Evolusi Sistem Pembayaran di Indonesia dan Dunia

Updated
September 22, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Evolusi Sistem Pembayaran di Indonesia dan Dunia
Reading Time: 3 minutes

Sistem pembayaran di zaman dulu dan sekarang ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sebelumnya, tidak pernah terbayangkan masyarakat bisa dengan mudah melakukan pembayaran secara online dari mana saja. Untuk mengetahui selengkapnya, simak evolusi sistem pembayaran di Indonesia dan seluruh dunia melalui artikel berikut ini.

Evolusi Sistem Pembayaran di Dunia

Tahapan Evolusi Sistem Pembayaran di Dunia
(freepik.com)

Dilansir dari Investopedia, berikut merupakan urutan perkembangan sistem pembayaran di dunia mulai dari sistem barter hingga mata uang virtual.

Barter

Barter adalah sistem pembayaran dengan cara menukar barang dengan barang, atau barang dengan jasa. Sebagai contohnya, petani bisa mendapatkan sepatu dengan menukarkan hasil panen padinya kepada pemilik toko sepatu.

Salah satu kelemahan dari sistem pembayaran barter adalah sulitnya menentukan nilai dari barang yang ditukarkan, misalnya apakah 2 kg beras memiliki nilai yang sama dengan 1 buah sepatu?

Sistem Pembayaran Buatan Cina yang Mirip Koin Modern

Sekitar tahun 770 SM, warga Cina mulai melakukan transaksi dengan menggunakan alat pembayaran yang mirip dengan koin modern pada masa ini. Meskipun begitu, produksi koin belum dilakukan secara besar-besaran.

Mata Uang Koin Dicetak dan Digunakan Secara Luas

Pada tahun ke-600 SM, Raja Alyattes dari Lydia mencetak koin resmi pertama mereka. Koin-koin ini terbuat dari Electrum yang merupakan campuran dari perak dan emas yang terbentuk secara alami. Mata uang Lydia ini membantu negara tersebut untuk meningkatkan sistem perdagangan baik secara internal dan eksternal.

Transisi ke Mata Uang Kertas

Sekitar tahun 700 SM, masyarakat Cina mengubah sistem pembayaran dari uang koin menjadi uang kertas. Sedangkan, hingga abad ke-16, beberapa negara bagian Eropa masih menggunakan uang logam sebagai alat transaksi mereka. Namun akhirnya, bank mulai menggunakan uang kertas untuk menggantikan uang logam dalam proses peminjaman dan penyimpanan uang. Pada masa itu, bukan pemerintah yang menerbitkan uang, melainkan bank dan lembaga swasta.

Baca juga: Daftar 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia

Pembayaran Seluler

Pada abad ke-21, muncul dua sistem pembayaran baru yaitu pembayaran seluler dan mata uang virtual. Pembayaran seluler adalah transaksi yang dilakukan melalui perangkat seluler atau mobile. Beberapa contoh pembayaran seluler adalah ShopeePay, GoPay, DANA, dan banyak lagi.

Mata Uang Virtual

Bitcoin menjadi salah satu mata uang virtual yang dirilis pada tahun 2009 silam, namun namanya mulai populer di dunia beberapa tahun belakangan ini. Mata uang virtual sendiri tidak memiliki bentuk fisik. Menariknya, kini bitcoin telah menjadi salah satu alat pembayaran yang sah di El-Salvador.

Baca juga: Apa itu Bitcoin?

Evolusi Sistem Pembayaran di Indonesia

Tahapan Evolusi Sistem Pembayaran di Indonesia

Sebenarnya perkembangan sistem pembayaran di Indonesia tidak jauh berbeda dengan perkembangan sistem pembayaran di dunia. Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia, sistem pembayaran di Indonesia terus berkembang mulai dari sistem pembayaran barter, pembayaran tunai hingga non-tunai seperti cek dan bilyet giro.

Ada juga alat pembayaran paperless dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit hingga kartu ATM. Dengan perkembangan digital yang semakin pesat, masyarakat Indonesia mulai bertransaksi menggunakan uang elektronik berbasis chip atau server. Segala pembayaran pun mulai menggunakan sistem mobile.

Nah, itu dia evolusi sistem pembayaran di Indonesia dan dunia. Sebelumnya, telah dibahas mengenai bitcoin sebagai salah mata uang virtual yang telah menjadi alat pembayaran sah di El-Salvador. Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya, download aplikasi Pintu sekarang! Investasi dan trading crypto bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bank Indonesia, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.  Diakses tanggal: 16-09-2021.

Investopedia, Roots of Money. Diakses tanggal: 16-09-2021.

Mishkin FS. 2008. Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Diakses tanggal: 16-09-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+