AGIX sebagai Aset Investasi: Mengenal Tokenomik dan Potensi AGIX

Update 16 Mar 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar AGIX sebagai Aset Investasi: Mengenal Tokenomik dan Potensi AGIX
Reading Time: 6 minutes

Tren token AI mulai mendapatkan perhatian banyak orang ketika Microsoft mengumumkan investasi pada OpenAI, pembuat ChatGPT, sebesar 10 miliar dolar AS pada awal tahun 2023. Tidak lama setelahnya, beberapa token AI mengalami lonjakan harga, termasuk token AGIX yang naik hampir 800%! Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang tokenomik AGIX dan perkembangannya sebagai aset investasi di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ūü™ô AGIX adalah token utama SingularityNET yang berfungsi sebagai token utilitas dan token tata kelola. AGIX dapat digunakan untuk staking, voting proposal, dan sebagai alat pembayaran di marketplace AI SingularityNET.
  • ūüĒó Token AGIX pada awalnya bernama AGI yang berjalan di blockchain Ethereum. Namun, setelah SingularityNET melakukan hard fork ke jaringan Cardano, semua token AGI digantikan dengan AGIX. Ini menjadikan AGIX menjadi token multi-chain yang dapat berjalan di blockchain Ethereum dan Cardano.
  • ūü§Ď SingularityNET memiliki progam pendanaan bagi para developer proyek-proyek AI bernama Deep Funding guna mengembangkan berbagai layanan AI di dalam ekosistemnya. Pemegang token AGIX dapat memilih proyek apa saja yang akan didanai.
  • ūü§Ė SingularityNET terus melakukan pengembangan ekosistem yang berfokus pada bidang DeFi, Robotics, Biotech, Gaming/Media, Arts/Entertainment, dan Enterprise-level AI.

Sekilas tentang SingularityNET (AGIX)

SingularityNet adalah marketplace berbagai produk AI yang berjalan di atas blockchain Ethereum dan Cardano. Platform ini bertujuan untuk memudahkan developer untuk membuat, berbagi, dan memonetisasi layanan dan aplikasi AI. Sementara bagi pengguna, mereka dapat membeli berbagai produk AI yang tersedia. Jual beli produk atau layanan AI tersebut dilakukan menggunakan token utama platfom ini yaitu AGIX.

SingularityNET didirikan pada tahun 2017 oleh Dr. Ben Goertzel dan Robert Hanson, orang-orang dibalik pembuatan Robot Sophia, sebuah robot yang memiliki kecerdasan standard manusia.

Kamu bisa mengetahui lebih lanjut tentang SingulalirtyNET (AGIX) di artikel ini.

Tokenomik AGIX

AGIX adalah token utama SingularityNET yang memilki beberapa fungsi, yaitu:

  • Alat pembayaran

Seluruh transaksi di marketplace AI SingularityNET menggunakan AGIX. Para developer independen mendapatkan AGIX sebagai biaya layanan atas produk AI yang berhasil dibeli oleh pengguna.

  • Staking

Para pemegang token AGIX dapat melakukan staking untuk mendapatkan imbalan sekaligus mengamankan jaringan.

  • Governance

AGIX juga berperan sebagai governance token atau token tata kelola pada platform SingularityNET. Para pemegang token AGIX dapat melakukan voting untuk menentukan kebijakan yang diambil oleh komunitas untuk perkembangan SingularityNET. Pemegang AGIX juga dapat memilih proyek AI yang tersedia untuk menentukan proyek mana yang akan mendapatkan pendanaan pada Deep Funding.

token distribution agix
Sumber: TokenInsight

Pada awalnya, token utama SingularityNET adalah AGI yang diluncurkan pada tahun 2018. Token ini merupakan token standard ERC-20 dan memiliki pasokan maksimum sebanyak 1 miliar AGI.

Seiring dengan perkembangan sistem, pada 2021, SingularityNET mengubah token AGI menjadi AGIX agar kompatibel dengan jaringan Cardano. Hal ini dikarenakan platform ini melakukan hard fork ke jaringan Cardano untuk meningkatkan pembaharuan sistemnya. Ini menjadikan AGIX menjadi token multi-chain yang dapat berjalan di blockchain Ethereum dan Cardano.

