Sinyal Crypto Hari Ini, 1 Oktober 2024: BTC Kehilangan Tenaga jelang Pidato Powell dan Rilis Data Penting

Update 1 Oct 2024 • Waktu Baca 4 Menit
Gambar Sinyal Crypto Hari Ini, 1 Oktober 2024: BTC Kehilangan Tenaga jelang Pidato Powell dan Rilis Data Penting
Reading Time: 4 minutes

Setelah melalui pekan yang kuat, BTC dan mayoritas crypto lainnya nampak kehabisan tenaga. BTC yang sempat diperdagangkan di area $66.000 harus kembali turun ke area $64.000 pada perdagangan hari Senin (30/9). Mayoritas altcoin kemudian juga mengekor koreksi BTC dengan turun di kisaran 2-6%.

Nampaknya pasar kembali masuk ke dalam mode wait and see seiring dengan banyaknya agenda dan rilis data ekonomi pada pekan ini. Perhatian utama pasar tertuju pada pidato Jerome Powell yang isinya disinyalir akan berkaitan dengan rencana The Fed ke depan.

Selain itu, akan ada rilis data penting seperti manufaktur ISM, data tenaga kerja, serta data pengangguran pada pertengahan pekan ini. Hasil data tersebut akan berpengaruh terhadap kemungkinan pemangkasan suku bunga sebesar 50 bps lagi pada November mendatang.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Sinyal Crypto ini bukan saran finansial dan sebatas informasi. Tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Thorchain (RUNE) ➡️ Bullish 🚀

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya ekosistem DeFi baru Thorchain dari hasil kerjasama dengan Kujira akan segera diluncurkan. Sejauh ini belum ada tanggal peluncuran yang pasti, namun dikabarkan akan terjadi pada bulan Oktober.

Jika merujuk dari cuitan founder Thorchain Jpthor, pada ekosistem DeFi terbaru Thorchain akan dilengkapi dengan fitur yield streaming, Decentralized Liquidity Program (DLP), dan integrasi lintas rantai. Pada ekosistem terbaru tersebut diekspektasikan produk DeFi RUJI akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi mengakses pasar dan risiko yang lebih rendah terhadap base layer.

Pada 14 September, komunitas Kujira secara resmi menyetujui penggabungan dengan Thorchain dengan nama Rujira Alliance. Aliansi tersebut bertujuan untuk membangun lapisan aplikasi baru di atas protokol likuiditas lintas rantai Thorchain. Diekspektasikan, gabungan keduanya akan menghadirkan kekuatan besar untuk mendominasi pasar DeFi.

Kabar tersebut berpotensi menjadi katalis positif untuk harga token RUNE dalam jangka pendek. Dalam tujuh hari terakhir, harga RUNE sempat mencatatkan kenaikan 23,24% ketika mencapai level Rp 85.558. Namun, saat ini harga RUNE mengalami koreksi dan diperdagangkan di area Rp 78.347.

Avalanche (AVAX) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Avalanche akan melakukan pembaruan terbesarnya melalui Avalanche9000 upgrade. Sejauh ini belum ada pengumuman resmi terkait tanggal peluncurannya, namun pembaruan dikabarkan dilakukan pada Oktober.

Melalui pembaruan Avalanche9000, nantinya keamanan, skalabilitas, dan kinerja blockchain Avalanche akan mengalami kenaikan, khususnya untuk tim pengembang yang membangun rantai Layer 1 (L1).

Pada laman resminya, tim Avalance menjelaskan bahwa pembaruan tersebut akan membuat tim pengembang lebih mudah untuk mengkustomisasi infrastruktur blockchain. Dengan kompleksitas teknis dan barrier ekonomi yang lebih rendah, diharapkan akan lebih banyak proyek L1 yang diluncurkan di blockchain Avalanche.

Pembaruan Avalanche9000 juga bertujuan untuk menarik lebih banyak tim pengembang ke dalam ekosistem Avalanche melalui insentif dan imbalan yang ditawarkan. Pada pembaruan ini juga akan dilengkapi testnet environment yang memungkinkan tim pengembang bereksperimen dengan ide mereka sebelum meluncurkannya ke mainnet.

EigenLayer (EIGEN) ➡️ Tidak Menentu⚖️

EigenLayer akan membuka pembatasan transfer pada token EIGEN pada 30 September 2024. Melalui pembukaan pembatasan tersebut maka pengguna yang mendapat airdrop EIGEN akan tahu nilai yang akan mereka didapatkan. Selain itu, pemilik EIGEN juga akan bisa memperdagangkan dan mengirimkan imbalan dari hasil staking mereka.

