5 Aset Crypto Murah yang Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Updated
July 17, 2023
• Waktu baca 10 Menit
Gambar 5 Aset Crypto Murah yang Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang
Reading Time: 10 minutes

Di era digital yang sedang berkembang pesat ini, investasi dalam aset crypto menjadi pilihan yang semakin diminati oleh banyak orang. Banyak orang merasa terhalang oleh harga Bitcoin atau Ethereum yang relatif tinggi, tetapi sebenarnya masih ada banyak pilihan aset crypto lainnya yang harganya lebih terjangkau dan berpotensi memberikan keuntungan jangka panjang.

Kali ini, kita akan mengulas 5 aset crypto dengan harga yang relatif murah namun memiliki prospek bagus untuk investasi jangka panjang. Kira-kira apasajakah aset crypto tersebut?

Dogecoin (DOGE)

prospek dogecoin
Sumber: Unsplash

Dogecoin (DOGE) diluncurkan pada bulan Desember 2013 oleh dua software engineers yakni Jackson Palmer dan Billy Markus, yang menciptakan sistem pembayaran sebagai koin meme sarkastik (jenis cryptocurrency yang berasal dari meme online atau gambar viral).

DOGE dengan cepat memenangkan hati banyak orang dan kini memiliki salah satu kapitalisasi pasar terbesar urutan ke-8 sebesar $8,6 miliar per 18 Juni 2023, menurut Coinmarketcap.

Berapa dan Kapan Harga Terendah DOGE?

harga terendah doge
Sumber: SoFi

Dilansir dari SoFi, pada tanggal 15 Desember 2013, harga awal Dogecoin (DOGE) adalah $0,0002 yang setara dengan Rp2,99 (kurs $1 = Rp14.9000, yakni ketika pertama kalinya DOGE masuk dan diperdagangkan ke beberapa exchange crypto.

Harga DOGE Melonjak 9.884% Pada Mei 2020 – Mei 2021

harga tertinggi doge
Sumber: Coinmarketcap

Dilansir dari Global Data, harga Dogecoin relatif datar selama 7 tahun dari Desember 2013 hingga Desember 2020. Namun, tidak berhenti disitu, setelah Dogecoin (DOGE) mendapatkan tempat dihati para pecinta meme coin, harga DOGE di tahun 2020 dan 2021 menjadi sejarah.

Pada bulan Januari 2020, DOGE bernilai $0,0023. Tahun itu, harga mencapai puncak baru pada bulan Juli di $0,0032 dan kemudian turun selama beberapa bulan berikutnya, hingga harga melonjak lagi pada bulan November dan mencapai $0,0035. Tahun 2020 ditutup dengan DOGE di harga $0,0046.

Lalu, pada tahun 2021, DOGE mulai mendapatkan daya tarik lagi dengan dukungan dan minat publik yang baru. Antara Januari dan Mei 2021, DOGE naik 9.884%. Pada Mei 2021, Dogecoin naik ke level tertinggi sepanjang masa (ATH) di $0,74 yang setara dengan Rp11.071 (kurs $1 = Rp 14.900).

Bagaimana Potensi Dogecoin untuk Investasi Jangka Panjang?

Kira-kira bagaimana potensi Dogecoin untuk investasi jangka panjang? Miliarder Mark Cuban dan pemilik Dallas Cowboys ini membagikan pandangannya terhadap Dogecoin. Dalam interviewnya dengan CNBC, Cuban mengatakan bahwa, “Dogecoin adalah media yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Komunitas DOGE adalah yang terkuat dalam hal menggunakannya sebagai alat tukar.”

Tidak hanya itu, Cuban juga pernah menyampaikan kepada Ellen DeGeneres di EllenShow bahwa, “Ethereum adalah versi digital dari sebuah mata uang. Dan kemudian Anda mendapatkan Dogecoin, yang mana sangat menyenangkan. Tetapi bagian yang aneh tentang hal itu [adalah] ia berubah dari lelucon cryptocurrency menjadi sesuatu yang menjadi mata uang digital.”

Proyek Terbaru Dogecoin

  • Film ‘Dogumentary’ dari Komunitas Dogecoin

Komunitas NFT yang berorientasi pada Doge, Own the Doge, telah bermitra dengan kolektif seni dan budaya Web3, PleasrDAO, yang membeli hak atas gambar meme Doge senilai $4 juta Ethereum pada tahun 2021 untuk membuat film “Dogumentary”.

