Budget Deficit: Definisi, Penyebab dan Dampaknya

Updated
July 27, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Budget Deficit: Definisi, Penyebab dan Dampaknya
Reading Time: 4 minutes

Kamu tentu selama ini sudah sering membuat anggaran untuk diri sendiri. Gagal memenuhi anggaran bisa menjadi  masalah konsekuensial. Mirip dengan kamu, pemerintah juga memiliki anggaran yang harus dapat memenuhi seluruh kebutuhan negara. Akan tetapi, negara juga tidak dapat selalu berhasil mengalokasikan anggaran dengan tepat sehingga mengalami budget deficit.

Budget deficit adalah kondisi yang terjadi ketika pengeluaran melebihi pendapatan. Budget deficit adalah istilah umum yang lebih sering digunakan untuk merujuk pada kinerja keuangan pemerintah daripada perusahaan atau individu.

Budget deficit mempengaruhi utang nasional, jumlah budget deficit tahunan, dan total kumulatif utang negara pada kreditur. Dengan kata lain, budget deficit adalah kondisi yang terjadi ketika pengeluaran pemerintah melebihi pendapatan dari pajak dan sumber lainnya.

Yuk pahami lebih dalam apa itu budget deficit melalui pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Budget Deficit?

Budget deficit adalah kondisi dimana pengeluaran pemerintah melebihi pendapatan yang diperoleh. Hal ini termasuk ketika pemerintah meminjam uang untuk membiayai pengeluaran dihitung dalam satu tahun anggaran. Jika tidak ditangani dengan tepat, defisit ini dapat menyebabkan masalah keuangan jangka panjang.

Dampak budget deficit adalah dapat mengakibatkan tingkat pinjaman yang lebih tinggi, pembayaran bunga yang lebih tinggi, dan investasi yang lebih rendah. Dalam jangka panjang budget deficit dapat menyebabkan menurunnya tingkat pendapatan dan kesejahteraan di masa yang akan datang.

Sebaliknya, surplus anggaran terjadi ketika pendapatan melebihi pengeluaran sehingga kelebihan dana yang dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya. Sedangkan apabila arus masuk sama dengan arus keluar, maka anggaran dianggap seimbang.

Untuk memperbaiki defisit fiskal, pemerintah dapat melakukan pengurangan pengeluaran tertentu atau meningkatkan pendapatan BUMN dan pajak.

Budget deficit sering dijumpai pada beberapa negara industri awal abad ke-20. Budget deficit umumnya terjadi selama masa Perang Dunia I dan II karena pemerintah banyak meminjam dana untuk membiayai perang dan memperbaiki ekonomi pasca perang.

Baca juga: Apa itu Shareholder Loan?

Penyebab Budget Deficit

Tingkat pajak dan pengeluaran pemerintah adalah faktor yang dapat mempengaruhi budget deficit pemerintah. Skenario umum yang menyebabkan Budget deficit adalah:

  • Struktur pajak yang memberlakukan pajak yang lebih berat pada pekerja dengan gaji tinggi dan membebani pekerja dengan gaji rendah.
  • Peningkatan pengeluaran untuk program-program seperti jaminan sosial, layanan kesehatan umum, atau belanja militer.
  • Peningkatan subsidi pemerintah untuk industri tertentu.
  • Pemotongan pajak yang mengurangi pendapatan namun memberikan dana bagi perusahaan untuk meningkatkan lapangan kerja.
  • PDB yang rendah, yang disebabkan oleh total nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan dalam negeri menurun. Hal ini mengakibatkan pendapatan pajak yang rendah.

Budget deficit adalah kondisi yang juga dapat terjadi akibat kejadian yang tidak diantisipasi, seperti peningkatan belanja pertahanan karena terorisme atau bencana alam.

Dampak Budget Deficit

dampak budget deficit

Subjek yang terdampak oleh budget deficit adalah individu, perusahaan, hingga ekonomi secara keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan program-program seperti layanan kesehatan atau jaminan sosial dibatasi. Selain itu perbaikan infrastruktur juga dapat terganggu.

Beberapa dampak budget deficit adalah:

Pajak yang Lebih Tinggi

Budget deficit yang berlanjut dapat mengakibatkan pemerintah harus menaikkan pajak di masa depan untuk melunasi hutang yang terakumulasi. Hal ini karena pajak adalah sumber pendapatan utama pemerintah.

Peningkatan Imbal Hasil Obligasi Pemerintah

Pemerintah akan menawarkan suku bunga yang lebih tinggi kepada investor atau lembaga keuangan lain yang bersedia meminjamkan uang kepada pemerintah. Imbal hasil obligasi yang diterbitkan pemerintah juga menawarkan bunga yang lebih tinggi sehingga dapat menarik minat investor.

