10 Crypto Termurah 2023, Ada yang Kurang dari 100 Perak?

Updated
January 26, 2023
• Waktu baca 8 Menit
Gambar 10 Crypto Termurah 2023, Ada yang Kurang dari 100 Perak?
Reading Time: 8 minutes

Sejak awal tahun 2023, crypto menjadi sorotan karena banyaknya proyek yang dijalankan dan adopsi yang dilakukan di berbagai negara dan perusahaan ternama. Secara tidak langsung, hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor perubahan harga yang terjadi pada market crypto.

Dari sekian banyak cryptocurrency yang diperdagangkan di berbagai exchange di Indonesia, tim Pintu Blog telah merangkum 10 crypto termurah 2023 berdasarkan market Pintu. Uniknya, ada salah satu koin yang harganya masih di bawah 100 perak saja, lho.

Kira-kira apa sajakah crypto termurah 2023 ini? Simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Reserve Rights (RSR)

Crypto Termurah 2023 RSR
Sumber: Freepik Premium License

Crypto termurah 2023 adalah RSV yang diperdagangkan kurang dari 100 perak. Pada awalnya, tim Reserve menciptakan mata uang digital yang dinamakan Reserve Dollar (RSV). RSV adalah stablecoin yang mempertahankan paritas 1 banding 1 dengan dolar AS. Setelah itu, tim Reserve menciptakan Reserve Rights (RSR) yang berfungsi untuk menjaga kestabilan harga RSV dari peluang arbitrase. RSR merupakan token ERC-20 berbasis blockchain Ethereum.

Kapan RSR diluncurkan dan siapa pendirinya? RSR diluncurkan pada Mei 2019 dan didirikan oleh Nevin Freeman dan Matt Elder. Freeman menjabat sebagai CEO dan founder Reserve, sedangkan Elder menjabat sebagai CTO yang mana bertanggung jawab untuk mengawasi arsitektur penerapan protokol Reserve.

Per artikel 26 Januari 2023, harga RSR diperdagangkan di harga Rp66. ACH pernah mencapai titik tertingginya (ATH) di harga Rp1.789 pada 17 April 2021 lalu.

2. Alchemy Pay (ACH)

Alchemy Pay (ACH)
Sumber: Freepik Premium License

Alchemy Pay (ACH) adalah platform solusi pembayaran yang menyediakan payment gateway untuk menghubungkan ekonomi cryptocurrency dan fiat. Melalui platformnya, merchants dan end-user dapat melakukan transaksi pembayaran yang nyaman dan fleksibel baik dalam bentuk fiat maupun dalam bentuk cryptocurrency.

Protokol yang dikembangkan dan dikelola oleh Alchemy GPS ini meluncurkan token ACH pada tanggal 4 September 2019. Menurut market Pintu, suplai maksimum token ACH adalah 10 miliar ACH, 51% dari pasokan token ACH dicadangkan untuk memberi insentif kepada partisipan yang menjalankan bisnis mereka menggunakan berbagai produk ekosistem.

Per artikel 26 Januari 2023 harga ACH diperdagangan di harga Rp171 dan menempati urutan ke-2 untuk crypto termurah 2023 berdasarkan market Pintu. ACH pernah mencapai titik tertingginya (ATH) di harga $ 0,184681 yang mana setara dengan Rp2.800 (kurs $1 = Rp15.165) pada 6 Agustus 2021.

Baca Juga: 12 Proyek NFT Terbaru 2023, Nomor 5 Paling Kece!

3. VeChain (VET)

VeChain VET
Sumber: Watcher Guru

VeChain merupakan platform smart-contract yang berfokus pada penyediaan solusi manajemen rantai pasokan untuk perusahaan dan berintegrasi dengan perangkat Internet of Things (IoT) untuk memfasilitasi prosesnya. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan teknologi buku besar terdistribusi untuk merampingkan operasi dan aliran informasi untuk rantai pasokan yang rumit.

