15 Manfaat Menabung Sejak Dini Untuk Masa Depan Cerah

Updated
October 2, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 15 Manfaat Menabung Sejak Dini Untuk Masa Depan Cerah
Reading Time: 3 minutes

Menabung adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak dini. Dengan menabung maka kamu akan terbiasa menyisihkan sebagian pendapatan kamu. Yang mana uang yang kamu sisihkan ini bisa bermanfaat untuk hal lain di masa mendatang. Lalu apa pentingnya menabung sejak dini? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Menabung Sejak Dini Itu Penting?

Apakah kamu ingin memiliki motor, mobil, hingga rumah? Jika iya, maka kamu bisa mulai menabung sejak dini. Sebab dengan menabung dengan cara menyisihkan hasil dari gaji kamu maka kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan di masa mendatang.

Selain itu kamu juga bisa menjadikan tujuan menabung sejak dini sebagai salah satu cara untuk menyimpan dana darurat. Sehingga ketika ada keperluan mendadak yang membutuhkan uang banyak kamu tidak perlu bingung lagi sebab sudah memiliki tabungan.

Apa Saja Manfaat Menabung Sejak Dini?

Setelah mengetahui mengapa menabung sejak dini itu penting, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Sebelum itu simak apa saja manfaat menabung sejak dini dibawah ini.

1. Akan lebih menghargai uang yang diperoleh

Biasanya seseorang yang baru bekerja akan menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk bersenang-senang. Padahal ini bukan kebiasaan yang baik, oleh karenanya coba mulai menabung sejak dini. Dengan begitu maka kamu bisa lebih menghargai uang yang kamu peroleh.

2. Lebih bisa mengatur keuangan sendiri

Gemar menabung sejak dini juga bisa menjadikan kamu lebih pintar mengatur keuangan yang kamu miliki. Sebab kamu pasti akan tahu uang yang kamu dapatkan digunakan untuk apa saja. Sehingga pengeluaran setiap bulan bisa lebih diatur.

3. Lebih hemat

Manfaat menabung sejak dini selanjutnya adalah bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran. Dimana uang yang kamu sisihkan setiap bulan bisa menjadi simpanan jangka panjang atau jangka pendek jika memang ada kebutuhan mendesak.

4. Jadi lebih mandiri

Tidak hanya untuk orang dewasa, manfaat menabung sejak dini juga bisa anak-anak rasakan. Yang mana mereka akan lebih mandiri dalam mengatur keuangan dalam hidup mereka. Cukup ajarkan anak-anak tentang konsep sederhana keuangan.

5. Masa depan anak lebih cerah

Jika kamu belum menikah, maka hasil dari tabunganmu yang sudah berjalan dapat meringankan persiapan pernikahan kamu. Untuk kamu yang telah berkeluarga dan memiliki anak, maka uang yang kamu hasilkan dari menabung dapat digunakan untuk kepentingan darurat hingga mempersiapkan pendidikan anak.

6. Mengajari kedisiplinan

Dilansir dari Wiki Quote, ada kata pepatah yang berbunyi jika hemat pangkal kaya dan boros pangkal miskin. Hal ini bisa kamu ajarkan ke anak-anak dengan cara menabung sejak dini. Sehingga anak memiliki kedisiplinan dalam mengelola uang mereka dan tidak menghabiskannya untuk hal yang tidak penting.

7. Menghindarkan sikap suka berhutang

Tahukah kamu jika salah satu manfaat menabung sejak dini adalah terhindar dari sikap suka berhutang? Ya, dengan memiliki simpanan uang sendiri maka kamu tidak akan mudah berhutang sebab semua kebutuhan bisa tercukupi dengan uang yang kamu miliki.

8. Untuk melatih kesabaran

Manfaat menabung sejak dini selanjutnya adalah melatih kesabaran. Yang mana hal ini bisa kamu ajarkan kepada anak-anak dengan cara memberi pilihan saat anak-anak akan membeli mainan. Jadi mereka tau jika ingin beli mainan yang mereka suka maka mereka harus menabung terlebih dulu.

9. Dapat menjadi kebiasaan baik

Menabung sejak dini tidak hanya mengajarkan anak ketika masih kecil saja namun juga bisa menjadi kebiasaan baik untuk mereka. Dengan begitu baik kamu maupun anak-anak bisa merasakan manfaat menabung sejak dini hingga anak-anak dewasa.

10. Sebagai dana darurat

Sudah sedikit dibahas di atas jika salah satu manfaat menabung sejak dini adalah bisa menjadi dana darurat. Karena uang tabungan berasal dari pendapatan asli maka hal ini akan sangat membantu di masa-masa sulit ekonomi nantinya.

11. Lebih bijak mengambil keputusan

Ketika kamu memutuskan untuk menabung maka kamu akan bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan. Hal ini juga bisa kamu ajarkan kepada anak-anak, sehingga mereka bisa berpikir terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk menghabiskan uangnya.

12. Belajar membuat rencana keuangan

Konsep menabung sejak dini bisa kamu terapkan dengan mencoba membuat rencana keuangan. Coba mulai hitung total pendapatan kamu setiap bulan, lalu bagi menjadi dua. Yang mana setengah pendapatan menjadi tabungan dan setengahnya lagi sebagai uang keperluan bulanan.

13. Lebih tenang di hari tua

Manfaat menabung sejak dini tidak hanya bisa membuat masa depan lebih cerah. Namun juga bisa menjadikan kamu lebih tenang di hari tua. Ini karena semua kebutuhan kamu di masa mendatang bisa kamu dapatkan dari uang yang kamu kumpulkan semasa muda.

14. Menjadi lebih bertanggung jawab

Selain menabung membuat kamu lebih bijak dalam mengelola keuangan, kamu juga dapat mengajarkan ke anak-anak untuk mengatur keuangan sejak dini dan memberikan pendidikan jika uang yang mereka miliki sangat berharga sehingga dapat menggunakan uang yang dimiliki berdasarkan prioritasnya.

15. Sebagai investasi jangka panjang

Bisa menjadi investasi jangka panjang juga merupakan salah satu dari manfaat menabung sejak dini. Yang mana uang yang kamu kumpulkan bisa di simpan di bank, membeli emas ataupun kamu simpan di dompet online seperti membeli aset kripto seperti bitcoin dan etherium.

Menabung sejak dini memang memiliki segudang manfaat yang bisa menjadikan masa depan kamu beserta anak-anak menjadi lebih cerah. Jangan hanya menabung di satu tempat, namun coba sebarkan uang kamu di berbagai hal yang menguntungkan.

Seperti jual beli crypto yang saat ini semakin populer dikalangan para pebisnis. Pastikan kamu hanya menggunakan aplikasi Pintu yang sudah terjamin keamanannya. Pintu juga menyediakan update harga crypto terbaru untuk membantu kamu dalam trading crypto nantinya.

Referensi:

Bank Sinarmas, Manfaat Menabung Sejak Dini agar Sukses Meraih Mimpi. Diakses tanggal: 22-09-2021

Canada Life, What are the benefits of saving money early?. Diakses tanggal: 22-09-2021

Samuel Leach, The Benefits of Saving Money. Diakses tanggal: 22-09-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+