Apa Itu Blue Ocean Strategy dan Contohnya?

Updated
January 4, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Blue Ocean Strategy dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Istilah Blue Ocean Strategy berawal dari sebuah buku yang diterbitkan tahun 2005. Buku karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne ini berisi mengenai teori pemasaran. Mereka menekankan bahwa langkah strategis ini mampu menciptakan lompatan nilai yang besar bagi perusahaan. Ingin tahu lebih dalam tentang apa itu Blue Ocean Strategy? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Blue Ocean Strategy?

cara melakukan blue ocean strategy

Blue Ocean Strategy merupakan strategi untuk membuka pangsa pasar baru yang belum ada persaingan. Secara harafiah, blue ocean berarti lautan biru yang tenang, dalam dan luas.

Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy adalah strategi membuat produk baru atau mengubah produk lama sedemikian rupa yang tujuannya untuk membuka ruang bagi pasar baru dan menciptakan permintaan baru. Strategi ini meliputi menciptakan pasar baru yang tidak ada pesaingnya, sehingga kompetisi di pasar menjadi tidak relevan.

Yang dimaksud Blue Oceans adalah semua industri yang tidak ada saat ini, berupa pasar dan kesempatan yang tidak diketahui, jadi belum ada persaingan di sana. Di Blue Oceans, permintaan pasar ada karena dibuat, bukan diperebutkan. Jadi masih banyak peluang untuk pasar bertumbuh, sehingga bisa menguntungkan dan pertumbuhannya pun cepat.

Di Blue Oceans, kompetisi bisa dibilang tidak relevan karena aturan kompetisi pasar belum dibuat. Kenapa disebut Blue Ocean? Karena ini merupakan analogi dari kondisi pasar yang lebih luas dengan potensi lebih dalam untuk ditemukan dan dieksplorasi. Blue Oceans luas, dalam dan sangat kuat jika dilihat dari segi perkembangan keuntungannya.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Keuntungan dari Crypto, Mau Coba?

Dasar Blue Ocean Strategy

Menurut kedua penulis buku Blue Ocean Strategy, strategi pemasaran ini dibuat berdasarkan pada anggapan bahwa batasan pasar dan struktur industri itu tidak pasti, jadi kita bisa menciptakan kesempatan tersebut sendiri. Perusahaan bisa merekonstruksi pemasaran berdasarkan tindakan dan keyakinan dari para pelaku industri.

Cara Membuat Blue Ocean Strategy

Framework strategi Blue Ocean sendiri terdiri dari 4, yaitu:

  • Eliminate: perusahaan menghapus unsur yang tidak bernilai, utamanya produk yang tidak diminati pasar.
  • Reduce: mengurangi unsur yang kurang ada nilainya, meski masih dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Raise: meningkatkan produk andalan yang diminati di pasar dan semakin mengembangkannya supaya bisa bersaing dengan baik di pasar.
  • Create: menciptakan sesuatu yang baru, atau berinovasi. Utamanya produk yang sebenarnya diinginkan pasar tapi belum terlalu dilirik oleh produsen lainnya.

Baca juga: Berkebalikan, Apa itu Red Ocean Strategy?

3 Contoh Implementasi Blue Ocean Strategy di Indonesia

contoh blue ocean strategy di indonesia

Beberapa contoh Blue Ocean Strategy yang sudah diimplementasikan di Indonesia antara lain:

  1. BCA: sebagai bank swasta yang sangat inovatif. Banyak produk dan kebijakan perbankan di Indonesia dimulai dari BCA dan akhirnya diikuti oleh bank lain. Contohnya transaksi di luar jam kerja, mesin EDC dan internet banking.
  2. Gojek: yang menghadirkan layanan transportasi online di Indonesia. Sebuah bentuk usaha yang sangat dibutuhkan, utamanya di kota-kota besar, tapi belum dilirik oleh produsen lainnya.
  3. Wardah: merek kosmetik dan perawatan kulit lokal yang menawarkan produk halal. Pasarnya sudah ada di Indonesia, tapi sebelumnya belum ada yang membuat produknya dengan serius.

Blue Ocean Strategy adalah salah satu strategi yang memiliki potensi untung sangat tinggi, asalkan kamu bisa mencari peluang yang tepat dengan riset pasar yang menyeluruh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Selain berbisnis, investasi juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan aset yang kini kamu miliki.

Salah satu jenis investasi yang kini tengah diminati masyarakat adalah crypto. Bagi kamu yang merasa asing tentang crypto, simak selengkapnya tentang apa itu crypto dan cara kerjanya.

Buat kamu yang ingin berinvestasi crypto namun memiliki modal terbatas, tenang saja! Di Pintu, kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja.

Download Pintu sekarang di sini!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->