Apa itu STO Crypto?

Updated
March 16, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu STO Crypto?
Reading Time: 3 minutes

Salah satu produk umum yang ada di dunia kripto maupun blockchain adalah Security Token Offering (STO). Untuk memahami lebih jelas tentang apa itu Security Token Offering (STO), simak uraian lengkapnya berikut ini.

Apa itu STO Crypto?

security token offering crypto

Security Token Offering adalah jenis penawaran token secara publik dan diamankan secara digital dengan sistem yang disebut security token (token pengaman).

Kebanyakan token yang dijual di pasaran saat ini adalah berupa utility token yang digunakan untuk menunjang ekosistem dari perusahaan blockchain yang mengeluarkannya. Masing-masing memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda-beda.

Namun, STO tidak sama dengan token-token tersebut. STO dijual di pasar security token karena tergolong sebagai token sekuritas.

Pada umumnya, investor utility token dapat dikatakan tidak memiliki hak langsung terhadap proyek blockchain. Koin yang dibeli hanya bisa digunakan untuk mengakses layanan di ekosistemnya saja. Dengan kata lain, penambahan nilainya sejalan dengan berkembangnya ekosistem perusahaan blockchain yang mengeluarkan tersebut.

Hal tersebut coba diperbaiki dengan adanya STO. Jika dibanding jenis pendahulunya, STO crypto adalah jenis token yang dinilai lebih aman sebagai token alternatif investasi.

Salah satunya adalah karena token STO biasanya bisa menjamin investor untuk memiliki sejumlah saham atau bagian kepemilikan dari proyek perusahaan blockchain tersebut.

Selain itu, STO menawarkan efisiensi dan penghematan biaya yang lebih baik dibandingkan jenis token lainnya.

Penggunaan STO crypto kini telah sangat meluas. Menurut data CNBC, pada akhir 2019, STO telah digunakan dalam berbagai skenario termasuk perdagangan saham perusahaan yang terdaftar di Nasdaq, pra-IPO World Chess hingga platform penyiaran resmi FIDE.

Baca juga: Apa itu ICO Crypto?

Kelebihan dan Manfaat STO Crypto

manfaat sto crypto

Konsep inti Security Token Offering (STO) memang sama dengan ICO. Namun, terdapat beberapa kelebihan dan manfaat STO yang tidak dimiliki konsep ICO. Berikut beberapa di antaranya:

  • STO sering dianggap sebagai sekuritas yang sebenarnya, seperti emas, obligasi atau saham, dan bersifat terikat dengan perusahaan yang nyata. Tidak seperti ICO yang seluruhnya digital dan diklasifikasikan sebagai utilitas, jenis token STO memiliki bentuk fisik di dunia nyata.
  • Dalam hal hukum, STO, ICO, dan operasi terkait aset crypto lainnya berada di bawah payung legislatif yang sama. Namun, secara umum, STO ditempatkan di bawah undang-undang sekuritas (seperti IPO tradisional), dan ICO di bawah utilitas, dengan diferensiasi yang dibuat berdasarkan situasi per kasus. Hal inilah yang membuat banyak investor merasa STO lebih aman sebagai alternatif investasi.
  • Proses transaksi STO tidak berbeda dengan pembelian token lainnya. Jadi kamu tetap dapat mengaksesnya secara mudah.
  • Semua transaksi STO direkam dalam blockchain. Hal ini meminimalisir adanya kesalahan pencatatan investasi.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu STO crypto, beberapa manfaat serta kelebihannya. Cukup mudah dipahami, bukan?

Tertarik untuk berinvestasi dan trading crypto, namun tidak tahu harus mulai dari mana? Pintu-lah jawabannya!

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti dan menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan aktivitas investasi dan trading kamu, yaitu:

  • Pintu Akademi, pusat cara belajar crypto terlengkap meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa nabung crypto secara mudah dengan bunga tinggi capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!

Referensi:

Cryptonews. What Is A Security Token Offering (STO)? Diakses pada 22 Februari 2022

Hedera. What is a security token offering (STO)? Diakses pada 19 Februari 2022

Medium. What is an STO? Diakses pada 22 Februari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->