Apa itu Binary Option, Cara Kerja dan Hukumnya di Indonesia?

Updated
October 13, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Binary Option, Cara Kerja dan Hukumnya di Indonesia?
Reading Time: 4 minutes

Binary option adalah salah satu opsi trading yang cukup terkenal di kalangan para trader berpengalaman. Apa itu binary option, keuntungan, dan bagaimana cara kerjanya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pengertian Binary Option

gambar binary option
(freepik.com)

Menurut Investopedia, Binary option adalah salah satu produk keuangan di mana pihak yang terlibat dalam transaksi diberi kesempatan untuk memilih satu dari dua kemungkinan hasil ketika produk tersebut mengalami kadaluarsa. Istilah “biner” sendiri terinspirasi dari struktur biner nol dan satu dengan pilihan (option) trading berupa keputusan Call atau Put.

Ketika produk Binary Option memasuki tanggal kadaluarsa, trader bisa memperoleh keuntungan jika “tebakannya” benar dan kehilangan modal apabila salah.

Binary option telah dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu, namun baru populer pada tahun 2008-an. Seiring dengan perkembangan teknologi, binary option semakin banyak digunakan oleh para trader di penjuru dunia.

Keuntungan Trading Binary Option

Mengapa trader tertarik melakukan strategi binary option? Berikut beberapa keuntungan trading binary option menurut Gisar Ari Turrokhman.

Cara Trading yang Sederhana

Pada dasarnya, prinsip utama trading binary option adalah dengan menentukan apakah harga akan naik atau turun. Profit akan diperoleh ketika “tebakan” trader tepat.

Potensi Return Cepat

Pilihan kadaluarsa trading binary option bervariasi mulai dari 1 menit, 15 menit hingga 1 jam, sehingga jika trader mengambil pilihan yang tepat, maka trader bisa memperoleh keuntungan dalam waktu singkat. Namun lagi-lagi, pastinya ada risiko yang harus ditanggung apabila trader salah menentukan pilihan.

Fixed Return

Jika trader mengambil pilihan yang tepat, maka trader bisa memperoleh nilai return yang pasti tanpa terpengaruh pergerakan harga pasar, dan nilainya bisa diketahui sebelum trader membuka posisi.

Diversifikasi Risiko

Trading Binary Option bisa dilakukan di berbagai instrumen investasi, mulai dari forex, pasar saham hingga komoditas. Oleh karena itu, trader bisa mengkombinasikan investasi high risk high return dan low risk low return untuk memperoleh keuntungan terbaik.

Baca juga: Taktik Diversifikasi Investasi Ala Pemenang Nobel, Sudah Tau?

Cara Memulai Trading Binary Option

ilustrasi trading binary

Dilansir dari buku “Panduan Trading Binary Option”, berikut cara kerja binary option untuk kamu para pemula yang hendak melakukannya.

Buat Akun

Membuat akun trading pada platform broker yang menyediakan fasilitas binary option.

Pilih Aset

Memilih aset yang diinginkan, bisa berupa mata uang, saham, atau emas.

Pilih Jumlah Transaksi

Memilih jumlah transaksi, biasanya jumlahnya tidak boleh kurang dari $1.

Tentukan Arah Harga

Menentukan arah harga. Kamu bisa memilih apakah nilai aset akan beranjak naik atau turun.

Mendapatkan Profit

Mendapatkan keuntungan. Kamu akan mendapatkan keuntungan jika prediksimu saat tanggal kadaluarsa benar.

Strategi Binary Option

Banyak trader yang masuk ke trading binary option secara terburu-buru tanpa persiapan yang matang. Turrokhman (2019) mengungkapkan beberapa strategi trading binary option yang bisa dilakukan oleh para trader.

Memperdalam Pengetahuan Binary Option

Sebelum masuk ke trading binary, pastikan kamu telah memahami secara mendalam mengenai produk ini mulai dari keuntungan, kerugian, risiko hingga jenis analisis trading yang bisa digunakan

Pertimbangan Sebelum Memilih Durasi Kadaluarsa

Perusahaan trading binary option biasanya menyediakan durasi mulai dari 60 detik. Tentunya hal ini memang menggiurkan untuk trader jangka pendek, namun justru banyak yang mengalami kerugian karena trading dilakukan hanya berdasarkan emosi dan spekulasi saja.

Pilih Broker yang Tepat

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah kredibilitas broker, keamanan dana, dan ketersediaan akun demo gratis yang bisa digunakan untuk menguji sistem kerja broker secara nyata. Kamu bisa memeriksa review perusahaan binary option di sosial media atau di YouTube untuk menentukan kredibilitas broker tersebut.

Hukum Binary Option di Indonesia

Binary option adalah salah satu produk keuangan yang menarik minat banyak trader. Lalu, bagaimana kira-kira hukum binary option di Indonesia?

Dilansir dari Kontan.co.id, legalitas binary option di Indonesia pernah dibahas oleh M Syist selaku Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti. Ia mengungkapkan bahwa meskipun banyak pihak yang telah melakukan praktik binary option, namun Bappebti tidak memberikan izin pada praktik aplikasi binary option.

Menurutnya, opsi ini belum mendapat persetujuan dari Bappebti karena bisa menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Dengan begitu, apabila terdapat masalah atau perselisihan antara nasabah dan penyedia binary option, Bappebti tidak bertanggungjawab dan tidak bisa memfasilitasi proses mediasi antar kedua pihak tersebut.

Nah, dari artikel diatas bisa dilihat bahwa binary option adalah salah satu produk keuangan yang menarik namun belum diizinkan di Indonesia karena potensi kerugian yang bisa menimpa masyarakat.

Untuk kamu yang tertarik di bidang investasi dan trading, crypto bisa jadi pilihan yang cukup menarik, nih! Per 8 Oktober 2021 lalu, harga bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar telah menginjak angka Rp765 juta, naik hingga 378% dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi bitcoin maupun aset crypto lainnya, download Pintu sekarang. Selain telah terdaftar resmi di Bappebti, kamu bisa memperdagangkan berbagai aset di Pintu mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Baca juga: Apa itu Crypto?

Referensi:

Kontan, Bappebti Pastikan Transaksi Binary Option Di Indonesia Ilegal. Diakses tanggal: 5-10-21.

Lucas Downey, Binary Option. Diakses tanggal: 5-10-2021.

Turrokhman GA, Panduan Trading Option dari A sampai Z. Diakses tanggal: 5-10-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.