Apa itu Harami Cross Pattern dan Penggunaannya dalam Trading?

Updated
October 27, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Harami Cross Pattern dan Penggunaannya dalam Trading?
Reading Time: 3 minutes

Jika umumnya grafik perdagangan dilakukan dengan menggunakan candlestick biasa, pola yang satu ini berfokus pada candlestick doji. Doji pada dasarnya memiliki bentuk yang hampir mirip dengan candlestick, bedanya tren penggunaan grafik berbentuk doji telah dilakukan sejak lama oleh orang-orang Jepang.

Salah satu pola tren dalam perdagangan yang dapat diidentifikasi melalui doji adalah Harami cross. Artikel kali ini akan membahas tentang apa itu harami cross dan bagaimana penggunaannya untuk memaksimalkan profit trading kamu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Pola Harami Cross dalam Trading?

harami cross pattern

(sumber: lizardindicators)

Harami cross adalah pola doji yang terdiri dari doji yang berukuran besar dan bergerak ke arah tren dengan diikuti oleh doji berukuran kecil. Harami cross menjadi indikasi atau tanda bahwa terdapat kemungkinan akan terjadi pembalikan tren. Harami cross bisa berwujud bullish atau bearish.

Bullish harami cross menggambarkan kemungkinan terjadinya pembalikan tren ke arah atas sedangkan bearish harami cross menggambarkan kemungkinan terjadinya pembalikan tren ke arah bawah.

Fungsi Pola Harami Cross

Harami cross berfungsi untuk memberikan informasi kepada trader dan mendukung keputusan strategis yang dapat membantu trader dalam mencapai tujuan mereka. Informasi tersebut meliputi:

Tren Pembalikan

Pola harami cross memberikan informasi kepada trader terkait kemungkinan terjadinya pembalikan tren, baik ke arah atas maupun ke arah bawah.

Penentuan Entry level dan Stop Loss

Selain mengidentifikasi tren pembalikan harga, sebagaimana pola candlestick lainnya, harami cross juga dapat membantu para pelaku perdagangan dalam menentukan entry level dan posisi stop loss. Keduanya merupakan hal yang penting sebab sangat menentukan besar profit yang dapat diperoleh dari perdagangan.

Bagaimana Cara Membaca Harami Cross?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membaca pola harami cross pada grafik perdagangan, perhatikan terlebih dahulu gambar berikut untuk memahami perbedaan karakteristik antara bullish harami cross dan bearish harami cross

cara membaca bullish harami cross

(Sumber: Corporate Finance Institute)

Bullish Harami Cross

Bullish harami cross merupakan pola doji stick yang menunjukkan kemungkinan terjadinya pembalikan tren harga ke arah atas. Bullish Harami cross umumnya terjadi di tengah tren penurunan harga. Hal ini dikarenakan para penjual tengah memegang kendali atas harga dan mendorong tren ke arah bawah. Berikutnya, terjadi tren pembalikan harga ke arah atas.

Bearish Harami Cross

Sebaliknya, bearish Harami cross merupakan pola doji stick yang menunjukkan kemungkinan terjadinya pembalikan tren harga ke arah bawah. Pola ini diawali dengan adanya tren kenaikan harga yang disebabkan oleh kekuatan kendali para pembeli yang mendorong harga ke arah atas. Kemudian tren tersebut berbalik ke arah bawah.

Baca juga: 13 Pola Candlestick Terlengkap untuk Maksimalkan Trading Kamu!

Bagaimana Cara Menggunakan Pola Harami Cross untuk Trading?

Harami cross sangat berguna bagi trader sebagai indikator yang menentukan kemungkinan terjadinya pembalikan harga serta menentukan posisi entry maupun stop loss. Berikut ini merupakan beberapa cara penggunaan harami cross dalam perdagangan:

Menempatkan Stop Loss dan Entry

cara trading dengan pola harami cross

(Sumber: Patterns Wizard)

Beberapa pelaku perdagangan melakukan entry position setelah munculnya harami cross. Kamu bisa memilih posisi buy pada titik terjadinya bullish harami cross atau ketika harga bergerak naik sebagaimana terlihat pada doji kedua yang berukuran kecil.

Sementara itu, penempatan stop loss yang ideal adalah di bawah doji low yang pertama seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Gunakan Indikator Lain untuk Konfirmasi

Kendati dapat berdiri sendiri sebagai indikator tunggal untuk mengidentifikasi tren pembalikan harga, namun harami cross rupanya memiliki keterbatasan dari segi risiko. Pasalnya, diperlukan teknik khusus dalam menggunakan harami cross dan memaksimalkan kegunaannya.

Oleh sebab itu, ketika kamu memilih untuk menggunakan pola harami cross sebagai teknik untuk mengidentifikasi tren perubahan harga, maka sebaiknya kamu turut mempertimbangkan penggunaan indikator lain untuk konfirmasi seperti Fibonacci retracement.

Nah, itulah beberapa informasi penting tentang apa itu harami cross dan penerapannya dalam trading. Pastikan untuk melakukan konfirmasi tren sebelum membuat keputusan strategis ya! Semoga informasi ini bermanfaat!

Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar trading dan keuangan di Pintu Blog. Buat kamu yang ingin belajar crypto atau mendapatkan berita crypto terbaru sebagai salah satu aset yang tengah menarik perhatian masyarakat luas sekarang ini, download Pintu sekarang di App Store atau Play Store kamu masing-masing.

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->