Film ini masih dalam tahap produksi dan disutradarai oleh Jon Lynn. Tak hanya itu, film ini juga didanai oleh PleasrDAO dan anggota komunitas Own the Doge. Meskipun proyek ini memiliki ceruk pasar khusus, yaitu para penggemar Doge, para pendukungnya berharap untuk memposisikan film ini agar dapat menembus penonton massal.

  • Dogecoin Foundation Alokasikan 5 Juta DOGE Untuk Pengembangan Platform

Pada 31 Desember 2022, Dogecoin Foundation menyatakan bahwa mereka telah mengalokasikan 5 juta Dogecoin (DOGE) atau sekitar $360.000 yang mana setara dengan Rp5,6 miliar (kurs $1 = Rp15.560) per artikel ini diterbitkan, ke pendanaan baru untuk mendukung pengembangan platform Dogecoin.

Menurut Dogecoin Foundation, dana tersebut akan disimpan dalam dompet multisignature baru yang dikelola oleh para anggotanya dan membutuhkan tiga dari lima tanda tangan dari developer inti Dogecoin, yakni Chromatic, Marshall Hayner, Michi Lumin, Patrick Lodder dan Ross Nicoll.

Baca Juga: Cara Investasi Dollar Bagi Pemula, Gak Sulit?

Ripple (XRP)

prospek ripple
Sumber: Peakpx

Pada tahun 2012, David Schwartz, Jed McCaleb, dan Arthur Britto meluncurkan XRP Ledger dengan mata uang asli XRP sebagai alternatif yang lebih cepat dan lebih hemat energi untuk blockchain Bitcoin. Pada bulan September tahun itu, bersama dengan Chris Larsen, mereka mendirikan perusahaan yang sekarang dikenal sebagai Ripple.

Ripple adalah jaringan transfer uang yang dirancang untuk melayani kebutuhan industri jasa keuangan. Sedangkan, XRP adalah cryptocurrency asli di jaringan Ripple, dan secara konsisten berada di antara 10 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Berapa dan Kapan Harga Terendah XRP?

Dikutip dari CoinGecko, harga terendah untuk Ripple (XRP) adalah US$0,0027 yang setara dengan Rp40 (kurs $1 = Rp14.900), yang tercatat pada 22 Mei 2014.

Harga XRP Melonjak Fantastis 53.290% di Januari 2017 – Januari 2018

ath ripple
Sumber: Coinmarketcap

Jika dilihat dari grafik diatas, XRP mengalami lonjakan harga yang sangat signifikan dalam jangka 1 tahun yakni dari Januari 2017 – Januari 2018. Menurut Coinmarketcap, XRP telah mengalami lonjakan hingga 53.290% dari harga $0,0063 pada 8 Januari 2017 ke ATH nya di angka $3,3636 pada 8 Januari 2018.

Bagaimana Potensi Ripple untuk Investasi Jangka Panjang?

proyek terbaru ripple
Sumber: Akun Twitter Captain Faibik

Crypto trading expert yang bernama Captai Faibik, yang dikenal karena analisisnya yang mendalam, dengan percaya diri berbagi di Twitter pada 5 Juni 2023, bahwa ‘XRP train’ telah dengan tegas meninggalkan stasiun, mengisyaratkan kenaikan yang akan segera terjadi menuju tonggak sejarah yang signifikan yaitu $1 atau Rp14.900.

Dilansir dari Finbold, yang juga menarik minggu lalu, analis crypto DonAlt merasa bahwa XRP diposisikan untuk kenaikan harga yang substansial, ia mencatat, “XRP adalah ‘permainan cerdas’ yang dapat berlipat ganda menjadi $1.”

Proyek Terbaru Ripple (XRP)

  • Kolaborasi Ripple dan Bank Sentral Kolombia

Pada 15 Juni 2023, melalui cuitan akun Twitternya, Ripple dan Bank Sentral Kolombia telah memulai kemitraan strategis untuk menjelajahi potensi teknologi blockchain dalam konteks sistem pembayaran berharga tinggi.

Menurut Coingape mereka akan menggunakan platform CBDC Ripple untuk melakukan berbagai kasus penggunaan yang dapat meningkatkan sistem pembayaran berharga tinggi Kolombia. Tidak hanya itu, proyek percontohan ini akan berlangsung selama tahun 2023.