Pengembangan blockchain VeChain dimulai pada tahun 2015 sebagai sebuah fork yang dimodifikasi dari Ethereum dengan fokus desain pada Internet of Things (IoT) dan manajemen rantai pasokan. Hingga saat ini, VeChain telah memperluas fokus mereka ke fungsionalitas multi-purpose dengan dukungan yang dapat disesuaikan untuk berbagai penggunaan perusahaan.

VeChain (VET) diluncurkan pada Juni 2016 dan didirikan oleh Sunny Lu, seorang eksekutif IT yang sebelumnya menjabat sebagai CIO Louis Vuitton China. Dalam perkembangan VeChain, Lu tidak bekerja sendirian, ia berkolaborasi dengan Jay Zhang yang bertugas untuk mengarahkan struktur perusahaan global, pemerintahan, dan manajemen keuangan VeChain.

Saat ini per 26 Januari 2023, harga VET diperdagangkan di harga Rp347. VET pernah mencapai harga tertingginya di harga $0.282922 yang mana setara dengan Rp4.282 (kurs $1 = Rp15.138) pada 19 April 2021.

4. Just (JST)

JUST (JST)
Sumber: Az Coin News

JUST merupakan ekosistem decentralized finance (DeFi) baru yang populer yang dibangun untuk blockchain TRON. Ini merupakan rangkaian produk yang sebagian besar berfokus pada lending platform atau platform peminjaman **stablecoin terdesentralisasi yang dikenal sebagai JustStable.

Setelah Initial Exchange Offering (IEO) pada platform Poloniex LaunchBase, platform ini mulai diluncurkan pada bulan Agustus 2020. Namun, token tata kelola asli platform (JST) telah beredar sejak Mei 2020.

JST memiliki berbagai fungsi di platform seperti membayar bunga, membantu memelihara platform dan berpartisipasi dalam tata kelolanya, membantu menetapkan parameter seperti suku bunga (biaya stabilitas) dan rasio jaminan minimum.

Ekosistem JUST dikelola oleh JUST Foundation, yang mencakup individu-individu dari Alibaba, Tencent, IBM, dan perusahaan kelas dunia lainnya. Orang-orang yang berperan dibalik perkembangan Just adalah Terance F, Elvis Zhang, C Wu, dan GL Kong.

Per artikel ini diterbitkan harga JST diperdagangkan di harga Rp380 dan menempati urutan ke-4 crypto termurah 2023 berdasarkan market Pintu. JST sempat menyentuh harga tertingginya (ATH) di harga $0,196324 yang mana setara dengan Rp2.971 kurs $1 = Rp15.138) pada 5 April 2021.

5. Ankr Network (ANKR)

ANKR Network
Sumber: Freepik Premium License

Ankr adalah platform komputasi terdistribusi yang bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya komputasi di pusat data dan perangkat edge. Perusahaan dapat menggunakan daya cloud computing yang belum dimanfaatkan dari pusat data dan perangkat di tempat di seluruh dunia untuk mengurangi risiko penggunaan centralized provider.

Ankr juga memberikan manfaat bagi pemilik daya komputasi yang tidak terpakai yang dapat memonetisasi surplus mereka apakah itu dalam bentuk perangkat, pusat data data on-prem, cloud pribadi, atau bahkan cloud publik.

Ankr Network (ANKR) didirikan pada tahun 2017 oleh Chandler Song dan Ryan Fang di Berkeley University di California. Awalnya Song memperkenalkan Bitcoin kepada Fang, dan mereka sepakat untuk membeli 22 BTC pada tahun 2014. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2017, keuntungan yang mereka dapatkan mereka gunakan untuk mendanai proyek Ankr Network.

Per artikel ini diterbitkan, harga ANKR diperdagangkan di harga Rp419. ANKR sempat menyentuh harga tertingginya (ATH) di harga $0,222018 yang mana setara dengan Rp3.360 (kurs $1 = Rp15.138) pada 28 Maret 2021.

