Apa Itu Faucet Crypto? Simak Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Updated
September 10, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Faucet Crypto? Simak Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya
Reading Time: 3 minutes

Faucet crypto adalah salah satu cara memperoleh aset crypto secara gratis. Tapi benarkah metode ini cukup terpercaya untuk dilakukan? Apa saja keuntungan dan kekurangan dari faucet crypto? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Apa Itu Faucet Crypto?

apa itu faucet crypto

Faucet crypto adalah aplikasi atau situs website yang membagikan sejumlah kecil cryptocurrency secara gratis. Imbalan tersebut diberikan kepada pengguna yang berhasil menyelesaikan tugas seperti menonton iklan dan video produk, menyelesaikan kuis dan captcha, mendaftar sebuah layanan, atau bahkan bermain game

Besarnya imbalan yang diberikan tergantung pada kompleksitas tugas yang diberikan. Nantinya, imbalan cryptocurrency akan tersimpan dalam dompet mikro online pengguna di situs tersebut dan pengguna dapat melakukan penarikan cryptocurrency jika jumlahnya telah mencapai ambang batas minimum yang ditetapkan.

Faucet crypto adalah salah satu metode pengenalan aset crypto yang cukup populer beberapa tahun lalu. Ketika segala hal mengenai crypto masih tergolong baru, beberapa pihak membagikan cryptocurrency gratis dengan tujuan agar semakin banyak orang yang meluangkan waktu untuk belajar mengenai aset digital crypto dan berinvestasi di dalamnya.

Baca juga: Cara Lain Dapatkan Crypto Gratis: Airdrop Crypto

Cara Kerja Faucet Crypto

Mekanisme faucet crypto didasarkan pada penyelesaian tugas yang diberikan oleh pihak situs atau website. Pertama-tama, pengguna biasanya diminta untuk mendaftar di faucet crypto terpercaya dengan mengisi identitas diri dan alamat dompet crypto pengguna. Setelah akun aktif, pengguna dapat memilih tugas yang ingin diselesaikan. 

Setelah berhasil menyelesaikan tugas di website, imbalan akan masuk ke dompet mikro online pengguna secara otomatis. Jika jumlah yang terkumpul sudah melebihi batas minimum, imbalan bisa ditransfer ke dompet crypto pengguna.

Keberadaan dompet mikro online yang disertakan dalam akun faucet difungsikan sebagai wadah untuk mengakumulasi imbalan cryptocurrency sebelum ditransfer ke dompet crypto utama milik pengguna. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat biaya transaksi.

Jenis-Jenis Faucet Crypto

faucet bitcoin

Faucet Bitcoin

Faucet bitcoin adalah faucet koin pertama yang diperkenalkan oleh Gavin Andresen pada tahun 2010. Faucet BTC diperkenalkan ke publik ketika kesadaran masyarakat akan keberadaan crypto masih sangat rendah dan transaksi crypto masih jarang dilakukan. Ketika itu, website tersebut membagi-bagikan hingga 19.700 BTC kepada pengguna yang berhasil menyelesaikan captcha. Apabila dikonversi ke rupiah di masa sekarang, nilainya bisa mencapai 12 triliun rupiah. 

Faucet Ethereum

Pada dasarnya, faucet Ethereum memiliki cara kerja yang sama dengan bitcoin faucet. Bedanya, pengguna memperoleh imbalan berupa token ETH. Beberapa tugas yang diberikan adalah menyelesaikan captcha, menambang data, menonton iklan hingga bermain game

Dilansir dari E-Crypto News, Faucet ETH dinilai cukup menarik karena dalam kebanyakan program, pengguna bisa memperoleh 0,000002 ETH tiap sepuluh detik. Pengguna yang menyelesaikan tugas dengan baik dan memanfaatkan referensi juga memiliki kesempatan untuk mendapat tambahan 20% dari jumlah tersebut. Namun untuk mendapatkan sejumlah ETH, prosesnya cukup rumit dan memakan waktu yang  lama, setidaknya 3 jam. Pengguna juga harus menonaktifkan opsi pemblokiran iklan untuk dapat menonton sejumlah iklan dan pop up yang muncul di website.

Faucet Altcoin Lainnya

Selain Bitcoin dan Ether, faucet altcoin lain yang memberi imbalan berupa token dan cryptocurrency adalah: Tether, BNB, ChainLink, dan banyak lagi. 

Apakah Faucet Crypto Terpercaya?

Meskipun cukup menarik untuk dilakukan, nyatanya hanya ada sebagian situs faucet crypto terpercaya. Beberapa analis dan ahli memperingatkan pengguna untuk berhati-hati dengan situs faucet crypto palsu dan situs yang memberikan bayaran tidak sepadan (imbalan terlalu sedikit dibandingkan beban kerja yang dilakukan).

Situs yang aman biasanya telah dipercaya banyak pengguna. Secara proses, faucet crypto dinilai cukup aman dan terjamin karena pengguna tidak perlu menyerahkan private key milik mereka.

Untuk kamu yang ingin memperoleh aset crypto seperti BTC dan ETH secara lebih mudah, download aplikasi Pintu sekarang! Jual beli crypto bisa kamu lakukan mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi: 

John Wanguba, What is Ethereum Faucet? Diakses tanggal: 08-09-21. 

Sam Bourgi, Reddit Reminisces Defunct ‘Bitcoin faucet’ Website That Gave Away 19,700 BTC for Free. Diakses tanggal: 08-09-21.

Steve Walters, Cryptocurrency Faucet: Complete Beginners Guide. Diakses tanggal: 08-09-21.

Werner Vermaak, What Is a Crypto Faucet? Diakses tanggal: 08-09-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+