  • Kolaborasi Ripple dan Univeristas Toronto, Kanada

Ripple (XRP) baru-baru ini umumkan kemitraannya dengan Universitas Toronto, universitas terbesar di Kanada, untuk meluncurkan validator independen untuk Ledger XRP. Pengumuman ini merupakan bagian dari Inisiatif Penelitian Blockchain Universitas (UBRI) Ripple di Kanada, yang telah berinvestasi lebih dari $2 juta (Rp29 miliar) di universitas dan perguruan tinggi terkemuka di negara tersebut selama lima tahun terakhir.

Melalui UBRI, Ripple memberikan sumber daya finansial, keahlian teknis, dan akses ke jaringan profesional industri mereka. Tim Ripple akan membantu universitas dalam mengeksplorasi dan memajukan topik yang terkait dengan teknologi blockchain.

Baca Juga: Pengertian Investasi: Tujuan, dan Strategi Investasi Terlengkap

Stellar Lumens (XLM)

prospek stellar lumens xlm
Sumber: InvestorPlace

Menurut Abra, Stellar adalah buku besar terdistribusi berbasis blockchain yang dirancang untuk menghubungkan orang-orang dan institusi keuangan di seluruh dunia. Tujuan Stellar adalah untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan menciptakan sistem pembayaran global yang dapat diakses, murah, dan mudah digunakan.

Stellar adalah nama jaringan yang dibangun oleh Stellar Development Foundation. Mata uang jaringan ini disebut Stellar Lumens, atau hanya Lumens. Simbol untuk lumens Stellar adalah XLM.

Stellar Lumens (XLM) adalah token yang dirilis sebagai aset asli oleh Stellar Development Foundation, sebuah organisasi non-profit yang diluncurkan oleh salah satu pendiri Ripple, Jed McCaleb, pada tahun 2014.

Berapa dan Kapan Harga Terendah XLM?

Dilansir dari CoinGecko, Harga terendah untuk Stellar Lumens (XLM) adalah $0,00047612 atau setara dengan Rp7,12 (kurs $1 = Rp14.900), yang mana terjadi pada 8 tahun yang lalu, 5 Maret 2015.

Kenaikan Harga XLM di Tahun 2018 dan 2021

ath stellar lumens
Sumber: Coinmarketcap

Jika dilihat dari grafik diatas, Stellar Lumens (XLM) mengalami lonjakan harga pertamanya pada 6 Januari 2018 hingga berhasil menyentuh $0,6631. Menurut Coinmarketcap, XLM telah mencapai lonjakan harga hingga 25.000% dalam 1 tahun dari 6 Januari 2017 untuk mencapai angka tersebut. Tidak berlangsung lama, harga XLM pun kembali turun dan datar untuk beberapa waktu, hingga akhirnya mengalami lonjakan untuk kedua kalinya dan membuat ATH baru.

lonjakan harga stellar lumens
Sumber: Coinmarketcap

Lonjakan kedua XLM terjadi pada 12 Mei 2021 hingga mencapai ATH baru di angka $0,733. Pasalnya, XLM mengalami kenaikan hingga 1.117% hanya dalam 1 tahun dari tanggal 12 Mei 2020.

Bagaimana Potensi XLM untuk Investasi Jangka Panjang?

Menurut Danna James, technical writer dan jurnalis di Tech News Leader, membagikan bahwa Stellar Lumens (XLM) berpotensi mencapai $0,11 atau Rp1.649 (kurs $1 = Rp14.900) di akhir tahun 2023, $0,16 atau Rp2.398 (kurs $1 = Rp14.900) di tahun 2024, dan $0,23 atau Rp3.448 (kurs $1 = Rp14.900) di tahun 2025. James juga membagikan prediksi terhadap harga XLM hingga tahun 2030 di laman Tech News Leader.

Proyek Terbaru Stellar Lumens (XLM)

  • Kolaborasi Stellar Lumens dan Fonbnk

Platform desentralisasi peer-to-peer, Stellar, melakukan inisiatif baru dan ambisius untuk menghadirkan solusi, terutama di wilayah yang kurang terjangkau. Untuk itu, pada November 2022, Stellar mengumumkan kemitraannya dengan perusahaan fintech Fonbnk.