Baca Juga: 10 Game Metaverse 2023, Paling Ditunggu-Tunggu!

6. Ziliqa (ZIL)

Ziliqa (ZIL)
Sumber: BMICDN

Proyek Zilliqa didirikan pada tahun 2017 oleh tim peneliti dari National University of Singapore. Anggota tim tersebut terdiri dari Xinshu Dong, Yaoqi Jia, Amrit Kumar, dan Prateek Saxena (yang sebelumnya bekerja dengan Loi Luu, CEO dan Co-Founder Kyber Network). Mereka menggabungkan perusahaan di belakang Zilliqa yang disebut Zilliqa Research pada bulan Juni 2017, beberapa bulan sebelum tim meluncurkan testnet pertamanya.

Zilliqa membawa teori sharding ke dalam praktik dengan protokol yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan skalabilitas yang terlihat pada beberapa blockchain lainnya. Desainnya yang terpecah-pecah memungkinkan rantai konkuren untuk mengeksekusi transaksi secara paralel, sehingga meningkatkan kapasitas jaringan secara keseluruhan.

Motivasi utama tim dalam membangun produk ini adalah untuk menciptakan sebuah platform yang dapat memproses smart-contract dalam skala besar tanpa mengorbankan prinsip-prinsip inti blockchain, seperti desentralisasi manajemen node.

Per 26 Januari 2023, harga Ziliqa (ZIL) diperdagangkan di harga Rp420 dan menempati urutan ke-6 crypto termurah 2023 berdasarkan market Pintu. ZIL pernah menyentuh harga tertingginya (ATH) di harga $0,256373 yang mana setara dengan Rp3.881 (kurs $1 = Rp15.138) pada 12 April 2021.

7. Raven Coin (RVN)

Raven Coin (RVN)
Sumber: The Coin Republic

Ravencoin merupakan jaringan peer-to-peer (P2P) digital yang bertujuan untuk mengimplementasikan blockchain khusus kasus penggunaan, yang dirancang untuk secara efisien menangani satu fungsi tertentu yakni transfer aset dari satu pihak ke pihak lain. Ravencoin adalah sebuah fork dari Bitcoin yang berfokus pada kemampuan untuk menerbitkan aset-aset baru.

RVN didirikan oleh Bruce Fenton, Tron Black dan Joel Weight pada 3 Januari 2018. Pasalnya, mereka disebut-sebut lebih menonjol daripada tokoh crypto lainnya, karena sebelumnya mereka semua adalah pebisnis dan pengembang berpengalaman sebelum memulai proyek RVN.

Sebelum mendirikan RVN, Fenton sudah lebih dikenal di dunia crypto karena pernah menjabat sebagai anggota dewan dan direktur eksekutif Bitcoin Foundation dari tahun 2015 hingga 2018.

Per artikel ini diterbitkan, harga RVN diperdagangkan di harga Rp447 dan menempati urutan ke-7 crypto termurah 2023 di market Pintu. RVN pernah mencapai harga tertingginya (ATH) di harga $0,284795 yang mana setara dengan Rp4.311 (kurs $1 = Rp15.138) pada 20 Februari 2021.

8. Skale Network (SKL)

Skale Network
Sumber: Binance Academy

SKALE Network adalah jaringan blockchain “elastis” yang terdesentralisasi dan bersifat open-source yang didesain untuk menskalakan aplikasi Web3. SKALE network merupakan blockchain khusus aplikasi yang dapat dikonfigurasi yang berada satu layer di atas blockchain Ethereum.

SKL didirikan oleh Stan Kladko dan Jack O’Holleran. Mereka berdua dipertemukan oleh teman-temannya di Signia Venture Partners dan Floodgate pada tahun 2017. Pasalnya, mereka berdua memiliki visi yang sama untuk membangun sebuah perusahaan di bidang crypto.

Keduanya berusaha membangun aplikasi terdesentralisasi dan mengalami masalah yang sama dengan penskalaan. Stan menemukan arsitektur dan mekanisme SKALE awal sebagai cara untuk menskalakan berbagai aplikasi yang sedang ia kerjakan.

