Apa itu Siklus Akuntansi dan Tahapannya?

Updated
April 13, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Siklus Akuntansi dan Tahapannya?
Reading Time: 4 minutes

Siklus akuntansi adalah serangkaian proses analisis dan pencatatan aktivitas keuangan yang dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Yuk kenali lebih dalam tentang apa itu siklus akuntansi, tujuan, dan tahapannya dengan menyimak informasi pada artikel berikut!

Baca juga: 12 Konsep Dasar Akuntansi untuk Pelaporan Keuangan

Apa itu Siklus Akuntansi?

tahapan siklus akuntansi

Pada dasarnya, pengertian siklus akuntansi adalah proses kolektif untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mencatat seluruh transaksi keuangan dan kegiatan akuntansi yang terjadi di perusahaan.

Lebih detailnya lagi, siklus akuntansi adalah proses delapan langkah dasar yang ditujukan untuk membuat pembukuan keuangan perusahaan lebih teratur sehingga bisnis berjalan lebih mudah. Menurut Evan Tarver, siklus ini memberikan panduan yang jelas untuk mencatat, menganalisis, dan membuat laporan akhir keuangan bisnis.

Berbeda dengan siklus anggaran yang terkait dengan kinerja keuangan di masa depan, accounting cycle berfokus pada transaksi keuangan yang sudah terjadi dan memastikan pelaporannya dilakukan dengan benar. Selain itu, siklus akuntansi ditujukan untuk pihak eksternal, sedangkan siklus anggaran digunakan untuk manajemen internal.

Adam dari Investopedia mengungkapkan bahwa siklus akuntansi umumnya memiliki periode satu tahun. Namun, beberapa perusahaan bahkan menganalisis kinerja keuangan mereka setiap bulan atau triwulan. Rentang waktu untuk setiap siklus dianggap penting. Tanggal pembukaan dan penutupan biasanya disesuaikan dengan tanggal persyaratan pelaporan keuangan.

Tim Corporate Finance Institute (CFI) menjabarkan bahwa siklus akuntansi dimulai sejak transaksi terjadi dan berakhir dengan pembuatan laporan keuangan serta penutupan akun. Setelah periode siklus berakhir, siklus baru dimulai kembali. Maka, proses akuntansi delapan langkah dimulai dari awal lagi.

Tahapan Siklus Akuntansi

Dilansir dari laman Bench, Ryan Smith mengungkapkan bahwa urutan siklus akuntansi yang tepat sangatlah penting. Urutan ini memastikan bahwa laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan selalu konsisten, akurat, dan sesuai dengan standar resmi IFRS (International Financial Reporting Standards) dan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles).

Meski sudah terdapat panduan urutan siklus akuntansi, namun beberapa perusahaan melakukan modifikasi pada siklus tersebut agar sesuai dengan model dan prosedur akuntansi di perusahaan mereka.

Secara umum, tahapan siklus akuntansi terdiri dari delapan langkah seperti berikut:

Identifikasi transaksi

Accounting cycle dimulai dengan mengenali transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Adam Hayes mengatakan bahwa transaksi mencakup semua pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Misalnya, pembayaran utang, pembelian aset, penjualan produk, dan pembayaran ke vendor.

Entri jurnal (pencatatan transaksi ke dalam jurnal)

Tim CFI menegaskan bahwa transaksi keuangan harus dicatat dalam urutan yang kronologis. Entri data dilakukan dengan mengacu pada penerimaan faktur, penjualan, atau penyelesaian kegiatan ekonomi lainnya.

Memasukan transaksi ke buku besar (general ledger)

Seluruh transaksi harus dimasukan ke buku besar. Adam menjelaskan bahwa general ledger merinci seluruh aktivitas akuntansi berdasarkan akun sehingga pemegang buku dapat memantau setiap transaksi dan status keuangan berdasarkan akun.

Neraca percobaan

Tim CFI menerangkan bahwa pada akhir periode akuntansi, neraca saldo di setiap akun akan dihitung untuk memastikan catatan keuangan. Neraca saldo yang belum disesuaikan nantinya akan diuji dan dianalisis dengan worksheet.

Lembar kerja (Worksheet)

Langkah selanjutnya dalam siklus akuntansi yaitu analisis lembar kerja. Pengujian dan analisis yang dilakukan pada lembar kerja dimaksudkan untuk memastikan bahwa jumlah debit sama dengan kredit.

Evan menjelaskan bahwa ketika ditemukan perbedaan pada neraca saldo, pemegang buku besar harus melacak kesalahan dan melakukan penyesuaian korektif pada lembar kerja.

Baca juga: Apa itu Debit dan Kredit? Berikut Perbedaannya!

Jurnal penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah hasil dari koreksi dan entri penyesuaian yang dilakukan pada lembar kerja. Pada akhir periode akuntansi, jurnal penyesuaian harus dimasukan ke akun buku besar.

Laporan keuangan

Setelah menyelesaikan jurnal penyesuaian, perusahaan harus membuat laporan keuangan formal dengan catatan saldo yang benar. Umumnya, laporan keuangan mencakup laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

Penutupan pembukuan

Perusahaan mengakhiri siklus dengan menyelesaikan akun, pendapatan, dan beban sementara. Akuntan akan mentransfer laba bersih ke akun laba tertahan. Setelah itu, akun laporan laba rugi yang menunjukkan kinerja periode tertentu akan ditutup dan dinolkan untuk siklus berikutnya.

Evan menambahkan bahwa periode tutup buku merupakan saat yang tepat untuk mengajukan dokumen, merencanakan periode pelaporan berikutnya, dan meninjau kalender acara di masa mendatang.

Contoh Siklus Akuntansi

contoh siklus akuntansi

Dikutip dari laman Indeed, Anastasia Hinojosa memberikan beberapa contoh siklus akuntansi, seperti pelaporan keuangan pemerintah dan pelaporan pajak perusahaan. Secara umum, keduanya memiliki tahun fiskal, yaitu periode akuntansi selama 12 bulan atau satu tahun.

Misalnya, ketika pemerintah menggunakan anggaran keuangan untuk periode Oktober 2020 sampai dengan September 2021, maka siklus akuntansinya yang mencakup identifikasi transaksi sampai dengan penutupan pembukuan juga berlangsung sejak 1 Oktober 2020 hingga 30 September 2021.

Demikian informasi mengenai apa itu siklus akuntansi, tahapan, dan contohnya. Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar keuangan, ekonomi, dan investasi di Pintu.

Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja.

Belakangan ini investasi crypto memang sedang menarik perhatian banyak orang. Jumlah investor crypto di Indonesia per Desember 2021 lalu bahkan telah mencapai 11 juta orang. Untuk kamu yang ingin memulai investasi crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Referensi:

Bench. A Beginner’s Guide to The Accounting Cycle. Diakses pada Jumat, 18 Februari 2022

Corporate Finance Institute. Accounting Cycle: 8 Steps in The Accounting Cycle. Diakses pada Jumat, 18 Februari 2022

Indeed. What Is The Accounting Cycle (With Steps and Examples). Diakses pada Jumat, 18 Februari 2022

Investopedia. Accounting Cycle. Diakses pada Jumat, 18 Februari 2022

Investopedia. The 8 Important Steps in the Accounting Cycle. Diakses pada Jumat, 18 Februari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->