Pintu Blog
/
Investasi 101
/
Pengertian EPS (Earning per Share), Lengkap dengan Rumusnya!...

Pengertian EPS (Earning per Share), Lengkap dengan Rumusnya!

August 23, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Pengertian EPS (Earning per Share), Lengkap dengan Rumusnya!
Reading Time: 3 minutes

Bagi para investor pemula, biasanya kamu akan menemui berbagai istilah-istilah baru yang terasa asing di telinga kamu. Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai pengertian PBV yang sangat bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan investasi saham. Selain PBV, dikenal pula istilah EPS. Apa itu EPS? Bagaimana rumus EPS, cara menghitungnya hingga apa fungsinya bagi investor? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu EPS?

apa itu earning per share adalah

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui terlebih dulu apa itu kepanjangan EPS. Pada dasarnya, EPS merupakan singkatan dari Earning per Share. EPS adalah rasio laba per saham yang digunakan untuk menilai kinerja sebuah saham.

Rasio EPS adalah variabel untuk mengukur keberhasilan manajemen dalam memperoleh keuntungan bagi para pemilik perusahaan atau investor.

Adapun beberapa pengertian EPS menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  1. Fahmi (2012)
    • Earning per Share adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberikan kepada para pemegang saham dari setiap lembar saham yang mereka miliki.
  2. Brigham dan Houston (2006)
    • EPS merupakan pendapatan bersih yang tersedia dibagi jumlah lembar saham yang beredar.

Rumus EPS dan Cara Menghitungnya

rumus EPS adalah

Setelah memahami apa itu EPS, kamu juga harus mengetahui bagaimana rumus EPS. Nilai EPS bisa didapatkan dengan melakukan pembagian antara total laba dengan total jumlah saham. Secara matematis, Rumus EPS adalah sebagai berikut.

EPS = Total laba : total jumlah saham

Contoh Cara Menghitung EPS

Terdapat perusahaan yang menghasilkan laba sebesar Rp5.000.000.000 dengan jumlah saham yang beredar sebanyak 10.000.000 lembar saham. Berdasarkan rumus sebelumnya, berapakah nilai EPS dari perusahaan tersebut?

EPS = Total laba : total jumlah saham

EPS = Rp5.000.000.000 : 10.000.000

EPS = Rp500

Nilai EPS yang didapat adalah Rp500, sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap lembar saham dari perusahaan tersebut menghasilkan laba sebesar Rp500. Semakin tinggi nilai EPS, maka perusahaan tersebut mendapatkan penilaian yang semakin tinggi dalam menghasilkan laba atau keuntungan.

Sebaliknya, terdapat beberapa kasus di mana EPS dari suatu perusahaan bernilai negatif, seperti yang bisa dilihat pada contoh di atas. Dalam data fundamental saham FREN di atas, EPS perusahaan bernilai (18) atau yang berarti -18. Dalam hal ini, perusahaan sedang mengalami kerugian yang cukup parah dan kurang dianjurkan untuk dibeli sahamnya.

Apa Fungsi EPS bagi Investor?

Jika ada yang bertanya kepada kamu mengenai apa itu EPS atau apa itu Earning per Share, maka kamu bisa memberikan penjelasan yang lebih mudah dengan menjelaskan apa fungsi EPS bagi investor. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Untuk mengukur porsi dari laba perusahaan yang bisa dialokasikan ke setiap lembar saham yang beredar.
  • Untuk menilai PER (Price to Earning Ratio) atau rasio harga laba perusahaan agar bisa dibandingkan dengan perusahaan sejenis di industri yang sama.
  • Membantu dalam pengambilan keputusan tentang apakah akan berinvestasi di perusahaan tersebut atau lebih baik tidak.
  • Untuk menilai apakah kinerja perusahaan bisa memuaskan para investor. Indikator penilaiannya adalah nilai EPS tidak boleh negatif dan semakin tinggi akan semakin baik.

Itulah pembahasan terkait apa itu EPS mulai dari pengertian, rumus hingga cara memanfaatkan metrik tersebut dalam investasi.

Untuk kamu yang ingin melakukan diversifikasi investasi selain saham, aset crypto mungkin bisa jadi pilihan yang cukup menarik. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor aset crypto sendiri telah mencapai 6,5 juta orang, lebih tinggi dibandingkan investor pasar modal yang hanya berjumlah 5,6 juta orang.

Selain itu, harga bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar pun selalu mengalami pertumbuhan yang positif dengan peningkatan nilai mencapai 270% per 19 Agustus 2021 apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi atau trading aset crypto, download aplikasi Pintu sekarang! Belajar crypto secara gratis juga bisa kamu lakukan di Pintu Akademi, lho!

Referensi:

Aulia TZ, Alamsyah S, Nurhayati E, et al. 2021. Konsep dan Implementasi Akuntansi Comprehensive. Cirebon: Penerbit Insania.

Salim J. 2010. Cara Gampang Bermain Saham. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Susanti, Nora. 2015. Pengaruh Earning per Share, Return on Equity, dan Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham dalam Jakarta Islamic Index yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Thesis: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Tambunan AP. 2007. Harga Wajar Saham. Jakarta: PT Elex Media.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.