Apa itu FOMC dan Dampaknya Terhadap Harga Crypto?

Updated
May 1, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu FOMC dan Dampaknya Terhadap Harga Crypto?
Reading Time: 4 minutes

Federal Open Market Committee (FOMC) bertanggung jawab untuk mengarahkan kebijakan moneter melalui operasi pasar terbuka. Komite ini terdiri dari 12 anggota yang merupakan komite utama The Fed yang memengaruhi kebijakan moneter.

Melalui keputusannya, FOMC menetapkan tujuan jangka pendek The Fed untuk membeli dan menjual sekuritas, yang merupakan tingkat target suku bunga federal fund, yang memengaruhi suku bunga lainnya.

Lalu, apakah FOMC sama dengan The Fed?

Jawabannya adalah tidak, FOMC tidak sama dengan The Fed. FOMC adalah komite di dalam The Fed, dan hanya bertanggung jawab atas operasi pasar terbuka. Sementara itu, Dewan Gubernur The Fed menetapkan tingkat discount rate dan persyaratan cadangan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai FOMC dan dampaknya terhadap harga crypto simak artikel lengkapnya berikut ini!

Apa Itu FOMC?

Apa arti FOMC? FOMC adalah sebuah komite di dalam Federal Reserve System yang membuat keputusan-keputusan penting mengenai suku bunga dan pertumbuhan jumlah uang beredar di Amerika Serikat.

Lalu, apa kepanjangan FOMC? Kepanjangan FOMC adalah Federal Open Market Committee.

Komite ini terdiri dari 12 anggota, termasuk tujuh anggota Dewan Gubernur, presiden Federal Reserve Bank of New York, dan empat dari 11 presiden Reserve Bank lainnya, yang menjabat secara bergilir.

Berapa Kali FOMC Meeting Dalam Setahun?

berapa kali fomc meeting
Sumber: ETF Trends

Dilansir dari Investopedia, FOMC melaksanakan 8 kali meeting terjadwal secara rutin setiap tahunnya, namun tidak menutup kemungkinan untuk bertemu lebih sering jika diperlukan.

Meeting FOMC tidak diadakan di depan umum dan oleh karena itu menjadi subjek banyak spekulasi di Wall Street, karena para analis berusaha memprediksi apakah Fed akan mengetatkan atau melonggarkan jumlah uang beredar yang akan berdampak pada kenaikan atau penurunan suku bunga.

Dalam beberapa tahun terakhir, notulen rapat FOMC dipublikasikan setelah rapat. Ketika dilaporkan dalam berita bahwa the Fed mengubah suku bunga, ini adalah hasil dari rapat rutin FOMC.

Selama rapat, para anggota mendiskusikan perkembangan di pasar keuangan lokal dan global, serta perkiraan ekonomi dan keuangan. Semua peserta meeting akan berbagi pandangan mereka tentang sikap ekonomi negara dan membicarakan kebijakan moneter yang paling bermanfaat bagi negara.

Setelah melalui banyak pertimbangan dari semua peserta, hanya anggota FOMC yang ditunjuk yang dapat memberikan suara untuk kebijakan yang mereka anggap tepat untuk periode tersebut.

Pada FOMC meeting Maret 2023, The Fed menaikkan suku bunga acuan ke target antara 4,75% dan 5%. Ini merupakan kenaikan 25 basis poin dari kenaikan terakhir pada Februari 2023.

Baca Juga: Apa itu Tapering The Fed dan Pengaruhnya Terhadap Crypto?

Kapan FOMC 2023 Dilaksanakan?

Dilansir dari website resmi The Fed, berikut ini adalah jadwal tentatif untuk meeting FOMC 2023 yang akan dan telah dilakukan:

  • 31 Januari – 1 Februari 2023
  • 21 Maret – 22 Maret 2023
  • 2 Mei – 3 Mei 2023
  • 13 Juni – 14 Juni 2023
  • 25 Juli – 26 Juli 2023
  • 19 September – 20 September 2023
  • 31 Oktober – 1 November 2023
  • 12 Desember – 13 Desember 2023

Pengaruh FOMC Terhadap Berbagai Harga Aset

dampak fomc terhadap crypto
Sumber: Coingape

Dilansir dari Investopedia, ketika FOMC mengubah suku bunga, hal ini akan berdampak pada berbagai harga aset, seperti harga cryptococurrency, saham, emas, hingga nilai mata uang. Suku bunga yang lebih tinggi cenderung berdampak negatif pada pendapatan dan harga saham (dengan pengecualian pada sektor keuangan).

Lalu, apa pengaruh FOMC terhadap harga crypto? Setelah kenaikan suku bunga dan bank mengisyaratkan lebih banyak kenaikan akan diberlakukan, pasar ekuitas dan harga Emas mulai jatuh.

Harga Bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mengalami kenaikan yang kuat menjelang FOMC meeting atau setelah munculnya pernyataan FOMC. Namun, tidak menutup kemungkinan akan terjadi sebaliknya.

Hal tersebut tergantung pada sikap FOMC, apakah hawkish atau dovish. Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu dovish dan hawkish dalam FOMC meeting, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Bagaimana Pengaruh Suku Bunga Terhadap Investasi?

Dovish vs Hawkish Dalam FOMC Meeting

dovish vs hawkish fomc meeting
Sumber: The Street

Dalam FOMC meeting, kata hawkish dan dovish sering menjadi salah satu kata yang sering muncul. Sebenarnya, apa arti dari kedua hal tersebut?

Apa Itu Hawkish?

Kebijakan moneter hawkish adalah kebijakan moneter yang ketat, dipraktikkan ketika bank sentral seperti Federal Reserve ingin mengurangi likuiditas keuangan. Pada rapat FOMC, the Fed dapat menaikkan suku bunga Fed Funds, yang merupakan target suku bunga yang dibebankan bank kepada satu sama lain untuk overnight loans.

Selain itu, suku bunga yang dibebankan bank kepada nasabahnya disebut suku bunga dasar (prime rate). Jika suku bunga Fed Funds naik, suku bunga jangka pendek dan jangka panjang juga akan naik.

Apa Itu Dovish?

Kebijakan moneter yang dovish adalah kebijakan yang mendukung lingkungan “easy money”, ketika suku bunga Fed Funds dipotong, yang membuatnya lebih mudah bagi bisnis dan konsumen untuk mendapatkan pinjaman. Pelonggaran kuantitatif dipraktikkan pada masa dovish. Konsumen dapat membelanjakan lebih banyak uang, dan ekonomi bisa lebih berkembang.

Apakah The Fed Hawkish atau Dovish?

Menurut The Street, The Fed dapat menjadi hawkish atau dovish, tergantung pada tahap siklus ekonomi. Ketua The Fed yang dovish biasanya mengizinkan tingkat inflasi yang lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang hawkish.

Kesimpulannya, Federal Open Market Committee (FOMC) adalah divisi Federal Reserve yang menetapkan kebijakan moneter dengan mengelola operasi pasar terbuka. Dengan melakukan ini, The Fed memengaruhi suku bunga fed fund, yang berdampak pada suku bunga lainnya. FOMC melakukan ini untuk mengontraksi atau memperluas ekonomi, tergantung pada kondisi pasar saat ini.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->