Menengah
Disertai Video

Peningkatan Staking ETH dan Upgrade Shapella

Update 28 May 2023 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Peningkatan Staking ETH dan Upgrade Shapella
Reading Time: 6 minutes

Ethereum adalah proyek crypto terbesar ke-2 di dunia setelah Bitcoin. Ia bisa dibilang sebagai jantung dari industri crypto karena ia merupakan pusat aktivitas finansial aset kripto. Selain itu, kapitalisasi pasar Ethereum bahkan lebih besar dari gabungan lima aset kripto di bawahnya. Ethereum bersama Bitcoin merupakan kekuatan dominan yang menggerakan pasar kripto. Pergerakan harga ETH bisa mempengaruhi ratusan altcoin lain. Maka dari itu, banyak trader dan pengguna kripto memperhatikan setiap pembaruan jaringan Ethereum. Shapella adalah pembaruan terbaru Ethereum yang berfokus pada fitur staking. Pembaruan ini berhasil diterapkan pada bulan April 2023. Lalu, apa dampak Ethereum Shapella? Bagaimana staking ETH pasca Shapella? Artikel ini akan menjelaskannya dengan lengkap.

Ringkasan Artikel

  • 💻 Ethereum, proyek kripto terbesar kedua di dunia setelah Bitcoin, telah berhasil melakukan pembaruan jaringan yang disebut Shapella pada 12 April 2023. Pembaruan ini memperkenalkan fitur “unstaking” yang memungkinkan pengguna menarik aset Ethereum (ETH) yang mereka simpan di staking.
  • 🧠 Meskipun terdapat sentimen beragam tentang dampak pembaruan Shapella, data pasca Shapella menunjukkan bahwa pembaruan ini justru memicu peningkatan jumlah staking di Ethereum, dengan deposit yang melebihi penarikan.
  • ⚙️ Shapella berdampak positif pada sektor Liquid Staking Derivatives (LSD), dengan Lido Finance mendominasi sektor tersebut dengan nilai Total Value Locked (TVL) hingga $12 miliar, angka terbesar di DeFi.
  • 📈 Peningkatan staking ETH diperkirakan akan berlanjut karena semakin banyak orang yang ingin mendapatkan passive income. Pembaruan Shapella menghilangkan risiko utama yang sebelumnya dikhawatirkan pengguna, yaitu ketidakmampuan untuk menarik ETH dari staking.
  • ⚖️ Seiring dengan pertumbuhan sektor Liquid Staking, muncul juga protokol Liquid Staking Derivatives Finance (LSDFI) yang memungkinkan penggunaan token liquid staking dalam berbagai kegiatan DeFi. Meskipun sektor ini masih dalam tahap pertumbuhan awal, beberapa protokol seperti Unsheth, Lybra Finance, Parallax Finance, 0xAcidDAO, dan Agility LSD telah mendapat perhatian dari komunitas kripto.

Pasca Upgrade Shapella

Upgrade Ethereum Shapella akhirnya berhasil dilakukan pada 12 April, 2023. Tim pengembang Ethereum berhasil menerapkan Shapella tanpa ada masalah. Pembaruan Shapella ini membawa fitur baru dan beberapa perkembangan-perkembangan kecil yang memberikan kemudahan bagi developer di ekosistem Ethereum. Namun, sorotan utama dari pembaruan Shapella adalah fitur unstaking untuk ETH.

Dengan Shapella, semua orang bisa mulai menarik ETH yang mereka simpan di staking. Kini pengguna Ethereum bisa menyimpan dan menarik ETH mereka kapan pun dengan waktu penarikan yang relatif singkat. Ini membuat sistem staking Ethereum sama seperti berbagai L1 lainnya seperti Solana. Pengembang Ethereum memberlakukan sistem antrian dalam penarikan ETH untuk mencegah serangan dan ketidakstabilan jaringan.

Ethereum juga membagi sistem penarikan ke dalam dua grup yaitu penarikan parsial dan full. Parsial adalah mereka yang menarik sebagian ETH namun tetap menjadi validator sementara full adalah penarikan semua ETH yang disimpan. Kamu bisa menonton video di bawah yang menjelaskan tentang sistem penarikan ETH.

