Penjelasan Terlengkap Apa Itu Termin dan Manfaatnya

Updated
November 7, 2022
‚ÄĘ Waktu baca 4 Menit
Gambar Penjelasan Terlengkap Apa Itu Termin dan Manfaatnya
Reading Time: 4 minutes

Dalam sebuah transaksi keuangan, tidak semua transaksi dilakukan secara tunai. Berbagai jenis pembayaran digunakan untuk memenuhi kebutuhan untuk menjembatani pihak pembeli dan penjual. Salah satu metode pembayaran yang digunakan adalah termin.

Termin memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menjamin sebuah transaksi dapat berlangsung aman sehingga tidak ada pihak yang dirugikan atau menanggung resiko terlalu besar. Meski begitu termin juga mempunyai kekurangan sama seperti pada metode transaksi yang lain. Agar kamu bisa menggunakan metode termin sebagai metode transaksi yang baik, simak penjelasan apa itu termin dan apa saja manfaatnya di bawah ini!

Apa Itu Terimin?

Term of Payment atau termin adalah pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Termin juga dapat berbentuk dokumen perjanjian yang di dalamnya mengandung informasi kapan, bagaimana, dan berapa seorang konsumen akan melakukan pembayaran. 

Termin adalah metode yang juga digunakan untuk menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli mengenai metode pembayaran yang diinginkan oleh klien termasuk biaya penalti apabila perjanjian ini dilanggar. Termin adalah metode yang dapat menjamin pembeli mendapatkan produk yang diinginkan dan penjual mendapatkan pembayaran yang dibutuhkan untuk memproduksi atau menyelesaikan projek.

Untuk dapat melakukan pembayaran termin, kedua pihak harus melakukan perjanjian yang didalamnya membahas secara detail kapan pembeli melakukan pembayaran, bagaimana barang dan jasa diberikan, bagaimana kondisi dan deskripsi barang dan jasa, serta detail lain yang diperlukan. Pada tingkat korporasi perjanjian ini dilakukan oleh departemen keuangan dengan izin dan pengawasan dari pejabat terkait. 

Manfaat Termin

Apa Itu Termin

Manfaat termin bisa dirasakan dari dua sudut pandang yakni sudut pandang konsumen atau klien, dan sudut pandang penjual atau vendor. Dari sudut pandang konsumen, termin adalah metode yang menjamin barang dan jasa dapat diterima dengan aman dan sesuai dengan perjanjian. Selain itu termin juga dapat meminimalisir risiko wanprestasi. Wanprestasi adalah risiko apabila penjual tidak dapat menepati perjanjian sedangkan uang sudah dibayarkan tunai di depan. 

Dari sudut pandang penjual, termin memiliki manfaat yakni menyediakan uang yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa. Termin juga meminimalisir risiko pembeli yang tidak menyelesaikan tanggung jawabnya ketika projek atau produk telah diselesaikan.

Baca juga: Apa Itu PPN?

Kekurangan Termin

Meskipun termin adalah metode pembayaran yang dapat meminimalisir risiko wanprestasi, namun termin juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan termin adalah vendor atau produsen tidak bisa mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk menyediakan produk dan jasa secara utuh karena pembayaran dilakukan secara bertahap. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengajukan pinjaman kepada pihak bank dengan menunjukkan postal order sebagai jaminan.

Kekurangan termin dari sudut pandang konsumen dapat ditemukan apabila dalam perjanjian pembayaran, vendor menghendaki pembayaran DP yang besar sehingga dapat membuat pembeli menghadapi risiko yang besar. Hal ini dapat diminimalisir apabila dalam pembayaran ini terdapat pihak ketiga semisal bank yang membantu melakukan due diligent terhadap vendor dan konsumen. 

Contoh Termin

Misalkan kamu ingin membangun rumah menggunakan jasa kontraktor dengan metode termin. Kamu akan membayar DP sebesar tiga puluh persen untuk material. setelah pembangunan menunjukkan progress kamu diharuskan membayar lagi dua puluh persen agar kontraktor dapat melanjutkan projek. Ketika progres pembangunan menunjukkan progres hingga tujuh puluh persen kamu membayar lagi dua puluh persen, dan kamu melunasi pembayaran ketika kontraktor memasuki tahap finishing. Hal ini dapat mencegah risiko kontraktor lari dari tanggung jawabnya apabila kamu melakukan pelunasan pembayaran di depan. 

Dari contoh diatas kita dapat menyimpulkan bahwa termin memiliki banyak fungsi selain untuk menjamin berjalannya suatu projek. Beberapa fungsi lain termin adalah sebagai bukti pembayaran, bukti kerjasama, bukti pembayaran berjangka, serta bukti adanya perkembangan atau progres. Selain itu termin juga memungkinkan projek berjalan tepat waktu.

Perbedaan Termin dan Uang Muka

Meskipun memiliki fungsi dan definisi yang berbeda, kebanyakan orang masih kesulitan untuk memahami perbedaan antara termin dan uang muka. Termin adalah pembayaran yang dilakukan secara berjangka atau mengangsur yang jumlah angsuran dan waktunya telah disepakati dalam dokumen kesepakatan pembayaran.

Sedangkan uang muka adalah pembayaran awal yang dilakukan untuk mengesahkan perjanjian dagang dan bukti komitmen pembeli. Sehingga uang muka tidak dapat diminta kembali apabila pembeli tidak jadi melakukan pembelian. 

Baca juga: Pengertian Fiskal Positif dan Negatif

Jenis Pembayaran Termin

Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk pembayaran termin. Metode ini dapat dibedakan menjadi beberapa sub kategori berdasarkan lama angsuran waktu pembayaran dilakukan. Agar kamu lebih paham jenis-jenis pembayaran termin, simak penjelasannya di bawah ini!

 Termin EOM (End of Month)

Contoh metode termin yang pertama adalah adalah EOM yang merupakan singkatan dari End of Month. Termin ini mewajibkan pembeli untuk melakukan pembayaran pada akhir bulan.  Sebagai contoh apabila pembeli melakukan pembelian pada bulan 2 Maret maka termin pertama akan ditagih pada akhir bulan Maret. Selanjutnya pembayaran akan diangsur dengan tanggal jatuh tempo pada setiap akhir bulan.

Termin n/30

Contoh termin yang kedua adalah termin yang pembayarannya akan ditagih setiap tiga puluh hari semenjak tanggal pemesanan, tanggal serah terima, atau tanggal kesepakatan. Termin ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan  misalkan termin n/45, n/20, dan seterusnya.

Termin n/15, dengan EOM

Sama seperti pada penjelasan sebelumnya, namun jenis termin ini juga disepakati bahwa pembayaran dilakukan pada akhir bulan. Karena setiap transaksi perlu diterbitkan faktur pajak, maka tanggal pembuatan faktur pajak dilakukan saat transaksi sudah lunas.

Kamu sudah tahu apa itu termin dan manfaatnya dalam transaksi keuangan. Sebagai sebuah alternatif metode pembayaran, termin adalah metode yang memiliki manfaat yang besar bagi kedua belah pihak yang melakukan transaksi. Itu sebabnya pengetahuan ini akan sangat berguna untuk kamu di masa mendatang.

Pengetahuan lain yang perlu kamu miliki adalah pengetahuan mengenai investasi, salah satunya adalah investasi kripro. Kamu bisa mulai investasi kripto melalui Pintu hanya dengan Rp11.000 saja. Kamu bisa memperdagangkan puluhan jenis token unggulan seperti USDT, Ethereum, Bitcoin, dan sebagainya. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Pintu Earn dan PTU Staking untuk bisa mendapatkan pasif Income. Install Aplikasi Pintu sekarang juga!

Referensi:

Indeed.com, Term of payment, diakses tanggal 2 September 2022 

Sumup.com, What is Terms of payment, diakses tanggal 2 September 2022

Investopedia, Guidement of payment types, diakses tanggal 2 September 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->