Perubahan Kebijakan Fiskal

Budget deficit adalah hal yang dapat digunakan untuk mendukung kebijakan fiskal ekspansif. Salah satunya dengan membuat struktur pajak yang lebih progresif dan memusatkan pengeluaran pemerintah pada investasi yang lebih produktif seperti pembangunan infrastruktur sehingga menarik pengusaha dan pemodal asing yang nantinya akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Teori Budget Deficit

Setidaknya ada dua teori yang dapat membantu kita untuk memahami budget deficit, diantaranya adalah Teori Kesetaraan Ricardian dan Teori Crowding Out. Berikut ini penjelasannya:

Teori Kesetaraan Ricardian

Teori Kesetaraan Ricardian adalah suatu konsep dalam ekonomi makro yang menyatakan bahwa tingkat pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi sekarang akan menyebabkan peningkatan utang publik dan penurunan tabungan swasta yang diharapkan.

Hal ini menyebabkan konsumen akan meningkatkan tabungan mereka untuk membayar utang di masa depan. Dengan kata lain, teori ini menyatakan bahwa pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi saat ini akan diimbangi oleh peningkatan tabungan pribadi untuk mempersiapkan pembayaran pajak di masa depan yang akan diperlukan untuk membayar utang publik tersebut. 

Teori Kesetaraan Ricardian pertama kali diperkenalkan oleh ekonom Inggris abad ke-19 bernama David Ricardo dan kemudian dikembangkan oleh ekonom lain seperti Robert Barro. Namun, teori ini masih menjadi topik kontroversial di antara para ekonom dan tidak selalu dapat diterapkan dalam prakteknya. 

Teori Crowding Out

Teori Crowding Out adalah teori dalam ekonomi yang mengemukakan bahwa peningkatan pengeluaran pemerintah dalam suatu perekonomian akan mengurangi investasi swasta atau konsumsi pribadi karena peningkatan pengeluaran pemerintah akan menaikkan suku bunga dan mengurangi ketersediaan dana yang tersedia bagi sektor swasta. 

Dengan kata lain, ketika pemerintah mengeluarkan lebih banyak uang, ia harus meminjam lebih banyak uang dari pasar keuangan, yang dapat meningkatkan suku bunga. Akibatnya, sektor swasta, termasuk investor dan konsumen, harus bersaing dengan pemerintah untuk mendapatkan dana yang tersedia di pasar keuangan, sehingga dapat mengurangi pengeluaran mereka. 

Dalam teori ini, peningkatan pengeluaran pemerintah dapat menghasilkan efek negatif pada pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Namun, teori ini masih diperdebatkan oleh para ekonom, terutama dalam hal seberapa besar efek negatifnya terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Cost of Equity: Pengertian, Rumus dan Cara Hitung

Cara Mengatasi Budget Deficit

Beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengantisipasi budget deficit adalah dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan fiskal. Umumnya hal ini dilakukan dengan mengurangi pengeluaran pemerintah dan menaikkan pajak. Secara lebih detail cara mengatasi budget deficit adalah sebagai berikut:

Memotong pengeluaran pemerintah

Pemerintah dapat memangkas anggaran dan mengurangi pengeluaran untuk program-program non-esensial untuk mengurangi defisit.

Meningkatkan pendapatan pemerintah

Pemerintah dapat menaikkan pajak atau mengurangi subsidi untuk meningkatkan pendapatan pemerintah dan mengurangi defisit.

Meningkatkan efisiensi pengelolaan anggaran

Pemerintah dapat memperbaiki pengelolaan anggaran dengan cara memotong alur birokrasi dan meningkatkan efisiensi pengelolaan program-program pemerintah.

Kesimpulan

  • Budget deficit adalah terjadi ketika pengeluaran melebihi pendapatan.
  • Peristiwa dan kebijakan tertentu yang tidak diantisipasi dapat menyebabkan budget deficit.
  • Cara mengatasi budget deficit adalah dengan menaikkan pajak dan memotong pengeluaran.

Mau investasi crypto secara mudah mulai dari Rp 11.000 saja? Download aplikasi crypto Pintu dan mulai investasi crypto sekarang!

Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.

Referensi:

Adam Barone, Budget Deficit: Causes, Effects, and Prevention Strategies, Diakses tanggal 30 Maret 2023 

Studysmarter.co.uk, Budget Deficit, Diakses tanggal 30 Maret 2023

Andrew Loo, Budget Deficit, Diakses tanggal 30 Maret 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->