Selama kolaborasi awalnya dengan Jack, mereka menyadari bahwa ada peluang pasar yang potensial untuk menciptakan lapisan high throughput baru yang dapat beroperasi bersama dengan Ethereum dan memungkinkan dApps baru untuk mengatasi hambatan penskalaan.

Blockchain yang sudah ada membutuhkan solusi penskalaan karena pasar untuk aplikasi terdesentralisasi baru seperti decentralized exchange (DEX), search, dan e-commerce berkembang dengan cepat.

Per artikel ini diterbitkan harga Skale Network (SKL) diperdagangkan di harga Rp529 dan menempati urutan ke-8 crypto termurah 2023 berdasarkan market Pintu. SKL pernah menyentuh harga tertingginya (ATH) di harga $1,214790 yang mana setara dengan Rp18.389 (kurs $1 = Rp15.138) pada 12 Maret 2021.

Baca Juga: 15+ Meme Crypto dan NFT Lucu 2022, Kocak Banget!

9. Arpa Chain (ARPA)

Arpa Chain (ARPHA)
Sumber: Coinbilgi

Pada akhir tahun 2019 ARPA Mainnet diluncurkan yang berfokus pada kasus-kasus yang terkait dengan sektor keuangan. Pada tahun 2020, mereka menambahkan fitur untuk iklan yang ditargetkan, mengamankan personal data sharing, dan monetisasi, sekaligus meluncurkan program kemitraan dengan para pemimpin bisnis. Program ini mulai menghasilkan uang untuk proyek tersebut, dan pada tahun 2021, token ddi burned setiap tiga bulan.

ARPA adalah protokol layer-2 yang menggunakan Multi Party Computation (MPC) untuk menganalisis data sensitif. Ketika digunakan pada layer-1, ini memungkinkan pembagian dan analisis data sensitif tanpa mengorbankan sifat sensitif dari data itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk layer-1 di mana semua transaksi bersifat publik.

Per artikel ini diterbitkan harga Arpa Chain (ARPA) menempati urutan ke-9 crypto termurah berdasarkan market Pintu. ARPA pernah menyentuh harga tertingginya (ATH) di harga $0,270698 yang mana setara dengan Rp4.097 (kurs $1 = Rp15.138) pada 3 November 2021.

10. Gala (GALA)

Gala Games (GALA)
Sumber: Freepik Premium License

Gala Games adalah perusahaan pengembangan game play-to-earn (P2E) yang membangun ekosistem game yang kuat yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk memberdayakan para penggunanya.

Gala Games didirikan oleh Eric Schiermeyer dan Michael McCarthy pada tahun 2019 yang bertujuan untuk mengembangkan ekosistem game yang memberikan penggunanya ownership atau kepemilikan dan kontrol penuh atas aset dalam game mereka.

Eric sebelumnya menjabat sebagai CRO Intermix Media yang merupakan perusahaan di balik MySpace dan juga salah satu founder Zynga, yang merupakan perusahaan developer game bernilai $7 miliar yang didirikan pada tahun 2007 dalam upaya untuk menghubungkan dunia nyata melalui game.

Sedangkan Michael pernah menjadi direktur kreatif di Zynga dimana ia mengembangkan Farmville 2, sebuah game populer di Facebook. Keduanya melihat sebuah peluang dengan game play-to-earn yang memungkinkan para developer untuk benar-benar fokus pada kualitas game namun tetap menguntungkan dan memberikan kontrol kepada para pengguna.

Per artikel ini diterbitkan Gala (GALA) menempati urutan ke-10 crypto termurah berdasarkan market Pintu. GALA pernah menyentuh harga tertingginya (ATH) di harga $0,831875 yang mana setara dengan Rp12.593 (kurs $1 = Rp15.138) pada 26 November 2021.

Selengkapnya mengenai GALA games dan token GALA bisa kamu simak di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->