Apa itu Tahun Fiskal (Fiscal Year)? Pebisnis dan Akuntan Wajib Tau, Nih!

Updated
September 16, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Tahun Fiskal (Fiscal Year)? Pebisnis dan Akuntan Wajib Tau, Nih!
Reading Time: 3 minutes

Tahun fiskal adalah salah satu istilah penting yang wajib kamu ketahui karena erat kaitannya dengan hal perpajakan atau pencatatan keuangan. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu tahun fiskal dan perbedaannya dengan tahun kalender di dunia akuntansi. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Tahun Fiskal?

tahun fiskal adalah

Tahun fiskal adalah periode satu tahun yang digunakan pihak perusahaan atau pemerintah guna melaporkan keuangan dan penganggaran. Tahun fiskal lebih sering digunakan untuk tujuan akuntansi guna menyiapkan laporan keuangan.

Dalam beberapa kasus, tahun fiskal bisa dimulai pada 1 Januari dan berakhir di 31 Desember, namun tidak semua tahun fiskal sesuai dengan kalender. Sebagai contohnya, universitas yang memulai dan mengakhiri tahun fiskal mereka sesuai dengan tahun ajaran.

Singkatnya, tahun fiskal atau fiscal year adalah periode 12 bulan yang dipilih oleh sebuah perusahaan dalam melaporkan informasi keuangan mereka. Tidak hanya laporan keuangan, audit eksternal dan pengajuan pajak juga didasarkan pada tahun fiskal perusahaan.

Fungsi Tahun Fiskal dalam Akuntansi

Perusahaan, negara, serta organisasi boleh memulai dan mengakhiri tahun fiskal mereka secara berbeda, tergantung pada praktik akuntansi dan audit eksternal yang mereka miliki.

Mengetahui tahun fiskal perusahaan sangat penting bagi pihak perusahaan dan investor karena memungkinkan mereka untuk secara akurat mengukur pendapatan serta pengeluaran perusahaan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Apa itu Koreksi Fiskal Positif dan Negatif dalam Akuntansi?

Contoh Tahun Fiskal dalam Akuntansi

contoh tahun fiskal

Perusahaan bebas menentukan awal dan akhir dari tahun fiskal mereka, yang jelas totalnya tetap harus 12 bulan. Tidak menutup kemungkinan, jika tahun fiskal sebuah perusahaan sama dengan tahun kalender.

Berikut beberapa contoh tahun fiskal dari perusahaan dan organisasi ternama di dunia.

  • Tahun Fiskal Microsoft adalah dimulai sejak 1 Juli dan diakhiri pada 30 Juni di tahun berikutnya.
  • Tahun Fiskal Meta mengikuti tahun kalender, yaitu dimulai dari 1 Januari dan diakhir pada 31 Desember.

Baca juga: Kenali Siklus Akuntansi dan Tahapan-Tahapannya

Perbedaan Tahun Fiskal dan Tahun Kalender

Kadang, banyak yang mengira bahwa tahun fiskal adalah tahun kalender dan sebaliknya. Pada dasarnya, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Untuk yang paling mendasar, tahun kalender dalam akuntansi adalah 365 hari atau 12 bulan yang dimulai pada awal Januari atau berakhir di akhir Desember.

Selain itu, berikut beberapa persamaan dan perbedaan tahun fiskal dan tahun kalender lainnya yang wajib kamu ketahui.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu tahun fiskal (fiscal year) serta perbedaannya dengan tahun kalender. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu tidak tertukar lagi mengenai kedua istilah tersebut, ya!

Temukan informasi lainnya seputar finansial dan keuangan di Pintu Blog. Kamu juga bisa belajar lebih dalam mengenai investasi, trading serta dasar-dasar crypto yang sedang banyak dibicarakan masyarakat Indonesia di Pintu Academy.

Buat kamu yang ingin memulai berinvestasi, download Pintu di App Store dan Play Store kamu. Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi secara mudah mulai dari Rp11.000 saja.

Referensi:

Investopedia. Fiscal Year. Diakses Jumat, 11 Maret 2022.

Robinhood, Understanding Fiscal Year. Diakses Rabu, 7 September 2022.

Wallstreet Mojo. Fiscal Year vs Calendar Year. Diakses Jumat, 11 Maret 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->