Apa Itu NFT Marketplace dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Updated
February 15, 2024
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu NFT Marketplace dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Reading Time: 3 minutes

NFT marketplace adalah platform khusus yang menjual berbagai aset digital NFT. Apa itu NFT marketplace dan bagaimana cara kerjanya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu NFT Marketplace?

NFT marketplace adalah platform yang digunakan sebagai tempat NFT ditampilkan dan diperjualbelikan. Singkatnya, NFT marketplace adalah pasar atau situs NFT yang bekerja layaknya Amazon atau eBay untuk menjual maupun membeli berbagai barang, namun berfokus pada produk NFT.

NFT marketplace memungkinkan kolektor digital untuk melakukan jual beli dan membuat token NFT mereka sendiri untuk merepresentasikan kepemilikan atas aset atau item unik, baik yang berwujud (fisik) atau tidak berwujud (digital).

Baca juga: Daftar 20 NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Harganya Miliaran!

Perkembangan NFT Marketplace

Sejak terjadinya “DeFi Summer” di tahun 2020, atau periode saat Total Value Locked (TVL) yang tersimpan di smart contract DeFi meningkat tajam dari ratusan juta dolar AS ke lebih dari 20 miliar dolar AS, NFT menjadi salah satu crypto paling berpengaruh. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya investor, pegiat crypto hingga selebritas dunia yang terlibat dalam perdagangan aset NFT. Dilansir dari Coinmarketcap, pasar NFT berhasil mencatat rekor penjualan sebesar $2,5 miliar sepanjang tahun 2021.

Simak video ini untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari NFT.

Contoh 4 Platform NFT Marketplace

Secara umum, terdapat dua tipe platform NFT, yaitu universal dan khusus. Marketplace khusus biasanya menjual aset tertentu seperti item game, koleksi kartu digital, dan real estate virtual. Sedangkan marketplace universal menyediakan aset yang lebih beragam.

Berikut beberapa marketplace universal paling populer yang berorientasi pada karya seni digital, antara lain:

OpenSea

opensea nft marketplace terbaik
(opensea.io)

Merupakan pasar NFT universal pertama dan paling populer dengan basis blockchain Ethereum. Kamu dapat menemukan beragam NFT yang merepresentasikan kepemilikan atas karya seni, item virtual hingga koleksi kartu.

Di OpenSea, pengguna dapat membuat koleksi dan mengunggah karya mereka hingga membantu menjual karya mereka.

Baca juga: Tiga Penyebab Bitcoin Turun

Rarible

rarible nft adalah nft marketplace
(cryptowisser.com)

Merupakan pasar NFT, di mana komunitasnya terdiri dari para pemegang token RARI. Pembeli dapat menemukan banyak koleksi seni dan item lainnya pada segmen Top Collections, Top Sellers, Hot Bids dan Live Auctions.

SuperRare

superrare nft marketplace
(nfthours.com)

SuperRare bekerjasama dengan seniman terkemuka untuk menghasilkan koleksi digital yang diamankan dengan kriptografi dalam blockchain (CryptoArt). Selain menyediakan berbagai seni digital otentik, platform ini juga rutin mengadakan pameran.

Nifty Gateway

marketplace nft Nifty Gateway
(daytrading.com)

Merupakan platform yang menjual Nifty, berbagai jenis item digital. Belakangan, platform ini menjadi kian populer karena menjual karya dari seniman terkenal seperti Steve Aoki, deadmau5 dan Beeple yang memegang rekor penjualan NFT termahal di dunia senilai $69,3 juta untuk karyanya “Everyday’s: The First 5000 Days”.

Baca juga: 10 Fakta Unik di Balik CryptoPunks, NFT yang Tengah Populer di Dunia Crypto

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mengakses NFT Marketplace

Untuk dapat bertransaksi di NFT Marketplace, berikut merupakan beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.

Akun Pengguna

Sebelum melakukan transaksi di marketplace, kamu perlu membuat akun dengan mendaftar di platform. Besarnya biaya pendaftaran bervariasi untuk setiap platform.

Dompet Crypto

Dompet crypto digunakan untuk menyimpan koin yang akan digunakan untuk bertransaksi NFT.  Setiap NFT marketplace memiliki dompet crypto yang kompatibel dengan blockchain-nya masing-masing.

Siapkan Koin

Untuk dapat melakukan aktivitas seperti pendaftaran akun hingga transaksi NFT, pengguna harus mengisi dompet mereka dengan koin crypto. Cryptocurrency yang diisikan ke dalam dompet harus didukung oleh NFT marketplace yang akan digunakan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu NFT marketplace dan cara kerjanya. Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi dan jual beli aset crypto, download aplikasi Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Anatol Antonovici, NFT Marketplaces: A Beginner’s Guide. Diakses tanggal 20-09-2021.

Todd Haselton, How to Make, Buy and Sell NFTs. Diakses tanggal 20-09-2021.

Forbes, NFT Marketplace CEO Explains Why The Industry Is Moving Beyond Ideological Purists. Diakses tanggal 20-09-2021.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->