Jual Emas Tanpa Surat: Besar Potongan & Caranya

Updated
December 1, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Jual Emas Tanpa Surat: Besar Potongan & Caranya
Reading Time: 3 minutes

Kamu punya emas tapi suratnya hilang? Jangan khawatir, di sini kita akan bahas tuntas tentang cara jual emas tanpa surat. Yuk, simak baik-baik!

Apakah Bisa Jual Emas Tanpa Surat?

Jawaban singkatnya adalah, ya! Kamu bisa menjual emas tanpa surat meskipun ada beberapa kekurangan yang harus bersedia kamu tanggung.

Cara Jual Emas Tanpa Surat

jual emas tanpa surat

Emas yang dijual tanpa surat pada umumnya akan dikenakan potongan harga yang cukup besar dibandingkan potongan harga biasanya di pasaran.

Tapi, jangan panik dulu! Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kerugian.

Pertama, bawa emas perhiasan kamu ke tempat jual emas tanpa surat yang terpercaya. Di sana, emas kamu akan ditaksir menggunakan mesin untuk melihat berat dan karatase emas. Setelah itu, kamu bisa memutuskan untuk menjual atau membatalkan. Mudah, kan?

Baca juga: Peluang Investai Emas di Tahun Ini, Baguskah?

Berapa Potongan Jual Emas Tanpa Surat?

Biasanya emas tanpa surat akan dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan emas dengan surat. Hal ini karena surat emas menjadi bukti otentikasi dan legalitas emas tersebut. Jadi, jika surat emas hilang, biasanya akan ada potongan harga.

Potongan harga untuk emas tanpa surat bisa berbeda-beda tergantung toko emas tempat kamu menjual. Ada toko emas yang menerapkan sistem potongan harga, ada yang menerapkan sistem presentase harga, atau bahkan ada yang tidak bisa menerima emas tanpa surat.

Sebelum menjual, pastikan kamu bertanya terlebih dahulu bagaimana potongan harga pada tiap toko emas. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan berapa potongan harga yang akan diterapkan dan bisa meminimalisir kerugian. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi emas dan harga emas saat itu untuk mendapatkan harga jual yang optimal.

Tips Jual Emas Tanpa Surat

Pertimbangkan Harga Emas

Sebelum menjual emas, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan harga emas terkini. Kamu bisa cek harga emas global terbaru dan akurat melalui website seperti harga-emas.org atau logammulia.com. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan harga global terbaru dengan penawaran toko emas.

Mengecek Kadar Kemurnian Emas

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kadar kemurnian emas tanpa surat. Kadar kemurnian juga akan mempengaruhi harga jual, sehingga penting untuk mengingat kadar emas yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan jasa Pegadaian atau melihat kode pada emas fisik untuk mengetahui tingkat karatase pada emas.

Amati Bagaimana Kondisi Emas Kamu

Nah, sebelum jual emas tanpa surat, pastikan kondisi emas kamu masih baik. Emas yang masih terlihat mulus dan berkilau akan memiliki harga yang lebih tinggi, lho! Kamu bisa membersihkan atau mengkilapkan emas dengan beberapa cara seperti menggunakan baking soda dan cuka, sabun cuci piring, cairan alkohol atau menggunakan cairan amonia.

Baca juga: 10 Jenis-Jenis Emas dan Harganya di Pasaran

Alternatif Jual Emas Tanpa Surat

Terakhir, jika kamu mengalami kesulitan dalam menjual emas tanpa surat, coba jual kembali ke toko tempat kamu membeli emas tersebut pertama kali. Biasanya beberapa toko penjual memiliki tanda khusus pada emas yang mereka produksi, sehingga potensi emas kamu diterima akan lebih besar.

Baca juga: 7 Risiko Investasi Emas yang Wajib Kamu Ketahui!

Pengalaman Jual Emas Tanpa Surat

Dilansir dari komunitas Pop Mama, Anin Larasati membagikan pengalamannya ketika menjual emas tanpa surat.

Anin Larasati ingin menjual emasnya, tapi ternyata surat belinya tidak biasa ia temukan.

Meski demikian, dia tetap datang ke toko emas untuk menjualnya. Di sini, awalnya emas yang dia punya diragukan. Pihak toko akhirnya melakukan pemeriksaan, di mana emasnya ditawar dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya.

Padahal saat itu, dia udah coba menjelaskan jika emas yang dia punya bentuknya masih bagus, tidak ada goresan, cacat, atau kusam. Namun bagi mereka, itu semua tidak penting. Mereka hanya tau emas tersebut tidak ada suratnya, sehingga harganya tetap turun bahkan anjlok.

Ketika menjual emas tanpa surat ini dia juga dikenakan biaya untuk peleburannya. Proses peleburan tersebut digunakan untuk menentukan kadar emas serta mempermudah proses pembentukan emas baru. Awalnya Anin sempat nolak dikenakan charge, tapi ternyata memang sudah ketentuannya demikian.

Jujur karena kondisi mendesak, akhirnya mau nggak mau ya dia harus terima kondisinya. Dia jadi menjual emas yang dia punya dengan harga yang jauh dari perkiraan dia. Mungkin ini juga jadi satu pelajaran sih buat dia, untuk nggak sembarangan memisahkan barang berharga dari surat belinya.

Berbicara tentang emas, baru-baru ini Bitcoin juga tengah menarik perhatian masyarakat luas dan bahkan disebut sebagai “Emas Digital”. Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja. Di Pintu, tersedia juga fitur Pintu Earn di mana kamu bisa nabung crypto dan mendapatkan bonus tahunan hingga 13%

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->