Wow, Ini 7 Cara Mendapatkan Keuntungan dari Crypto

Updated
February 2, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Wow, Ini 7 Cara Mendapatkan Keuntungan dari Crypto
Reading Time: 4 minutes

Belakangan ini, berita mengenai keuntungan yang didapatkan orang-orang dari NFT , sebut saja koleksi NFT Ghozali yang terjual hingga miliaran rupiah membuat orang-orang mulai tertarik untuk mendalami dunia crypto dan mencari keuntungan darinya. Namun bukan hanya NFT, berikut 7 cara mendapatkan keuntungan dari crypto yang bisa kamu coba mulai!

Baca juga: 20 NFT Termahal di Dunia, Harganya Sampai Miliaran

Investasi

cara mendapat keuntungan dari investasi crypto

Investasi merupakan salah satu cara mendapatkan keuntungan dari crypto yang paling umum dilakukan. Investasi sendiri adalah strategi membeli dan menahan aset dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh return (pengembalian).

Dibandingkan investasi jangka pendek, investasi jangka panjang memiliki potensi pertumbuhan yang lebih baik. Namun sebelum melakukan investasi, kamu perlu melakukan metode penilaian investasi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengidentifikasi tingkat keamanan, aset yang lebih stabil untuk diinvestasikan, serta mengoptimalkan keuntungan yang diperoleh.

Beberapa metode penilaian investasi diantaranya adalah Payback Period (PB), Net Value Present (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Accounting Rate of Return (ARR), dan Profitability Index (PI).

Baca juga: Rekomendasi 5 Investasi Crypto Jangka Panjang Menurut Para Ahli

Trading

Berbeda dengan investasi, trading adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan dari crypto dengan memperdagangkan aset crypto dalam jangka waktu yang singkat. Jika investor menahan aset crypto mereka setelah pembelian, trader memperoleh keuntungan dari melakukan penjualan dan pembelian aset dalam waktu yang singkat dengan mengacu pada analisis pasar dan spekulasi pergerakan harga aset.

Untuk melakukan trading kamu hanya membutuhkan dompet crypto dan platform untuk trading. Akan tetapi, kamu perlu menguasai analisis teknikal dan fundamental terlebih dahulu untuk meminimalisasi kerugian dan mengoptimalkan keuntungan.

Bermain Game

cara medapatkan keuntungan dari game crypto

Gaming adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan dari crypto yang paling seru dan menarik untuk dilakukan. Pasalnya, terdapat berbagai jenis game yang bisa memberikan kamu crypto secara gratis. Tentu saja ada syarat yang kamu harus lakukan mulai dari menyelesaikan misi, memenangkan pertarungan, dan lainnya.

Nantinya, crypto tersebut dapat kamu jual di platform exchange crypto untuk memperoleh sejumlah keuntungan dalam bentuk mata uang fiat maupun aset crypto lainnya yang potensial.

Beberapa game yang bisa kamu coba di antaranya adalah Axle Infinity, Gods Unchained, Alien Worlds, Sandbox, Splinterlands, dan masih banyak lagi.

Content Creator Seputar Crypto

Beberapa orang atau instansi yang telah menggeluti trading dan investasi crypto dalam waktu yang lama biasanya juga aktif sebagai content creator crypto. Mereka biasanya memiliki akun sosial media atau channel yang dimanfaatkan untuk berbagi mengenai opini atau saran seputar crypto.

Pada umumnya, content creator crypto memperoleh keuntungan dari kerjasama iklan atau menjadi seorang Key Opinion Leader (KOL). Bayaran yang mereka terima biasanya berupa uang fiat atau dalam bentuk aset crypto, tergantung dari kesepakatan yang dibuat bersama instansi atau lembaga bersangkutan.

Mining

Jika kamu jago dalam hal komputasi dengan software, kamu bisa mencoba melakukan mining sebagai cara mendapatkan keuntungan dari crypto. Dengan menyelesaikan verifikasi transaksi baru dan menambahkan blok baru ke dalam jaringan blockchain, kamu bisa memperoleh aset crypto sebagai imbalannya.

Tiap aset crypto biasanya akan memberikan imbalan yang berbeda untuk pekerjaan yang berhasil kamu selesaikan, sehingga kamu perlu melakukan riset mendalam sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas ini.

Staking

Staking disebut sebagai cara terbaik untuk memperoleh keuntungan dari aset crypto yang disimpan. Pengguna crypto harus aktif terlibat dalam validasi transaksi dengan melakukan penguncian token atau koin pada protokol tertentu.

Data dari Staking Rewards menunjukkan bahwa staking yang dilakukan di jaringan Ethereum bermodelkan proof-of-stake (PoS) pada Agustus 2021 lalu membuat pemegang token berhasil memperoleh sekitar 0,0075 ETH atau senilai $17,96 per pekan.

Airdrop

Airdrop adalah teknik pemasaran yang dilakukan oleh proyek atau perusahaan tertentu untuk membangun komunitas, mengapresiasi pengguna, dan membangun kesadaran publik. Mereka mendistribusikan aset crypto berupa koin atau token secara gratis kepada pengguna yang memenuhi sejumlah ketentuan yang dipersyaratkan.

Di tahun 2020, DEX pernah melakukan airdrop dengan membagikan 400 unit UNI kepada pengguna yang pernah melakukan transaksi minimal satu kali di platformnya. Pada rentang Juli hingga Agustus 2021 lalu, aplikasi crypto Pintu juga mendistribusikan 1000 MATIC gratis kepada pengguna yang telah memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan.

Bonus: Earn

Untuk kamu yang pernah menggunakan instrumen investasi deposito, Earn memiliki cara kerja yang serupa. Kamu hanya perlu menyimpan sejumlah aset crypto dalam dompet Earn dan kamu bisa memperoleh bunga hingga 4% yang akan dibayarkan tiap jamnya!

Kelebihan Earn dibandingkan staking adalah aset Earn bisa ditarik kapan saja sesuka kamu. Ingin mendapatkan pendapatan pasif dari crypto? Coba gunakan Pintu Earn!

Demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan keuntungan dari crypto yang banyak dilakukan orang-orang. Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi atau transaksi dengan aset crypto, download Pintu, aplikasi cryptocurrency Indonesia yang sudah terdaftar di BAPPEBTI. Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Cointelegraph, 5 easy ways crypto investors can make money without needing to trade. Diakses tanggal: 2-02-2022.

Efinance Management, Investment Appraisal Techniques. Diakses tanggal: 2-02-2022.

European Business Review, 6 Methods to Make Good Money with Bitcoin. Diakses tanggal: 2-02-2022.

Nasdaq, How to Make a Profit in Bitcoin Easily.  Diakses tanggal: 2-02-2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->