Pengertian Kustodian, Contoh dan Biayanya

Updated
August 10, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian Kustodian, Contoh dan Biayanya
Reading Time: 3 minutes

Bank kustodian memegang peranan penting dalam menjaga keamanan aset keuangan dari berbagai risiko. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang pengertian kustodian, contoh dan biayanya.

Apa Itu Kustodian?

apa itu bank kustodian

Kustodian adalah seseorang atau lembaga tertentu yang diberi kepercayaan untuk menjaga dan menyimpan suatu harta benda atau catatan mengenai hal tertentu.

Istilah kustodian dalam bidang investasi dan keuangan identik dengan sebutan bank kustodian. Penjelasan lebih lanjut mengenai definisi bank kustodian akan dijelaskan pada pokok bahasan berikutnya.

Apa Itu Bank Kustodian?

Bank kustodian adalah suatu lembaga keuangan yang berfungsi untuk menyimpan surat berharga nasabah dan menjaganya dari berbagai kemungkinan risiko seperti pencurian atau kerugian.

Setiap manajer investasi diharuskan mengatur kustodian untuk masing-masing aset investasi milik klien yang dikelola oleh mereka. Nantinya masing-masing aset investasi akan disimpan oleh kustodian dalam bentuk elektronik atau fisik atas nama pelanggan.

Baca juga: Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional, Mana yang Lebih Baik?

Fungsi Bank Kustodian

Secara umum, tiga fungsi bank kustodian yang utama adalah sebagai berikut.

Sebagai Lembaga Penyimpanan Aset

Fungsi pertama bank kustodian adalah sebagai lembaga penyimpanan aset. Aset yang dimaksud termasuk semua jenis sekuritas, saham atau obligasi, atau barang berharga lainnya. Fungsi tersebut meliputi aktivitas seperti menjaga indikasi kepemilikan, penilaian aset, perhitungan menurut akuntansi, dan pelaporan aset yang dimiliki oleh investor institusional.

Untuk Memproses Perdagangan

Kedua, bank kustodian juga berfungsi untuk melakukan berbagai hal guna memproses jalannya perdagangan. Hal ini meliputi proses pelacakan hingga penyelesaian transaksi aset yang diperoleh dan dilepaskan oleh investor, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui wewenang yang didelegasikan oleh manajer aset.

Memberikan Pelayanan Aset

Terakhir, bank kustodian juga berfungsi untuk memberikan pelayanan aset dengan tujuan mempertahankan seluruh manfaat ekonomi dari kepemilikan aset. Hal ini meliputi pengumpulan pendapatan hingga aksi korporasi.

Biaya Kustodian

Biaya kustodian adalah biaya yang dikeluarkan oleh investor sebagai pembayaran kepada seseorang atau entitas yang disebut kustodian. Jadi misalkan kamu ingin berinvestasi dalam bentuk saham, obligasi, reksadana, atau menjadi pemilik sekuritas tertentu, maka pialang akan mengambil uang tunai dari rekening untuk membayar setiap orang atau lembaga tempat kamu melakukan akuisisi aset investasi. Ketika aset sekuritas sudah diterima, barulah bank kustodian menyimpan aset investasi kamu di tempat yang aman.

Besaran biaya kustodian cukup bervariasi tergantung pada dasar pengenaan, subjek yang dikenakan biaya, dan frekuensi pengenaan biaya.

Untuk mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan, kamu bisa mengecek di Peraturan KSEI nomor VI A  tentang Daftar Biaya Layanan Jasa KSEI pada laman resmi www.ksei.co.id.

Contoh Bank Kustodian di Indonesia

contoh bank kustodian

Dikutip dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juni 2021, berikut ini merupakan beberapa contoh bank kustodian yang menyimpan kelolaan dana terbesar di Indonesia, antara lain:

  1. PT. Bank HSBC Indonesia
  2. Standard Chartered Bank – Custody
  3. Citibank N.A. – Custody
  4. Bank Central Asia – Custody
  5. Deutsche Bank A.G – Custody

Itu dia pengertian kustodian, bank kustodian, fungsi hingga contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Kamu bisa mendapatkan informasi lainnya seputar keuangan dan investasi di Pintu Blog. Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja.

Tersedia juga fitur Earn, di mana kamu bisa menyimpan sejumlah aset crypto kamu dan mendapatkan bonus APY hingga belasan persen per tahun. Menarik sekali, bukan?

Download Pintu sekarang secara mudah di di App Store dan Play Store kamu masing-masing!

Referensi

Adam Barone. Custodian. Diakses pada Senin, 20 Juni 2022.

Bo Abesamis. A Primer on the Role of Custodians. Diakses pada Senin, 20 Juni 2022.

Joshua Kennon. What Are Custodial Fees?. Diakses pada Senin, 20 Juni 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->