Apa Itu IDO Crypto?

Updated
November 5, 2021
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Apa Itu IDO Crypto?
Reading Time: 2 minutes

Ketika aset crypto baru diluncurkan, akan banyak muncul istilah-istilah seperti ICO, IEO hingga IDO. Setelah sebelumnya membahas tentang apa itu ICO dalam crypto, artikel kali ini akan membahas lengkap tentang apa itu IDO crypto serta perbedaannya dengan ICO crypto. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu IDO Crypto?

apa itu ido crypto

Initial DEX Offering atau IDO adalah metode crowdfunding dengan meluncurkan token melalui exchange terdesentralisasi. Sesuai namanya, IDO tidak hanya terbatas pada aset crypto, namun juga bisa berupa album musik, dan lain sebagainya.

Tahap-Tahap IDO Crypto

Tim cryptopedia dari Gemini melaporkan bahwa IDO terdiri dari beberapa tahap berikut.

Persetujuan Terdesentralisasi

Proyek harus memenuhi kriteria platform exchange bersangkutan untuk bisa mengantongi izin IDO.

Penjualan Publik

Pengguna sudah bisa membeli token, namun token baru akan diperoleh setelah Token Generation Event (TGE), yang mana biasanya akan diadakan beberapa saat setelah IDO.

Listing Token

Setelah TGE, token akan melewati proses pencatatan dan pendaftaran agar dapat diperdagangkan di DEX.

Insentif Likuiditas

Selanjutnya, beberapa proyek umumnya akan memberikan imbalan token gratis kepada pengguna yang membantu menyediakan likuiditas pada platform mereka.

Fungsi IDO Crypto

IDO crypto adalah metode crowdfunding yang banyak dipilih karena relatif aman dan cepat. Namun tidak seperti penawaran pada umumnya, investor IDO tidak memiliki ekuitas di awal peluncuran proyek.

Bagi pemilik proyek, IDO crypto bisa membantu mereka untuk mengumpulkan modal dan dana. Sementara investor bisa memperoleh sejumlah insentif dan keuntungan dari proses staking aset bersangkutan, yang besarnya tergantung dari tiap platform.

Kelebihan IDO Crypto

IDO adalah penawaran yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan ICO atau IEO.  Beberapa keunggulan dari IDO diantaranya adalah sebagai berikut.

Proses Cepat

Berbeda dengan IEO dan ICO yang memiliki masa tunggu lama, IDO bisa langsung menyediakan akses trading dan likuiditas kepada pengguna.

User Experience yang Baik

IDO bisa membantu menyederhanakan pengalaman pengguna dengan menggabungkan berbagai jenis dompet dan platform trading di dalam satu interface.

Potensi Monopoli Keuntungan Kecil

IDO crypto adalah metode crowdfunding yang relatif lebih adil dibandingkan ICO atau IEO. IDO menghindari mekanisme premining, di mana tahap ini biasanya akan berpotensi menguntungkan pendiri proyek daripada anggota komunitas.

Contoh IDO Crypto

contoh ido crypto

Salah satu proyek yang berhasil diluncurkan dari IDO crypto adalah SushiSwap. SushiSwap merupakan exchange crypto terdesentralisasi yang dibangun pada blockchain Ethereum. September lalu, dikabarkan bahwa pengguna SushiSwap memindahkan lebih dari $1,14 miliar aset yang dikunci di UniSwap ke platform SushiSwap.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Blockchain?

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu IDO Crypto. Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli aset crypto seperti SushiSwap, UniSwap dan aset lainnya, download Pintu sekarang, aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di BAPPEBTI. Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Auto Trading Strategies, What is Initial DEX Offering (IDO)? Diakses tanggal: 8-10-2021.

Coinmarketcap, Initial Dex Offering. Diakses tanggal: 8-10-2021.

Gemini, IEOs and IDOs: An Evolution in Crypto Fundraising. Diakses tanggal: 8-10-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+