Apa itu Sinyal Trading Crypto dan Bagaimana Cara Membacanya?

Updated
January 16, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Sinyal Trading Crypto dan Bagaimana Cara Membacanya?
Reading Time: 4 minutes

Kamu yang bergabung di komunitas crypto dan aktif di media sosial mungkin tidak asing lagi dengan istilah “Sinyal Trading” yang kerap kali muncul di forum diskusi crypto. Apa itu sinyal trading crypto? Bagaimana cara membaca sinyal trading crypto dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 5 Cara Trading Crypto Harian Menurut Para Ahli

Apa itu Sinyal Trading Crypto?

apa itu sinyal trading crypto
(tradingstrategyguides.com)

Pada dasarnya, sinyal trading crypto adalah berupa saran atau instruksi yang berisi sejumlah informasi mengenai trading, seperti kapan harus membeli atau menjual crypto tertentu, mata uang crypto  apa yang harus dibeli seseorang, berapa target keuntungan dari penjualan, dan level harga yang ditetapkan untuk titik stop loss.

Dilansir dari laman My Cryptopedia, Patrick mengungkapkan bahwa sinyal trading crypto merupakan gagasan perdagangan yang tercipta melalui serangkaian analisis dan pemikiran. Sinyal trading manual biasanya diberikan oleh trader profesional, sedangkan sinyal perdagangan otomatis biasanya dibuat dengan algoritma perdagangan atau bot.

Tim Crypto Trading Strategies memaparkan bahwa sinyal trading crypto biasanya didasarkan pada berbagai faktor seperti analisis teknis, kondisi pasar, hingga berita dan rumor terbaru di ruang crypto. Provider sinyal trading crypto atau trader profesional biasanya memberikan informasi mengenai sinyal perdagangan yang berpotensi menghasilkan pengembalian besar kepada investor.

Cara Kerja Sinyal Trading Crypto

Beberapa sinyal gratis biasanya dibagikan oleh trader berpengalaman melalui akun media sosial mereka. Sementara itu, ada pula beberapa penyedia layanan yang memberikan sinyal crypto berbayar.

Patrick dari My Cryptopedia menyebutkan bahwa untuk sinyal crypto berbayar, pengiriman sinyal trading biasanya dilakukan melalui email, aplikasi di smartphone, atau melalui sarana komunikasi lainnya. Sinyal tersebut kemudian digunakan oleh trader sebagai acuan untuk melakukan trading crypto.

Bagaimana Cara Membaca Sinyal Trading Crypto?

Pada umumnya, terdapat beberapa informasi yang dibagikan melalui sinyal trading crypto, yaitu:

Buy/Sell

Tim Crypto Trading Strategies mengungkapkan bahwa provider sinyal crypto biasanya memberikan instruksi kepada trader mengenai waktu yang tepat untuk menjual atau membeli crypto.

Aset Crypto yang Harus Dibeli

Dilansir dari Crypto Trading Strategies, sinyal trading crypto biasanya juga bisa memberikan informasi mengenai aset crypto jenis apa yang perlu dibeli atau dijual oleh trader pada waktu tertentu untuk bisa memperoleh keuntungan.

Harga Crypto Terbaik

Beberapa provider sinyal crypto bahkan memberikan informasi mengenai range harga beli terbaik, target peningkatan harga aset crypto, hingga grafik analisisnya.

Take Profit / Stop Loss

Take profit dan stop loss dalam sinyal trading berfungsi untuk memanajemen potensi keuntungan dan risiko kerugian. Tim Investopedia mengungkapkan bahwa stop loss biasanya ditentukan dengan metode moving average. Beberapa teori juga menyebutkan bahwa stop loss bisa ditetapkan 6% di bawah harga pembelian aset.

Menurut tim CryptoPR News, take profit (T/P) merupakan saat yang tepat bagi trader untuk keluar dari posisi trading ketika target keuntungan telah terpenuhi. James Chen mengungkapkan bahwa trader bisa menempatkan T/P sesuai prediksi pergerakan harga aset dengan menggunakan analisis pola grafik, level support dan resistance.

Informasi Lain

Selain itu, sinyal trading juga memuat informasi tambahan seperti analisis teknis dan grafik perdagangan crypto. Beberapa provider juga mengirimkan analisis lengkap dibalik saran trading yang diberikan.

Jenis Sinyal Trading Crypto

jenis sinyal trading crypto
(twitter.com)

Dilansir dari laman Retail Insider, sinyal trading crypto dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah:

Berdasarkan Biayanya

Sinyal Trading Crypto Gratis

Provider menyediakan informasi sinyal trading crypto secara free atau gratis. Namun, biasanya trader diharuskan untuk memiliki akun trading di platform, agen, atau broker milik mereka.

Seperti namanya, trader diminta untuk membayar biaya berlangganan kepada penyedia layanan untuk mendapatkan sejumlah informasi seputar sinyal trading crypto. Jenis sinyal ini biasanya dianggap lebih terpercaya dibandingkan sinyal crypto gratis. Biasanya, provider juga memberikan sinyal trading yang lengkap dan menyertakan analisis untuk setiap saran yang diberikan.

Berdasarkan Teknologinya

Manual

Sinyal trading manual sangat bergantung pada kecerdasan manusia karena dibuat oleh pakar perdagangan crypto atau analis pasar individu berpengalaman. Tim Analytics Insight menyebutkan bahwa jenis sinyal trading ini sebagai sinyal yang paling sederhana dan mudah dijumpai di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Telegram.

Automated

Seperti namanya, sinyal trading crypto ini berfungsi secara otomatis dan biasanya dirancang dengan menggunakan algoritma atau bot perdagangan. Bot akan memantau harga cryptocurrency, mengevaluasi pergerakan pasar, dan memberikan informasi yang akurat mengenai trading. Kelebihan automated trading signal adalah tidak terpengaruh oleh kondisi emosional.

Demikian informasi mengenai apa itu sinyal trading crypto dan jenis-jenisnya. Bagaimanapun, sinyal trading hanyalah saran atau informasi, pastikan kamu mengecek baik-baik track record dari pemberi sinyal, lakukan analisis mandiri serta gunakan uang dingin sebelum berinvestasi ya!

Pintu, Aplikasi Investasi dan Trading Crypto

Buat kamu yang ingin mulai berinvestasi dan trading crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Di Pintu, jual beli crypto bisa kamu lakukan secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Analytics Insight. What are Crypto Trading Signal? Diakses tanggal: 27-12-21.

Investopedia. Take Profit Order. Diakses tanggal: 27-12-21.

My Cryptopedia. Crypto Trading Signals an Ultimate Beginners Guide. Diakses tanggal: 27-12-21.

News Crypto PR, Best Crypto Signals Services. Diakses tanggal: 27-12-21.

Retail Insider, Understanding Crypto Trading Signals. Diakses tanggal: 27-12-21.

Trading Strategy Guides, Crypo Trading Signals. Diakses tanggal: 27-12-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->