Perubahan ini juga berlaku pada pasokan maksimum AGIX yang semula sebanyak 1 miliar AGIX di-minting di Ethereum, kemudian bertambah 1 miliar AGIX lagi yang di-minting di blockchain Cardano. Jadi, total pasokan AGIX adalah sebanyak 2 miliar AGIX. Per Maret 2023, jumlah total yang beredar di pasar telah mencapai 1.205.321.857 AGIX atau 60% dari total pasokan.

Pasokan token baru tersebut akan dirilis bertahap selama 91 tahun. Untuk mempersiapkan hal tersebut, tim SingularityNET mengganti token AGI yang dibuat hanya untuk Ethereum, dengan token AGIX agar dapat dioperasikan antara blockchain Ethereum dan Cardano. Saat ini, AGI sudah tidak dapat digunakan karena telah digantikan oleh AGIX.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang Cardano dan tokenomik ADA yang menjadi salah satu blockhain utama AGIX di artikel ini.

AGIX sebagai Investasi

AGIX sebagai Aset Investasi
Sumber: Coinmarketcap

Awal tahun 2023 harga AGIX melonjak seiring dengan pengumuman Microsoft yang berinvestasi pada OpenAI, pembuat ChatGPT, sebesar 10 miliar dolar AS. Ditambah, pengumuman lain dari Google yang juga berinvestasi pada start-up AI, Anthropic, sebesar 300 juta dolar AS pada 3 Februari 2023. Ini membuat harga beberapa token AI melonjak, termasuk AGIX.

Dari grafik di atas, AGIX meningkat hampir 800% sejak awal tahun dan mencapai 0.6 dolar AS pada 8 Februari 2023. Saat artikel ini ditulis (13 Maret 2023), harga AGIX berada di level 0.3 dolar AS dengan volume trading hampir 90 juta dolar AS. Data dari Coinmarketcap, AGIX berada di rangking 88 dengan jumlah market cap sebesar 378.981.448 dolar AS.

Terlepas dari hype seputar token AI, SingularityNET sendiri memiliki beberapa proyek yang menjanjikan. Salah satu tujuan SingularityNET adalah untuk menjadikan layanan AI lebih terdesentralisasi dan tidak terpusat pada salah satu pihak besar. Selain terus mengembangkan artificial general intelligence (AGI), tim developer juga terus membangun ekosistemnya yang mengedepankan sistem terdesentralisasi. Pengembangan ekosistem tersebut berfokus pada bidang DeFi, Robotics, Biotech, Gaming/Media, Arts/Entertainment, dan Enterprise-level AI.

deep funding agix
Proyek-proyek AI yang mendapatkan pendanaan dari SingulairtyNET. Sumber: Deep Funding

Platform ini juga dapat dikatakan sebagai inkubator bagi pelaku bisnis baru dengan menyediakan pembinaan, pendanaan dan bantuan profesional. Tujuannya adalah untuk menghasilkan entiti yang sukses dan independen. Untuk itu, SingularityNET membangun Deep Funding, sebuah program pendanaan bagi proyek-proyek AI di dalam ekosistemnya.

Per Maret 2023, sudah ada sebelas proyek yang berhasil didanai SingularityNET dengan pendanaan yang bervariasi. Pendanaan mulai dari 22.000 dolar AS untuk proyek Universal Sentence Parser, hingga 114.000 dolar AS untuk Simply AI with Trust.

Walaupun beberapa pengembangan terus dilakukan oleh tim developer SingularityNET, namun untuk investasi di token AGIX kamu harus mempertimbangkan keuntungan dan risikonya. Sebagian orang menganggap harga AGIX meroket ketika ChatGPT mendapatkan popularitasnya di awal tahun 2023. Kemudian akan menurun kembali ketika hype ChatGPT mulai memudar. Tentunya naik turunnya harga AGIX dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi pasar global.

