Mudah, Ini Rumus dan Cara Menghitung Bunga Investasi!

Updated
May 20, 2022
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Mudah, Ini Rumus dan Cara Menghitung Bunga Investasi!
Reading Time: 2 minutes

Untuk bisa memaksimalkan portofolio investasi kamu, penting untuk mengetahui jumlah bunga investasi tertinggi yang kamu dapatkan dari tiap aset bersangkutan. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai apa itu bunga investasi dan bagaimana cara menghitung bunga investasi secara tepat. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Bunga dari Aset Crypto?

Apa itu Bunga Investasi?

Bunga investasi adalah penerimaan atau aliran masuk secara berkala pada instrumen keuangan seperti obligasi yang pembayarannya bisa dilakukan bulanan, triwulanan, atau bahkan tahunan.

Jenis-Jenis Bunga Investasi

Nyatanya, tidak semua investasi memberikan bunga. Beberapa lainnya memberikan keuntungan dalam bentuk bagi hasil (dividen), profit (selisih harga beli dan harga jual), dan lainnya.

Setidaknya, terdapat 3 jenis bunga investasi. Pertama adalah jenis bunga dari obligasi seperti surat utang, sertifikat deposito, dan lainnya. Kedua, jenis bunga dari rekening bank seperti rekening tabungan dan giro. Terakhir adalah jenis bunga dari instrumen investasi yang dikeluarkan pemerintah seperti Surat Berharga Negara dan lainnya.

Bagaimana Cara Menghitung Bunga Investasi?

Untuk mengetahui tingkat bunga investasi, maka kamu perlu mengetahui rumus perhitungannya. Rumus bunga investasi adalah sebagai berikut.

Bunga Investasi = P x R x N

Keterangan:

P : jumlah pokok dana (uang) yang dimasukan ke instrumen investasi

R : Tingkat bunga

N:  Periode

Contoh Cara Menghitung Bunga Investasi

contoh cara menghitung bunga investasi

Untuk bisa lebih memahami rumus bunga investasi di atas, simak contoh cara menghitung bunga investasi berikut ini.

Perusahaan A menginvestasikan dana sebesar Rp10.000.000 dalam obligasi The Fed selama 5 tahun. Tingkat bunga yang diterapkan adalah 5%. Maka, berapakah bunga investasi yang didapatkannya?

Dengan menggunakan rumus sebelumnya,

Bunga Investasi = P x R x N

Bunga Investasi = Rp10.000.000 x 5% x 5

Bunga Investasi = Rp2.500.000

Sehingga, bunga investasi yang bisa didapatkan perusahaan A adalah sebesar Rp2.500.000 dan total pendapatan perusahaan A dari aktivitas investasi tersebut adalah sebagai berikut.

= Rp10.000.000 + Rp2.500.000 = Rp12.500.000

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu bunga investasi dan cara menghitung bunga investasi secara mudah.

Berbicara tentang investasi, belakangan ini investasi crypto sedang menarik perhatian minat masyarakat luas, termasuk di Indonesia. Jumlah investor crypto per Desember 2021 pun telah melampaui investor pasar modal dan mencapai 11 juta orang.

Buat kamu yang ingin memulai investasi crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto dengan berbagai fitur istimewa yang bisa memudahkan investor pemula, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, belajar NFT, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Investopedia, What is an Interest Rate? Diakses tanggal 18 Mei 2022.

Wall Street Mojo. Interest on Investment. Diakses tanggal 26 Maret 2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->