Apa itu Laba Komprehensif dan Contohnya?

Updated
January 26, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Laba Komprehensif dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Di dalam perusahaan, dikenal istilah laba. Pada dasarnya, laba terbagi menjadi dua jenis, yaitu laba periode dan laba komprehensif. Apa itu laba komprehensif? Simak pengertian dan contoh laba komprehensif selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Ini Rumus Menghitung Laba Bersih dan Kotor, Wajib Tau!

Apa itu Laba Komprehensif?

Comprehensive income atau laba komprehensif adalah perubahan yang terjadi dalam ekuitas entitas selama satu periode yang diakibatkan oleh transaksi serta peristiwa atau keadaan lainnya yang bukan bersumber dari pemilik.

Laba komprehensif ini meliputi semua perubahan dalam ekuitas di suatu periode, namun tidak termasuk perubahan yang disebabkan oleh distribusi kepada pemilik serta investasi pemilik.

Berdasarkan pengertian laba komprehensif di atas, maka bisa disimpulkan bahwa laba komprehensif ini menggambarkan seluruh ukuran perubahan kekayaan bersih di suatu perusahaan sepanjang periode.

Laba komprehensif terdiri dari laba bersih serta laba komprehensif lainnya. Artinya, selain laba bersih, laba komprehensif juga meliputi pos-pos yang muncul akibat perubahan pada kondisi pasar yang tidak berhubungan dengan operasi bisnis perusahaan.

Pos-pos tersebut akan dilaporkan sebagai bagian dari laba komprehensif lainnya karena mempunyai dampak terhadap nilai aset serta kewajiban yang dilaporkan di dalam neraca. Menyesuaikan prinsip akuntansi yang ada, maka pos-pos tersebut perlu disajikan secara terpisah dengan laba bersih.

Selain itu, laba komprehensif lainnya bisa timbul akibat:

  • Adanya penyesuaian atas pengukuran ulang mata uang asing.
  • Terdapat keuntungan maupun kerugian yang belum direalisasi atas sekuritas yang tersedia guna dijual.
  • Terdapat keuntungan maupun kerugian yang ditangguhkan atas keuangan derivatif.

Contoh Laba Komprehensif

Secara umum, terdapat 3 cara penyajian laba komprehensif pada laporan laba rugi. Contoh laba komprehensif tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Laba komprehensif disajikan bersamaan dengan saldo laba bersih pada laporan laba rugi. Namun, penyajiannya dilakukan setelah saldo laba bersih disajikan.
apa itu laba komprehensif

Sumber: Buku Analisis Kinerja Manajemen

  • Laba komprehensif disajikan terpisah dalam laporan laba komprehensif.
rumus laba komprehensif

Sumber: Buku Analisis Kinerja Manajemen

  • Laba komprehensif disajikan dalam laporan ekuitas pemegang saham.
cara menghitung laba komprehensif

Sumber: Buku Analisis Kinerja Manajemen

Perbedaan Laba Bersih dan Laba Komprehensif

Pertanyaannya, apa perbedaan laba bersih dan laba komprehensif?

Pada dasarnya, laba bersih diartikan sebagai semua pendapatan yang dimiliki perusahaan dikurangi jumlah semua pengeluaran pada periode tersebut. Apabila pendapatan melebihi biaya, itulah yang disebut dengan laba bersih.

Sedangkan, laba komprehensif adalah gabungan dari laba bersih dengan laba komprehensif lainnya. Maksud dari laba komprehensif lainnya, yaitu perubahan ekuitas yang diakibatkan oleh aktivitas atau transaksi non-pemilik.

Dalam hal ini, laba bersih termasuk ke dalam laba komprehensif. Namun, laba komprehensif tidak hanya terdiri dari laba bersih saja.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu laba komprehensif dan contohnya. Laba komprehensif adalah komponen yang sangat penting pada laporan laba rugi perusahaan di setiap periodenya dan sangat penting untuk kamu ketahui. Sekarang kamu sudah cukup memahami tentang laba komprehensif dan perbedaannya dengan laba bersih, bukan?

Pintu, Aplikasi Investasi Bitcoin dan Crypto

Halo, kami adalah Pintu, aplikasi investasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Belakangan ini, investasi crypto memang ramai diminati oleh masyarakat Indonesia. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia telah mencapai 6,5 juta orang.

Bagi kamu yang tertarik memulai investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Di Pintu, kamu bisa melakukan jual beli crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Alan Li, Net Income vs Comprehensive Income. Diakses tanggal: 18-1-22.

Hery, Analisis Kinerja Manajemen. Diakses tanggal: 18-1-22.

Willy Kenton, Comprehensive Income. Diakses tanggal: 18-1-22.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->