Beli Mobil Pakai Bitcoin? Tesla Berencana Terima Pembayaran dengan Bitcoin

Updated
March 5, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Beli Mobil Pakai Bitcoin? Tesla Berencana Terima Pembayaran dengan Bitcoin
Reading Time: 3 minutes

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang terutama  pada tahun 2021 ini. Mata uang digital ini pertama kali diperkenalkan pada 2009 yang difungsikan sebagai alat tukar yang tidak dikontrol oleh bank. Sekarang beli mobil pakai Bitcoin dan berbagai produk lain pun kini semakin memungkinkan.

Baca Juga: Spotify akan Menambahkan Metode Pembayaran Crypto?


Selain sebagai alat beli banyak juga yang memanfaatkan Bitcoin sebagai aset investasi. The Economist menyebut, nilainya yang terus naik adalah alasan banyak orang untuk membeli Bitcoin.

Tesla Berencana Terima Pembayaran dengan Bitcoin

Popularitas Bitcoin makin menanjak sejak Elon Musk, pemilik Tesla Inc, memborong mata uang digital ini sebesar 1,5 miliar dolar AS atau Rp21 triliun. Sang miliarder juga menyampaikan bahwa orang-orang kini dapat membeli mobil pakai Bitcoin. Dengan harga 1 Bitcoin yang setara Rp693 juta (harga 05/03/2021), hanya dibutuhkan 0,88 keping Bitcoin untuk membeli Tesla Model 3 level pemula.

Keputusan Elon Musk untuk memindahkan sebagian aset Tesla ke Bitcoin cukup menghebohkan. Awalnya, ia terlihat berinteraksi di Twitter dengan Michael Saylor, seorang miliarder dan CEO Microstrategy, terkait transaksi Bitcoin. Pada Januari 2021, Musk bahkan menyematkan tagar #bitcoin di bio Twitternya. Ia juga menyatakan dukungan pada Bitcoin di aplikasi Clubhouse yang sedang tren.

Perusahaan yang Menerima Bitcoin sebagai Pembayaran

Overstock

Selain bisa membeli mobil pakai Bitcoin, kamu dapat membeli furnitur dan berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan metode pembayaran Bitcoin. Transaksi dengan Bitcoin salah satunya bisa dilakukan melalui Overstock, salah satu retail online internasional. CEO Overstock.com, Patrick Byrne adalah pendukung Bitcoin sebagai alat tukar.

Home Depot

Bukan hanya di Overstock, pembayaran menggunakan Bitcoin juga bisa dilakukan saat berbelanja di Home Depot. Retail yang menyediakan berbagai material konstruksi ini menggunakan sistem checkout Flexa di toko mereka. Kerjasama antara Gemini dan Flexa makin memudahkan proses pembayaran. Ini berarti, siapa pun kini bisa membangun rumah jika memiliki aset Bitcoin.

Starbucks

Starbucks juga merupakan salah satu perusahaan internasional yang menunjukkan keterlibatannya dengan Bitcoin. Meskipun demikian, kamu tidak bisa membeli kopi langsung di toko dengan menggunakan mata uang digital ini. Untuk bertransaksi, Starbucks bermitra dengan aplikasi Bakkt, aplikasi baru untuk pembelian cryptocurrency.

Whole Foods

Berbelanja di Whole Foods kini bisa dilakukan dengan Bitcoin. Namun, pembeli harus mengunduh aplikasi bernama Spedn terlebih dahulu. Bukan hanya Bitcoin, pengguna aplikasi tersebut juga bisa membeli bahan makanan di Whole Foods menggunakan mata uang crypto lain.

Paypal & Mastercard

Selain itu, Paypal telah mengizinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran dalam tiap transaksi. Langkah ini diikuti Mastercard yang ingin mengakomodasi para pelanggan maupun merchant pengguna mata uang crypto. Keputusan Mastercard merupakan sejarah penting dalam penggunaan Bitcoin karena platform tersebut memiliki pasar yang besar.

Jadi, bukan hanya beli mobil pakai Bitcoin yang bisa dimungkinkan pada zaman sekarang. Berbagai perusahaan ternama dengan produk-produk terkenal juga tertarik untuk menggunakan mata uang digital dalam transaksinya.

Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Masa Depan

Bitcoin dinilai memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi alat pembayaran pada masa depan. Para pengusaha dunia telah memulainya dengan langkah menyediakan metode pembayaran Bitcoin di platform mereka. Keputusan Elon Musk pada awal 2021 ini pun menjadi pemicu bagi yang lain untuk melihat peluang mata uang crypto sebagai alat pembayaran global.

Akan tetapi, salah satu yang perlu diperhatikan dari kepemilikan Bitcoin adalah nilainya yang sangat fluktuatif. Dalam waktu yang sangat singkat, nilai Bitcoin bisa lebih tinggi atau justru lebih rendah. Jika bisa membaca situasi, Bitcoin dapat dimanfaatkan sebagai aset investasi yang berpotensi menguntungkan.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Bitcoin

Teman Pintu, dengan proyeksi kegunaan Bitcoin pada masa depan, tak salah jika kamu mulai berinvestasi. Namun, jangan lupa untuk mengenali terlebih dahulu risikonya agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Unduh aplikasi Pintu di ponsel kamu untuk memulai investasi Bitcoin atau aset crypto lainnya. Download sekarang juga di sini!

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->