah transaksi berhasil.

*)Catatan: Selalu perhatikan jumlah yang dikirimkan. Transaksi blockchain tidak dapat dibatalkan.

Adakah Biaya yang Dibebankan?

  • Pengiriman aset kripto sesama pengguna Pintu tidak dipungut biaya.
  • Pengiriman aset kripto ke wallet lain di luar Pintu membutuhkan biaya yang sesuai dengan gas fee yang dibutuhkan masing-masing jaringan blockchain. Biaya ini dibayarkan ke miner jaringan blockchain yang dipakai, bukan ke Pintu. Apabila jaringan blockchain yang dipakai sedang padat, biaya dapat menjadi lebih karena banyak pengguna blockchain yang berani bayar mahal agar transaksinya didahulukan.

Berapa Lama Crypto Akan Diterima?

  • Aset kripto ke sesama pengguna Pintu dapat dikirim secara instan.
  • Transaksi di atas blockchain memerlukan waktu (block confimation) untuk menjadi final. Biasanya dibutuhkan 10-30 menit untuk Bitcoin dan 5-10 menit untuk aset pada blockchain Ethereum dan lainnya.

Demikian cara mengirim crypto ke wallet lain melalui aplikasi Pintu. Selamat mencoba!

Topik

Bagikan

Artikel Terkait

Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.