Permintaan: Pengertian, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi

Updated
November 2, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Permintaan: Pengertian, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi
Reading Time: 3 minutes

Permintaan adalah salah satu aspek penting dalam kegiatan perekonomian sehingga penting untuk memahaminya. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas dengan lengkap mengenai apa itu permintaan. Mulai dari pengertian, hukum, jenis-jenisnya, hingga faktor yang mempengaruhi permintaan.

Pengertian Permintaan

Dalam dunia ekonomi, permintaan adalah sejumlah barang dan/atau jasa yang diinginkan oleh konsumen. Keinginan konsumen ini juga diiringi dengan kemampuan untuk membelinya. Dengan kata lain, permintaan menunjukkan keinginan dan kemampuan beli konsumen terhadap suatu barang atau jasa.

Permintaan adalah salah satu aspek yang penting dalam pergerakan dan pertumbuhan roda ekonomi. Tanpa ada permintaan, maka tidak ada produksi yang bisa dilakukan. Sehingga, tidak ada pasar dan ekonomi tidak bergerak.

Permintaan berkaitan erat dengan penawaran. Penawaran adalah barang dan/atau jasa yang tersedia atau ditawarkan oleh produsen. Permintaan, penawaran, serta harga bertemu di pasar dan inilah yang kemudian membentuk proses jual beli. Proses jual beli terjadi ketika sudah ada harga yang disepakati antara permintaan dan penawaran.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan menunjukkan hubungan antara permintaan dengan harga, bagaimana harga mempengaruhi permintaan. Hubungan antara harga dan permintaan adalah hubungan berbanding terbalik, atau hubungan negatif.

Simulasinya adalah seperti ini: jika harga naik, maka permintaan akan turun. Begitu juga sebaliknya, permintaan akan naik jika harga turun. Hukum permintaan ini berlaku dengan catatan ceteris paribus, yaitu faktor-faktor selain harga dianggap tetap.

Hukum permintaan ini pastinya tidak asing dan sering kamu dapati dalam kehidupan sehari-hari. Ketika ada dua barang yang sama dari merk berbeda, sebut saja A dan B, yang memiliki harga sama; kamu tidak keberatan memilih yang mana saja. Tapi ketika harga barang A naik, kamu pasti akan memilih harga barang B. Permintaan terhadap barang A pun menjadi turun.

Namun beda kasusnya jika kamu sudah sangat suka dengan barang dari merk A dan tidak mau berpindah ke merk lain. Preferensi terhadap suatu barang atau merk menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan, yang akan dijelaskan lebih lengkap pada bagian selanjutnya.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Selain harga, ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi permintaan sebuah barang dan jasa. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dalam ekonomi:

1. Barang substitusi

Faktor pertama yang mempengaruhi permintaan adalah keberadaan barang substitusi atau pengganti. Jika sebuah barang memiliki barang pengganti, maka permintaan terhadap barang itu bisa menurun. Dan sebaliknya, barang yang tidak memiliki substitusi akan memiliki permintaan yang tinggi.

2. Selera konsumen

Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, preferensi atau selera konsumen mempengaruhi permintaan terhadap sebuah barang dan jasa. Meskipun harga sebuah produk naik, orang akan tetap membelinya kalau sudah suka. Semakin banyak orang yang menyukai produk tersebut, maka semakin tinggi pula permintaannya.

3. Tingkat pendapatan

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi permintaan adalah tingkat pendapatan seseorang. Jika tingkat pendapatan seseorang menurun, maka permintaan terhadap suatu barang dan jasa bisa menurun juga. Begitu pula sebaliknya, permintaan bisa naik jika pendapatan seseorang naik.

4. Intensitas kebutuhan

Seberapa butuh dan seringnya seseorang menggunakan suatu barang atau jasa akan berpengaruh pada tingkat permintaan. Kalau barang tersebut adalah barang primer yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, maka permintaannya bisa tinggi. Misalnya seperti beras dan listrik.

5. Jumlah penduduk

Jumlah penduduk menjadi salah satu hal yang turut mempengaruhi permintaan sebuah barang dan jasa. Semakin banyak jumlah penduduk dalam suatu wilayah atau negara, maka permintaan dapat lebih tinggi. Sebaliknya, jika jumlah penduduknya sedikit maka tingkat permintaan juga rendah.

6. Perkiraan harga mendatang

Faktor terakhir yang mempengaruhi permintaan adalah perkiraan harga di masa yang akan datang. Jika harga suatu barang diperkirakan akan naik di masa mendatang, maka permintaan barang itu bisa tinggi di masa sekarang. Ini karena orang-orang memilih untuk membelinya sekarang daripada saat harganya naik nanti.

Jenis-Jenis Permintaan

Setelah mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi permintaan, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis permintaan. Secara umum, permintaan terbagi ke dalam dua jenis yaitu:

Permintaan individu

Sesuai dengan namanya, permintaan individu adalah jumlah permintaan dari individu terhadap suatu barang dan jasa. Permintaan ini muncul untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan individu tersebut.

Permintaan pasar

Permintaan pasar adalah jumlah permintaan barang dan jasa dari seluruh konsumen yang ada di pasar, baik skalanya mikro maupun makro. Skala mikro mencakup permintaan suatu barang dan jasa tertentu saja, atau pada pasar tertentu saja. Sedangkan skala makro mencakup permintaan seluruh barang dan jasa pada suatu populasi.

Populasi yang sering menjadi ukuran melihat permintaan pasar adalah populasi sebuah negara. Permintaan pasar juga dikenal dengan permintaan agregat, yang mana jumlahnya mempengaruhi perhitungan pendapatan sebuah negara.

Demikianlah pembahasan mengenai permintaan dalam ekonomi, mulai dari pengertian sampai jenis-jenisnya. Seperti yang sudah dibahas di awal, permintaan adalah salah satu instrumen penting yang menggerakkan roda perekonomian. Karena itu jumlahnya harus dikelola agar ekonomi dapat terus tumbuh.

Hal lain yang juga turut menggerakkan roda perekonomian adalah proses jual beli, yang mana terus memiliki produk beragam seiring berjalannya waktu. Salah satunya adalah jual beli aset crypto, yang merupakan hasil dari kemajuan teknologi digital.

Jika kamu tertarik untuk berkecimpung dalam jual beli crypto, kamu bisa mencobanya di Pintu. Pintu menyediakan berbagai pilihan aset crypto dengan harga yang selalu update setiap harinya. Selamat mencoba!

Referensi:

The Investopedia Team, Demand. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

The Editors of Encyclopaedia Britannica, Supply and Demand. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

Kimberly Amaded, Demand, Its Explanation, and Its Impact. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->