Sistem unstaking ETH. Sumber: Finematics.

Kamu bisa membaca lebih detail tentang Apa itu Upgrade Ethereum Shapella? – Pintu Academy.

Sebelum upgrade Shapella dilakukan, komunitas kripto di Twitter terbagi antara potensi sentimen bullish dan bearish dari Shapella. Mereka yang bullish melihat Shapella sebagai pembaruan yang akan mendorong banyak orang untuk menyimpan ETH mereka dalam staking. Di sisi lain, orang-orang yang bearish menganggap Shapella akan menjadi momen sell the news. Mereka beranggapan bahwa banyak pihak akan menarik ETH yang sudah mereka stake dari lama (staking sudah bisa dilakukan sejak Desember 2020).

Di bawah ini kita akan membahas tentang dampak dan melihat data pasca Shapella.

Apa Saja Dampak Shapella?

ethereum staking deposit withdrawal
Grafik deposit dan penarikan ETH. Sumber: Nansen.

Data di atas menampilkan grafik deposit dan penarikan ETH dalam setahun terakhir. Bar kuning paling kiri menandakan pertama kalinya ETH bisa ditarik (12 April 2023). Sementara itu, garis ungu merupakan total ETH yang dikunci dalam staking. Penarikan staking terbesar terjadi dari 15-17 April 2023 di mana sekitar 738.067 ETH ditarik. Penarikan ETH besar lainnya kemudian terjadi di tanggal 20,24, dan 28 April 2023. Angka ETH yang dikunci terus meningkat sejak 25 April dan kita justru melihat angka deposit melebihi angka penarikan ETH di Mei. Padahal, Lido V2 memungkinkan pengguna Lido untuk menarik ETH mereka sejak 15 Mei 2023.

eth staking withdrawal
Daftar entitas terbesar yang melakukan penarikan ETH. Sumber: Nansen.

Gambar di atas merupakan daftar entitas penarik ETH terbesar. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menarik ETH saat ini adalah sekitar 5 hari. Seperti yang bisa kita lihat, daftar ini didominasi oleh bursa pertukaran terpusat (CEX) seperti Kraken, Coinbase, dan Binance. Meskipun jumlah yang ditarik terlihat besar, total ETH yang dikunci saat ini adalah 21,1 juta ETH atau 17,7% dari total suplai ETH.

Di sisi lain, jumlah ETH yang dideposit oleh berbagai entitas juga sama besarnya. Seperti pada gambar di bawah, total ETH yang masuk lewat Lido sendiri sudah lebih dari 6,2 juta ETH. Ini jauh lebih besar dari angka penarikan yang ada di gambar di atas. Data ini mematahkan anggapan bearish terhadap Shapella. Shapella tidak memicu sell-off dan ia justru menjadi momen yang memicu semakin banyak orang untuk melakukan staking di Ethereum.

Daftar entitas yang melakukan deposit staking ETH. Sumber: Nansen.

Bagaimana Dengan Sektor LSD?

liquid staking ethereum
Sektor liquid staking derivatives Ethereum. Sumber: Nansen.

Sektor LSD menjadi salah satu pemenang besar dari pembaruan Shapella. Seperti pada data di atas, Lido Finance mendominasi sektor liquid staking Ethereum. Kompetitor terdekat Lido saat in ini adalah CoinBase yang bahkan tidak mencapai 20% dari jumlah pasar liquid staking. Jumlah staking di Lido bahkan mencapai 31,6% dari total ETH yang dikunci. Lebih lanjut lagi, Lido Finance berhasil mengumpulkan TVL sebesar $12 miliar dolar. Ini adalah angka TVL terbesar di dunia crypto. Sejak Shapella, TVL Lido meningkat sekitar $600 juta dolar dan angka depositnya sudah melebihi 6,5 juta ETH.

Lido V2 berhasil diluncurkan pada 15 Mei 2023 dan memungkinkan fitur unstaking untuk semua pengguna Lido. Pembaruan Lido ini juga berusaha meningkatkan desentralisasi Lido dengan adanya staking router. Dengan ini, Lido sekarang bisa mendukung berbagai macam node operator Ethereum mulai dari perorangan sama organisasi. Desentralisasi Lido sangat penting untuk mengurangi risiko serangan terutama karena ia mendominasi sektor staking Ethereum.