Dengan memanfaatkan jaringan akun ponsel yang sudah ada, Fonbnk berencana untuk menyediakan akses keuangan di negara-negara yang masih menggunakan uang tunai. Bahkan pada tahun 2022, hampir 350 juta orang di Afrika tidak memiliki akses ke rekening bank. Selain itu, hanya 20% keluarga yang memiliki rekening bank formal.

Dari penelitian mereka, Fonbnk menemukan bahwa 64% orang Afrika sub-Sahara memiliki setidaknya satu smartphone pada tahun 2021. Sebagian besar pengguna smartphone ini menggunakan kartu SIM prabayar dan akan membeli data sesuai kebutuhan mereka.

Dibandingkan dengan bentuk uang seluler lainnya, pulsa lebih mudah diakses di Afrika dan dianggap sebagai “mata uang de facto” yang dapat digunakan sebagai barter untuk mendapatkan barang dan jasa lainnya.

Baca Juga: Masa Depan Terjamin: 6 Jenis Investasi Jangka Panjang

Cardano (ADA)

prospek cardano
Sumber: Pxfuel

Cardano adalah blockchain PoS terdesentralisasi yang didirikan oleh Charles Hoskinson pada tahun 2015 dan diluncurkan pada tahun 2017. Menurut Investopedia, Cardano bertujuan untuk menjadi platform pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApp) dengan buku besar multi-aset dan smart-contract yang dapat diverifikasi.

Berapa dan Kapan Harga Terendah ADA?

Dilansir dari CoinGecko, harga terendah untuk Cardano (ADA) adalah $0,0193 atau Rp289 (kurs $1 = Rp14.900), yang tercatat pada dari 3 tahun yang lalu, yakni 13 Maret 2020.

Kenaikan Harga ADA di Tahun 2020 – 2021

ath cardano
Sumber: Coinmarketcap

Jika dilihat dari grafik diatas, Cardano (ADA) sempat mengalami lonjakan harga yang fantastis mencapai ATH atau harga tertingginya di angka $2,92 atau Rp43.794 (kurs $1 = Rp14.900) pada 24 Agustus 2021. Pasalnya, untuk mencapai harga tertinggi tersebut, ADA telah mengalami lonjakan harga sebesar 2.300% hanya dalam 1 tahun, yakni sejak 24 Agustus 2020 di angka $0,12 atau Rp1.799 (kurs $ = Rp14.800)

Bagaimana Potensi ADA untuk Investasi Jangka Panjang?

potensi jangka panjang cardano
Sumber: Akun Twitter Beastlorion

Meskipun menghadapi kritik dari beberapa pihak, ADA telah muncul sebagai salah satu koin dengan kapitalisasi terkuat. Nilainya telah melonjak, dan beberapa orang memperkirakan bahwa ADA akan segera kembali ke angka $1, salah satunya adlaah Beastlorion.

Menurut Finbold, Cardano mungkin berada di ambang perubahan yang signifikan, dengan sinyal bullish yang menunjukkan akhir dari pasar bearish token. Menurut pakar perdagangan pseudonim Trend Rider, sinyal yang sama mengkonfirmasi pergeseran Bitcoin (BTC) saat berada di $22.000, yang menunjukkan potensi kenaikan nilai ADA.

Proyek Terbaru Cardano (ADA)

  • Developer ADA Luncurkan ‘Lace Wallet’

Dilansir dari U Today (12/4/23), Input Output Hong Kong (IOHK), perusahaan induk dari protokol blockchain Cardano (ADA), telah meluncurkan Lace Wallet, sebuah platform dompet ringan pertamanya. Versi pertama dari dompet baru yang dijuluki Lace 1.0 ini telah ditayangkan di mainnet untuk menandai era baru self-custody, yang didukung oleh komunitas Cardano sendiri.

  • Cardano Luncurkan Proyek Catalyst

Cardano (ADA) telah mengumumkan peluncuran kembali Proyek Catalyst, inisiatif yang berfokus pada komunitas dan merupakan salah satu inovasi terbaru dari Cardano. Dilansir dari Bitcoinist, Proyek Catalyst dari Cardano (ADA), dana inovasi terdesentralisasi dari ekosistem Cardano, telah mengumumkan peluncuran Fund 10, mengalokasikan sejumlah besar token ADA senilai 50 juta untuk mendukung pengembangan dan pertumbuhan jaringan Cardano.

