Emas Muda: Kelebihan, Kekurangan, dan Ciri-Cirinya

Updated
December 1, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Emas Muda: Kelebihan, Kekurangan, dan Ciri-Cirinya
Reading Time: 4 minutes

Emas adalah logam yang paling banyak dijadikan perhiasan. Dalam proses pembuatannya, emas akan dicampur dengan logam lain di bawahnya agar lebih mudah dibentuk. Tapi apa kamu pernah mendengar yang namanya emas muda? Jika kamu pernah ke toko emas pasti sudah familiar dengan istilah tersebut.

Mengapa sampai ada istilah tersebut dan apa yang membedakan emas muda dengan emas yang lainnya? Ulasan lengkapnya ada dalam artikel berikut, jangan sampai kelewatan!

Apa itu Emas Muda?

emas muda adalah

Emas muda adalah adalah sebutan yang diberikan pada perhiasan dengan kadar emas yang rendah. Kamu tidak akan menemukan sebutan emas muda dalam istilah bahasa Inggris, karena kata-kata ini dibuat untuk membedakan jenis-jenis perhiasan yang dijual di pasaran Indonesia berdasarkan kandungan emas yang ada di dalamnya.

Karena kadar emas yang ada di dalamnya relatif sedikit, salah satu pertanyaan yang muncul dalam benak kamu mungkin adalah emas muda berapa karat sih?

Kandungan emas yang ada dalam perhiasan emas muda berada di bawah 70%. Jika diukur dalam karat, maka bisa dikatakan emas muda adalah perhiasan emas 14 karat, 10 karat, 9 karat, atau dengan persentase di bawahnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Harga Emas, Jual dan Belinya?

Kelebihan dan Kekurangan Emas Muda

Perhiasan emas muda memiliki banyak sebutan di pasaran, tergantung pada kadar yang dimilikinya. Contohnya untuk kadar emas 375 adalah nama lain untuk perhiasan 9 karat. 

Produk perhiasan emas muda sendiri tidak kalah populer di pasaran lho! Ini karena tentunya emas muda memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan pertama emas muda adalah harganya yang sangat terjangkau. Bahkan bisa dibilang ini adalah ciri-ciri emas muda yang sangat mudah diketahui. Jika kamu datang ke toko emas atau perhiasan lalu menemukan barang yang harganya sangat jauh di bawah harga emas antam, maka bisa dipastikan itu adalah emas muda.

Bagi orang-orang yang ingin memiliki perhiasan emas dengan budget yang minim, emas muda dianggap sebagai solusi yang paling tepat.

Harga yang rendah ini dipengaruhi oleh kadar emas yang ada di dalamnya. Sehingga hal ini juga menjadi kekurangan dari perhiasan emas muda. Sebagian orang menganggap bahwa kadar emas yang rendah inilah yang sangat disayangkan. Kadar emas yang ada di perhiasan emas muda berada di bawah 70%. Semakin murah harganya, maka semakin sedikit pula kandungan emas yang ada di dalamnya.

Tidak semua emas yang ada di pasaran asli, simak ciri emas asli dan cara membedakannya dengan emas palsu.

Berbicara soal emas, erat kaitannya dengan investasi karena emas adalah investasi paling populer selain saham. Selain emas dan saham terdapat juga investasi dengan return sampai dengan 12% dengan cara staking PTU. Untuk info dan cara nya, bisa klik banner dibawah ya!

Cara Merawat Emas Muda

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah emas muda bisa luntur mengingat harganya yang lebih terjangkau. Sama seperti perhiasan emas pada umumnya, emas muda tidak bisa luntur meskipun kadar emas di dalamnya tergolong sedikit. Namun dibandingkan dengan emas tua, emas muda lebih cepat menghitam. Untungnya, kilau emas muda bisa dikembalikan seperti sedia kala dengan cara yang sederhana dan bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut ini cara membersihkan emas muda yang menghitam:

  • Pembersih perhiasan. Cara paling praktis adalah menggunakan cairan pembersih perhiasan yang kini banyak dijual di pasaran. Tinggal ikuti petunjuk dalam kemasan untuk membuat emas muda kamu kembali berkilau
  • Pasta gigi. Sikat emas muda dengan sikat gigi lembut dan pasta gigi. Basahi dulu emas dengan sedikit air sebelum disikat. Cukup sikat selama beberapa menit saja, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih.
  • Air hangat dan sabun cuci piring. Tuang air ke dalam gelas, lalu teteskan sedikit sabun cuci piring ke dalamnya. Masukkan emas muda, kemudian diamkan selama 5 menit. Angkat emas, letakkan di atas kain yang bersih, lalu sikat perlahan menggunakan sikat gigi untuk mengangkat kotorannya.

Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua

Penyebab utama mengapa harga emas muda lebih terjangkau dibandingkan emas tua adalah kadar emas yang ada di dalamnya. Konon inilah yang menyebabkan munculnya istilah emas muda dan emas tua, yaitu itu untuk membedakan kadar emas yang ada di dalam sebuah perhiasan.

Perbedaan antara emas tua dan emas muda adalah unsur emas yang ada di dalam emas tua lebih banyak. Perhiasan emas tua memiliki kadar emas lebih dari 70% atau yang biasa disebut 17K. Warna emasnya pun lebih pekat karena besarnya kandungan emas.

Sementara kadar emas yang ada di perhiasan emas muda berada di bawah 70%. Selain harganya yang murah, warnanya pun akan terlihat berbeda dengan emas tua.

Itu dia penjelasan lengkap tentang kelebihan emas muda, ciri hingga perbedaannya dengan emas tua. Semoga informasi ini bermanfaat! Buat kamu yang ingin berinvestasi emas namun tidak tau harus mulai dari mana, cek 7 cara investasi emas bagi pemula ini!

Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar keuangan dan investasi di Pintu Blog. Selain emas, investasi crypto pun tengah menjadi perhatian masyarakat luas. Di Indonesia sendiri, jumlah investor crypto telah bertambah sebanyak 5,46 juta di tahun 2022 saja. Tertarik belajar crypto? Kunjungi Pintu Academy sekarang!

Referensi:

Topik
#emas
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->