Baca juga artikel The Graph dan tokenomik GRT sebagai salah satu token AI seperti AGIX di sini.

Ekosistem SingularityNET ‚Äď AGIX

Selain berperan sebagai marketplace produk-produk AI, SingularityNET juga mengembangkan berbagai proyek berbasis AI di dalam ekosistemnya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

ekosistem agix
Sumber: SingularityNET

Rejuve.AI

Rejuve.AI adalah jaringan data berbasis AI pada sistem komputer yang membantu para peneliti medis untuk berbagi data medis dan mendapatkan penghasilan dengan menyediakan data tersebut. Para pengguna juga dapat menggunakan Rejuve.AI untuk mendapatkan saran medis berdasarkan informasi pribadi mereka, yang dianalisis oleh sistem komputer menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Awakening Health

Awakening Health adalah perusahaan gabungan antara SingularityNET dan Hanson Robotics. Ia membuat robot khusus yang berfungsi sebagai perawat yang dapat membantu pasien di rumah sakit. Produk utama dari proyek ini adalah robot bernama Grace. Grace telah dirancang untuk memberikan dukungan emosional dan kenyamanan kepada pasien. Robot ini juga mampu memantau tanda-tanda vital dan mengirimkan data ke dokter secara real time.

Robot ini dibuat dengan menggabungkan artificial intelligence (AI), machine learning, computer vision, speech recognition, natural language processing, dan teknologi lainnya.

NuNet

AI membutuhkan daya komputasi yang sangat besar. Saat ini, jenis daya ini tersedia melalui entitas terpusat seperti Amazon AWS, Nvidia, atau Google. NuNet adalah jaringan komputer terdesentralisasi yang menyediakan daya komputasi dan penyimpanan data pada blockchain. Para developer SingularityNET dapat menggunakan Application Programming Interface (API) NuNet untuk menyediakan dukungan komputasi dan penyimpanan untuk layanan mereka.

HyperScale

HyperScale adalah blockchain layer 2 di blockchain Cardano dan bertindak sebagai sidechain Cardano. Ia dibangun menggunakan Hydra sidechain Cardano dan bahasa pemrograman SingularityNET, MeTTa. Sidechain ini dirancang untuk menambah kecepatan dan mengurangi biaya untuk mengoptimalkan sistem multi-agen AI yang canggih.

Roadmap AGIX

Mainnet SingularityNET versi beta diluncurkan pada Maret 2019. Kamu bisa melihat perkembangan roadmap SingularityNET di website resminya, termasuk pencapaian proyek yang telah dicapai sejak tahun 2022 dan perubahan tokenomik AGIX.

Rencana SingularityNET untuk tahun 2023 difokuskan pada peningkatan teknologi dan perluasan ekosistem. Rencana ini melibatkan kegiatan seperti pengoptimalan dari sisi teknis, kolaborasi dengan Cardano untuk menambah use cases dalam tokenomik AGIX, dan membentuk kemitraan dengan lebih banyak layanan AI.

Investasi Crypto di Pintu

Saat ini, token AGIX belum bisa diperjual-belikan melalui Pintu. Oleh karena itu, pantau terus channel di Pintu untuk mendapatkan kabar selanjutnya terkait peluncuran token AGIX. Untuk saat ini, kamu bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya secara aman dan mudah di Pintu. Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. TI Research, What is SingularityNET? Unleashing the Power of AI ‚Äď Ratings & Analysis, Token Insight, diakses 13 Maret 2023.
  2. Jon Grove, The Path to AGI: SingularityNET Ecosystem Cooperation, Medium, diakses 13 Maret 2023.
  3. SingularityNET Team, Ecosystem Overview, Singularity Web, diakses 13 Maret 2023.
  4. CNBC Writer, Explained: SingularityNET (AGIX) and why it is up nearly 800% since the start of the year, CNBC, diakses 13 Maret 2023.
  5. Marcello Mari, Exploring the Utility of SingularityNET’s AGIX Token, SingularityNET Blog, diakses pada 15 Maret 2023
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait