Pengertian, Contoh, dan Cara Kerja Ilmu Ekonomi Terapan

Updated
January 31, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Pengertian, Contoh, dan Cara Kerja Ilmu Ekonomi Terapan
Reading Time: 4 minutes

Dalam ilmu ekonomi, dikenal berbagai macam istilah ekonomi, salah satunya adalah ekonomi terapan. Apa itu ekonomi terapan? Simak pengertian, contoh, dan cara kerja ilmu ekonomi terapan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Ekonomi Deskriptif

Apa Itu Ekonomi Terapan?

apa itu ekonomi terapan

Ekonomi terapan adalah kesimpulan yang diambil dari teori ekonomi dan aplikasi teori ke situasi yang ada di dunia nyata. Tujuan diterapkannya teori ini adalah untuk meningkatkan kualitas praktik teori ekonomi di dalam aspek bisnis, kebijakan publik, dan kehidupan sehari-hari. Karena itu harus dipikirkan dengan cermat tentang biaya, manfaat, insentif, dan perilaku manusia di saat ini.

Dilansir dari Investopedia, cara kerja ilmu ekonomi terapan adalah dengan menerapkan kesimpulan yang diambil dari teori ekonomi dan studi empiris ke dunia nyata.

Ekonomi terapan bisa melibatkan studi kasus, di mana para ahli bisa menerapkan data yang ada di dunia nyata ke model statistik. Lalu hasil yang didapat bisa dibandingkan dengan teori yang diuji. Teori yang diujikan bisa sangat beragam.

Misalnya saja ilmu ekonomi finansial, ekonomi kesehatan, ekonomi publik, ekonomi demografi, ekonomi bisnis, ekonomi agrikultur, dan masih banyak lagi.

Ilmu ekonomi terapan mereduksi berbagai konsep abstrak menjadi sederhana, yang kemudian akan didiskusikan dan dihubungkan ke komunitas bisnis secara luas. Teori ekonomi yang diajarkan di sekolah maupun universitas biasanya merupakan hasil dari ekonomi terapan yang sudah dilakukan oleh para ahli ekonomi.

Tujuan Ilmu Ekonomi Terapan

Mempelajari cara kerja ekonomi terapan bukan tanpa alasan, berikut beberapa tujuan ilmu ekonomi terapan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih Memahami Dunia Ekonomi

Ilmu ekonomi bisa menjelaskan tentang fenomena pasar yang terjadi di masyarakat. Kenapa bisa terjadi resesi ekonomi? Kenapa terjadi inflasi dan deflasi? Kenapa konsumen lebih suka membeli produk yang satu dibandingkan produk yang lainnya? Dengan mempelajari ilmu ekonomi terapan, konsep-konsep di atas bisa kamu pahami secara lebih baik.

Mengetahui Relevansi dari Teori Ekonomi yang Ada

Ekonomi terapan berada di pusat dari semua yang kamu lakukan. Oleh karena itu, penting untuk membedah bagaimana cara kerja ilmu ekonomi terapan dalam kehidupan sehari-hari lalu menarik kesimpulan dari sana.

Dengan begitu, para ahli ekonomi bisa menyimpulkan apakah ilmu ekonomi tertentu masih bisa diterapkan atau sudah tidak lagi relevan. Jika ilmu sudah tidak relevan, tentu harus diperbaharui dengan ilmu yang baru lagi agar bisa digunakan di masa kini.

Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Tidak hanya berguna untuk para ahli ekonomi saja, dalam skala yang lebih kecil, ekonomi terapan juga berguna untuk manajer dan pemimpin sebuah usaha. Mereka bisa mempelajari apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Dengan ilmu ekonomi terapan, mereka bisa membuat keputusan yang jauh lebih tepat.

Hal serupa juga bisa dirasakan oleh konsumen yang sehari-hari berbelanja di toko maupun pasar. Konsumen bisa memahami kenapa harga barang bisa naik dan turun di saat-saat tertentu.

Cara Kerja Ilmu Ekonomi Terapan

cara kerja ilmu ekonomi terapan

Setiap saat dalam kehidupan pasti ada masalah yang dihadapi manusia, termasuk masalah ekonomi. Skalanya bisa individu, nasional, hingga global. Ilmu ekonomi terapan berusaha untuk mencoba mengatasi berbagai masalah ekonomi tersebut.

Dari penerapan tersebut, ahli ekonomi bisa menentukan apakah teori ilmu ekonomi tersebut masih relevan dengan kondisi terkini atau tidak. Kalau tidak, maka bisa dicari ilmu ekonomi lainnya untuk mengatasi masalah yang sama.

Cabang Ilmu Ekonomi Terapan

Menurut Boston College, ini dia 5 contoh cabang ilmu ekonomi terapan:

Ekonomi Terapan Lingkungan

Lingkungan hidup perlu dikelola agar bisa berkesinambungan. Akan ada pertanyaan yang muncul seperti haruskah kamu menetapkan harga pada emisi karbon? Haruskah pemerintah membuat peraturan untuk lingkungan? Ekonomi terapan khusus untuk lingkungan bisa menjadi solusi untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut.

Ekonomi Terapan Perilaku

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perilaku manusia juga termasuk ke dalam komponen ekonomi terapan. Penyebabnya adalah karena perilaku manusia bisa berubah dari masa ke masa sesuai dengan tuntutan zaman.

Wawasan dan analisis ekonomi bisa membantu membentuk perilaku manusia dalam menghadapi situasi ekonomi tertentu. Di sinilah ekonomi terapan akan bekerja.

Ekonomi Terapan Hukum

Ilmu ekonomi dan hukum bagaimanapun akan saling berhubungan. Hukum bisa menjadi penentu etika yang berlaku, pasar ekonomi, dan perilaku manusia. Ekonomi terapan memprediksi bagaimana hukum dan peraturan diimplementasikan dengan cara yang terbaik dalam situasi ekonomi tertentu.

Ekonomi Terapan Marketing

Ilmu marketing yang efektif sangat tergantung dari pengambilan keputusan yang baik dan sudah teruji. Perilaku konsumen, kebijakan, kode etik, analisa pasar dan untung rugi bisa menentukan kesuksesan pasar.

Ekonomi terapan menawarkan alat analisis yang berguna untuk menggabungkan setiap elemen dalam marketing menjadi satu kesatuan yang utuh.

Ekonomi Terapan Kesehatan

Kesehatan adalah industri yang perkembangannya sangat cepat. Analisis prediktif, alokasi sumber daya, dan inisiatif dalam menentukan kebijakan bisa mendukung kesehatan masyarakat, yang mana dapat didukung pula oleh ilmu ekonomi terapan.

Contoh Ekonomi Terapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak, kamu pasti menggunakan ekonomi terapan. Misalnya saja saat membeli produk, sebut saja air mineral. Perlukah membeli air mineral dalam kemasan botol besar atau cukup ukuran gelas kecil? Apakah harga air mineral kemasan besar sebanding dengan volume air yang ditawarkan dan lain sebagainya.

Tentunya masih banyak lagi contoh ekonomi terapan yang lebih dalam, terutama dalam pembuatan kebijakan ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Nah, itu dia pengertian, contoh, dan cara kerja ilmu ekonomi terapan. Cukup sederhana, bukan?

Selain ilmu ekonomi terapan, sangat penting pula untuk mempelajari tentang cara mengatur keuangan dan investasi. Sebut saja investasi crypto yang baru-baru ini menarik perhatian seluruh investor di dunia, termasuk Indonesia.

Untuk kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang crypto, belajar investasi crypto secara gratis di Pintu Akademi. Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja di aplikasi Pintu. Download Pintu sekarang!

Referensi:

Boston College. Economics vs. Applied Economics: Scientific Insight for Practical Problem-Solving. Diakses tanggal: 20-01-2022.

CFI. What is Applied Economics?. Diakses tanggal: 20-01-2022.

The Investopedia Team. Applied Economics. Diakses tanggal: 20-01-2022.

Wikipedia. Applied Economics. Diakses tanggal: 20-01-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->