Namun, tim EigenLayer mengingatkan bahwa token EIGEN yang saat ini di-stake memiliki periode unstaking selama 7 hari. Jadi, pemilik token EIGEN yang men-stake tokennya tidak akan bisa langsung menjual token mereka.

Berdasarkan data DefiLlama, saat ini EigenLayer memiliki Total Value Locked lebih dari $12 miliar, terbesar kedua di sektor DeFi. Dengan adanya pembukaan pembatasan tersebut, EigenLayer berpotensi mendapatkan tekanan jual yang tinggi saat peluncuran.

Aksi jual dari para pemilik token EIGEN tidak hanya akan menurunkan TVL EigenLayer, namun juga meningkatkan pasokan EIGEN yang beredar. Jika tidak diimbangi dengan permintaan yang tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan harga EIGEN terkoreksi dalam jangka pendek.

Fantom (FTM) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Pada minggu ini, Fantom baru saja membuka program kampanya mereka yang bernama Sonic Arcade. Ia merupakan program airdrop yang membagikan sebanyak 200 juta $S token kepada seluruh peserta. Pengguna hanya perlu memainkan game, tanpa biaya dan tak perlu bridging.

Para peserta yang tertarik mengikuti Sonic Arcade bisa pergi ke halaman Soniclabs Arcade dan memainkan permainan yang ada di web tersebut. Terdapat tiga game yang dapat dimainkan yakni, Plinko, Mines, dan Wheel.

Sebelum memulai permainan, pengguna harus menambahkan Sonic Testnet ke Web3 Wallet mereka terlebih dahulu. Setelah terhubung, dapatkan token $TOKEN melalui faucet yang tersedia. Setiap game memerlukan 1 $TOKEN untuk memainkannya dan pengguna bisa meminta sebanyak 420 $TOKEN setiap minggunya. Setelah itu mainkan game tersebut untuk mendapat poin yang akan dihitung untuk $S airdrop.

Panduan lengkapnya bisa kamu dapatkan melalui cuitan Ansem (@blknoiz60) berikut ini.

Agenda Token Unlock Pekan Ini

Pintu Academy akan menampilkan daftar protokol yang akan melakukan token unlock pada sepekan ke depan. Berikut ini adalah daftarnya:

Nama ProtokolJadwal Token UnlockJumlah Token DibukaValuasi Token UnlockAlokasi Token Unlock
Sui (SUI)01 Oktober 202464,19 Juta SUI$108,49 jutaInvestor dan early kontributor
Ethena (ENA)02 Oktober 2024428 juta ENA$158,14 jutaPengembangan ekosistem
Immutable X (IMX)04 Oktober 202432,47 juta IMX$57,80 jutaPengembangan ekosistem dan proyek
Sumber: Token Unlock

Lebih lanjut, beberapa protokol lain yang akan melakukan token unlock pekan ini adalah Zeta Chain (ZETA), Neon (NEON), Cardano (ADA) dan dYdX (DYDX). Tercatat, total nilai token unlock pada pekan ini melebihi $454 juta.

Secara umum, agenda token unlock akan menambah jumlah pasokan yang beredar pada sirkulasi. Jika pemilik hasil token unlock tadi memutuskan untuk menjual kepemilikannya, besar kemungkinan harga token akan terkoreksi. Semakin besar jumlah token yang dibuka, maka semakin besar juga potensi tekanan yang dihasilkan.

Namun, jadwal token unlock yang terencana dengan baik juga bisa memperkuat sustainability sebuah proyek. Sejalan dengan terus berkembangnya protokol, token unlocks dapat memotivasi anggota tim, meningkatkan keterlibatan komunitas, dan mendorong pertumbuhan ekosistem.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Kryptonite (SEILOR): 🔼110,84% (Rp 415)
  • Bonk (BONK): 🔼48,96% (Rp 0,39)
  • Dogwifhat (WIF): 🔼46,60% (Rp 38.996)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Catizen (CATI): 🔽30,16% (Rp 8.490)
  • Neiro Ethereum (NEIRO): 🔽21,40% (Rp 1.110)
  • BinaryX (BNX): 🔽20,56% (Rp 14.596)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

https://www.avax.network/blog/building-on-avalanche9000

Penulis:Hikma Dirgantara

Bagikan