Baca Juga: 5 Metode Penilaian Investasi dan Contohnya, Investor Wajib Tau!

VeChain (VET)

prospek vechain
Sumber: Cryptopolitan

VeChain adalah sebuah proyek yang mengelola blockchain VeChainThor yang diluncurkan pada bulan Juni 2018. Jaringan ini berfokus pada manajemen rantai pasokan berbasis blockchain dan kompatibel dengan kebutuhan perusahaan lainnya.

VeChain memiliki dua token: VeChain Token (VET) dan VeThorToken (VTHO). VTHO didistribusikan dalam bentuk block reward, memiliki persediaan yang tidak terbatas, dan digunakan untuk membayar biaya transaksi. Namun, VET memiliki pasokan tetap sebesar 86 miliar.

Berapa dan Kapan Harga Terendah VET?

Menurut CoinGecko, harga terendah untuk VeChain (VET) adalah $0,00192 atau Rp28,79 (kurs $1 = Rp14.900), yang mana tercatat pada 13 Maret 2020.

Lonjakan Harga VET Hingga 6.254% Pada April 2020 – April 2021

ath vechain
Sumber: Coinmarketcap

Menurut grafik Coinmarketcap, VeChain (VET) sempat mengalami lonjakan harga yang fantastis hingga menyentuh harga tertingginya di angka $0,2351 atau Rp3.524 (kurs $1 = Rp14.900) pada 17 April 2021. Sebelum mencapai ATH tersebut, VET mengalami lonjakan harga hingga 6.254% hanya dalam 1 tahun yakni dari 17 April 2020 di harga $0,0037 yang setara dengan Rp55,47 (kurs $1 = Rp14.900).

Bagaimana Potensi VET untuk Investasi Jangka Panjang?

Salah satu akun Youtube Crypto Yard membagikan prediksi harga VeChain (VET) untuk tahun 2025. Dalam video tersebut, Crypto Yard menyampaikan bahwa prediksi harga VET telah mengutip faktor-faktor seperti kemitraan Vechain dengan BMW dan Walmart China.

Dipercaya bahwa kemitraan ritel yang kuat dari jaringan ini akan mengamankan masa depan VeChain dalam jangka panjang, Crypto Yard memprediksi bahwa Vechain akan mencapai $8,33 atau Rp124.952 (kurs 41 = Rp14.900) di akhir tahun 2025. Tidak hanya itu, Gov Capital juga memprediksi bahwa VET bisa mencapai sekitar $0,39 atau Rp5.850 (kurs $1 = Rp14.900) di akhir tahun 2025.

Proyek Terbaru VeChain (VET)

  • Kolaborasi VeChain dengan BCWGlobal

Pada Mei 2023, VeChain resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan BCWGlobal, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dengan nilai perusahaan mencapai lebih dari satu miliar dolar. Kemitraan ini diumumkan melalui akun Twitter resmi VeChain. Adapun kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan ekspansi global VeChain dan mendorong adanya upaya keberlanjutan.

  • VeChain Menyelenggarakan Acara The HiVe untuk Dukung Web3

Pada 4 Maret 2023, VeChain menyelenggarakan acara the Hive untuk dukung Web3. HiVe adalah event offline yang berfokus pada Web3 yang dianggap sebagai kelanjutan dari acara VeChain summit yang berlangsung pada tahun 2019. The HiVe diluncurkan dengan visi untuk mengembangkan kolaborasi seluruh komunitas Web3 dan juga untuk meningkatkan perkembangan yang berkelanjutan. Acara ini juga akan menyampaikan berbagai berita tentang beberapa perkembangan menarik dari VeChain.

Investasi dalam cryptocurrency adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan pengetahuan, penelitian, dan pemahaman mendalam. 5 aset crypto murah yang telah kita bahas menawarkan potensi pertumbuhan jangka panjang, tetapi juga membawa risiko yang perlu dipertimbangkan.

Dalam melakukan investasi, sangat penting untuk memiliki platform yang andal dan mudah diakses. Platform seperti Pintu, misalnya, bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda. Pintu menawarkan berbagai layanan, termasuk akses ke beragam aset crypto, fitur keamanan yang kuat, dan cocok untuk investor pemula. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai perjalanan investasi crypto kamu sekarang dan raih peluang-peluang yang menarik bersama Pintu!

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->