Apa itu Augmented Reality dan Contoh Aplikasinya?

Updated
March 7, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Augmented Reality dan Contoh Aplikasinya?
Reading Time: 3 minutes

Augmented reality (AR) sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Teknologi ini hadir di genggaman kita karena banyaknya aplikasi smartphone yang memanfaatkan AR. Tapi sebenarnya, apa itu augmented reality dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Augmented Reality?

perkembangan terbaru augmented reality
(Sumber: financesonline.com)

Augmented Reality adalah penyempurnaan dunia nyata melalui peningkatan dan interaksi yang dicapai melalui elemen visual, digital, suara, dan rangsangan sensorik lainnya menggunakan teknologi holografik. AR menggabung tiga fitur sekaligus, yaitu kombinasi dunia digital dan fisik, interaksi yang dilakukan secara real-time, dan identifikasi 3D yang akurat dari objek nyata dan virtual.

AR menawarkan cara baru untuk mendesain, mengkurasi, dan menyampaikan instruksi dengan memasukkan lapisan konten digital di lingkungan dunia yang nyata.

Baca juga: Beda Lagi, Apa itu Virtual Reality?

Pemanfaatan dan Contoh Augmented Reality

Penerapan augmented reality sudah dilakukan di berbagai bidang mulai dari gaming hingga kesehatan. Yuk, simak beberapa contohnya!

AR dalam Media sosial

Jika kamu sering menggunakan filter saat membuat sebuah postingan di media sosial, maka kamu adalah pengguna AR sejati. Filter di media sosial seperti Instagram menggunakan AR yang digabungkan dengan sentuhan Artificial Intelligence sebagai logika.

AR dalam Game

Bisa dibilang salah satu faktor yang membuat naiknya popularitas teknologi augmented reality adalah game Pokemon GO! yang sempat booming beberapa tahun lalu. Ini adalah contoh penerapan AR dalam sebuah game yang menggabungkan antara dunia virtual dengan dunia nyata.

AR dalam Kesehatan

Dalam dunia medis atau kesehatan, pemanfaatan augmented reality adalah untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada pasien. Misalnya, seperti di Klinik Cleveland, Case Western Reserve University di mana mahasiswa kedokteran menggunakan headset AR untuk mempelajari anatomi.

Pemanfaatan AR dalam bidang pendidikan kedokteran bisa kamu simak selengkapnya dalam berita “Keren, Perusahaan Ini Kasih Kesempatan Siswa Untuk Belajar Anatomi di Metaverse!

AR dalam Seni

Tahukah kamu jika film seperti Star Wars juga memanfaatkan teknologi AR dalam pembuatannya? Pemanfaatan augmented reality dalam dunia seni siaran dapat meningkatkan kualitas hasil visual yang memanjakan mata para penikmatnya. Begitu pula dengan film Avatar, di mana AR digunakan untuk menciptakan mahkluk alien yang kompleks namun tetap terlihat realistis.

Cara Kerja Augmented Reality

cara kerja augmented reality
(Sumber: resco.net)

Pengguna AR bisa menikmati pengalaman yang cukup cepat dan tanpa hambatan, namun di balik itu, cara kerja AR ternyata melalui proses yang panjang.

Augmented reality membutuhkan perangkat yang dilengkapi dengan kamera seperti smartphone, tablet, dan smart glasses atau kacamata pintar. Ketika pengguna mengarahkan perangkat dan menangkap suatu objek, perangkat lunak akan mengenalinya dengan teknologi penglihatan komputer.

Selanjutnya, perangkat akan mengunduh informasi tentang objek tersebut dari data cloud dengan mekanisme yang mirip saat browser memuat halaman melalui URL. Perbedaannya tentu saja output AR berbentuk 3D, bukan 2D yang muncul di layar. Sehingga, apa yang dilihat oleh pengguna merupakan sesuatu yang “digital” alias tidak nyata.

Cara Membuat Augmented Reality

Membuat augmented reality bisa dilakukan secara sederhana dan langsung diterapkan di kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan memproduksi konten media sosial dengan memanfaatkan AR. Kini, sudah banyak juga aplikasi editing video yang dibekali dengan teknologi augmented reality sehingga konten yang dihasilkan terlihat lebih dinamis dan menarik.

Tapi jika kamu ingin membuat augmented reality yang sesungguhnya, kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi.

Baca juga: Kenali Speech Recognition dalam Dunia AI

Contoh Aplikasi Augmented Reality

Pembuatan augmented reality bisa dipelajari juga lho! Kamu hanya perlu memahami dan mengetahui apa saja aplikasi yang digunakan untuk membuat augmented reality. Berikut beberapa di antaranya:

  • ARize
  • Arloopa
  • Assemblr
  • EyeJack Creator
  • Halo AR
  • WebAR

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Augmented Reality dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat! Penggunaan AR pun kini sudah semakin jauh, bahkan memasuki dunia crypto. Crypto sendiri menjadi salah satu aset yang kini tengah diminati masyarakat luas, termasuk investor ternama dunia seperti Elon Musk. Kamu bisa belajar crypto secara mudah di Pintu Academy dan menemukan berita *crypto* terbaru di Pintu News. Download Pintu sekarang!

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->