Perbedaan Entry Price vs Exit Price, Trader Pemula Wajib Tau!

Updated
January 3, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Perbedaan Entry Price vs Exit Price, Trader Pemula Wajib Tau!
Reading Time: 3 minutes

Bagi kamu yang baru memasuki dunia trading dan masih awam dengan istilah-istilah yang ada, kamu mungkin bertanya-tanya tentang perbedaan entry price vs exit price yang kerap kali terdengar di media sosial maupun komunitas trader, termasuk crypto.

Baca juga: 5 Cara Memilih Teknik Trading Crypto yang Sesuai untuk Kamu

Apa itu Entry Price?

apa itu entry price

Untuk bisa mengetahui apa perbedaan entry price vs exit price, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu entry price.

Menurut Santoso (2009), entry price adalah keputusan trader atau investor untuk memasuki pasar dengan melakukan pembelian aset pada waktu dan harga aset tertentu.

Santoso mengungkapkan bahwa entry price terbaik memiliki beberapa karakteristik berikut:

  • Harga berada di titik paling rendah.
  • Harga perlahan bergerak naik setelah mengalami penurunan yang cukup tajam.

Sementara itu, pengertian entry price menurut PSAK 68 adalah harga masukan, yang mana merupakan harga yang dibayarkan untuk bisa memperoleh sebuah aset atau bisa juga diartikan sebagai harga yang didapatkan untuk mengambil alih liabilitas tertentu dalam transaksi exchange.

Apa itu Exit Price?

Lalu, apa itu exit price dalam dunia trading? Dilansir dari laman Accounting Tools, exit price adalah harga yang akan diterima oleh penjual saat melakukan penjualan suatu aset.

Exit price sendiri termasuk harga penawaran karena penjual menetapkan harga untuk calon pembeli aset bersangkutan. Dengan adanya banyak pembeli dan penjual di suatu pasar, perbedaan antara harga penawaran dan permintaan pada akhirnya akan mencapai titik temu yang sesuai antara pihak pembeli dan penjual.

Sementara itu, pengertian exit price menurut PSAK 68 adalah harga keluaran, yang mana merupakan harga yang akan diterima oleh penjual untuk menjual sebuah aset atau bisa juga diartikan sebagai harga yang dibayar untuk mengalihkan liabilitas.

Perbedaan Entry Price vs Exit Price

Dari penjelasan di atas, pastinya kamu telah memiliki bayangan tentang perbedaan entry price vs exit price. Untuk bisa lebih memahami kedua konsep tersebut, simak tabel di bawah ini!

Entry Price Exit Price
Definisi Harga yang dibayar untuk membeli dan mendapatkan sebuah aset Harga yang diterima untuk menjual dan mengalihkan sebuah aset
Posisi Memasuki pasar Keluar pasar
Jumlah aset Bertambah Berkurang
Jenis kegiatan Pembelian Penjualan

Bagaimana Cara Trader Menentukan Entry Point dan Exit Point?

Hari Santoso dalam bukunya yang berjudul “Panduan Praktis Investasi dan Trading Saham Syariah untuk Pemula” mengungkapkan bahwa terdapat beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan untuk menentukan entry point (pembelian aset) dan exit point (penjualan aset) terbaik.

Entry Point Exit Point
Harga berada di titik terendah
Harga berada di titik tertinggi
Harga mulai mengalami kenaikan setelah sebelumnya turun cukup dalam
Harga mulai mengalami penurunan setelah sebelumnya naik lumayan tinggi

Namun lagi-lagi, kondisi di atas adalah kondisi paling ideal. Bagaimanapun, trader tidak bisa membaca masa depan dan menentukan dengan pasti apakah harga aset akan naik atau turun. Itulah mengapa penting bagi trader untuk memahami berbagai jenis analisis dan indikator yang ada dalam dunia trading.

Baca juga:  Apa itu Analisis Fundamental, Teknikal, dan On-Chain dalam Trading?

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan entry price vs exit price yang pastinya sangat bermanfaat untuk kamu yang tertarik masuk di dunia trading.

Belakangan ini, crypto mulai menarik perhatian banyak investor Indonesia, Wajar saja, melihat harga bitcoin, salah satu aset crypto telah melesat hingga 67% dalam kurun waktu setahun saja per 29 Desember 2021 lalu.

Untuk kamu yang tertarik mulai berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Accounting Tools, Exit Price. Diakses tanggal: 21-12-21.

DSAK IAI, PSAK No. 68 Tahun 2013. Diakses tanggal: 21-12-21.

Hari Santoso, Panduan Praktis Investasi dan Trading Saham Syariah untuk Pemula. Diakses tanggal: 21-12-21.

Investment and Finance, What is the Difference Between Entry Price and Exit Price? Diakses tanggal: 21-12-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->