Gambar di bawah menunjukkan bagaimana ETH yang disimpan di Lido terus meningkat, menunjukkan peningkatan ketertarikan dari sisi pengguna Ethereum. Angka ini terus meningkat bahkan setelah Lido mengaktifkan fitur unstaking lewat Lido V2. Beberapa analis menjelaskan bahwa tren peningkatan angka staking ETH akan terus berlanjut karena semakin banyak orang yang ingin mendapatkan passive income. Shapella menghilangkan risiko besar yang sebelumnya dikhawatirkan pengguna (tidak bisa menarik ETH dari staking). Bukan hanya Lido, platform liquid staking lain seperti Frax Finance, Rocketpool, dan StakeWise juga mengalami peningkatan deposit ETH sejak Shapella.

eth staking
Total deposit ETH ke dalam staking. Sumber: Nansen.

Protokol LSDFI Mulai Bermunculan

lsdfi ethereum
Beberapa protokol LSDFI di Ethereum. Sumber: @hanztrinh.

Sektor liquid staking Ethereum saat ini sudah bernilai $18,3 miliar dolar. Ini merupakan nilai TVL tertinggi di industri DeFi. Dengan nilai pasar yang begitu besar, kita tinggal menunggu inovasi protokol yang ingin mengambil pangsa pasar ini. Tren teranyar yang ingin memanfaatkan sektor LSD adalah LSDFI (LSD Finance). LSDFI merupakan ekosistem aplikasi yang ingin memanfaatkan token LSD (disebut LST atau liquid staking tokens) untuk DeFi. Pada dasarnya, LSDFI memungkinkan kamu untuk menggunakan token LSD seperti stETH Lido, ankrETH Ankr, dan rETH Rocket Pool dalam berbagai kegiatan DeFi seperti yield farming dan stablecoin.

Beberapa protokol LSDFI yang sudah mendapatkan perhatian dari komunitas kripto di Twitter adalah Unsheth, Lybra Finance, Parallax Finance, 0xAcidDAO, dan Agility LSD. Sektor LSDFI sepertinya sedang mengalami tahap pertumbuhan awal di mana banyak protokol bermunculan dan komunitas kripto baru saja mengetahuinya. Tunggu artikel tentang LSDFI di Pintu Academy ya!

Kesimpulan

Ethereum, sebagai proyek kripto terbesar kedua setelah Bitcoin, mengalami pembaruan besar bernama Shapella pada April 2023. Pembaruan ini memperkenalkan fitur ‘unstaking‘ yang memungkinkan pengguna menarik aset Ethereum (ETH) yang mereka staking kapan pun mereka inginkan. Fitur ini membawa kemudahan dan fleksibilitas bagi pengguna Ethereum dan sejajar dengan blockchain lain seperti Solana. Meski ada kekhawatiran pembaruan ini akan menimbulkan efek ‘sell the news‘, data menunjukkan peningkatan jumlah deposit ETH melebihi jumlah penarikan. Ini mengindikasikan bahwa pembaruan Shapella bukanlah pemicu ‘sell-off‘ dan justru bullish untuk Ethereum.

Sektor ‘liquid staking‘ menjadi salah satu pemenang besar dari pembaruan ini, dengan Lido Finance sebagai pemimpin pasar, mengumpulkan TVL sebesar $12 miliar. Peningkatan jumlah staking ETH diperkirakan akan terus berlanjut karena semakin banyak pengguna yang ingin mendapatkan pendapatan pasif. Sementara itu, dengan peningkatan aktivitas staking, sektor LSDFI (LSD Finance) mulai muncul, memanfaatkan token LSD (liquid staking tokens) untuk berbagai kegiatan DeFi. Protokol seperti Unsheth, Lybra Finance, Parallax Finance, 0xAcidDAO, dan Agility LSD mulai mendapatkan perhatian, menunjukkan tahap pertumbuhan awal dalam sektor ini.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan