Apa Itu Trading Halt, Cara Kerja dan Contohnya?

Updated
November 16, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Trading Halt, Cara Kerja dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Trading halt merupakan salah satu hal yang harus diwaspadai oleh trader saham, dan instrumen investasi lain. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang arti trading halt dan berapa lama hal ini akan terjadi. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu Trading Halt?

contoh trading halt

Istilah trading halt artinya perhentian perdagangan atau penundaan perdagangan. Lengkapnya, Trading halt adalah penghentian dagang sementara untuk sekuritas tertentu di satu bursa atau di banyak bursa sekaligus.

Faktor Penyebab Trading Halt

Trading halt sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah:

  • Perdagangan bisa dihentikan karena sedang menunggu berita dari perusahaan bersangkutan.
  • Mengoreksi hal yang tidak seimbang
  • Ada kesalahan teknis
  • Adanya masalah dalam peraturan terkait sekuritas bersangkutan.
  • Harga sekuritas maupun indeks sudah mengalami pergerakan yang cukup cepat

Dampak dan Contoh Trading Halt

Saat terjadi trading halt, open order saham mungkin saja dibatalkan. Trading halt bisa terjadi kapan pun dalam jangka waktu 24 jam. Perusahaan yang memiliki saham yang akan dihentikan perdagangannya harus menelepon bursa di mana saham tersebut terdaftar.

Misalnya, perdagangan saham dari perusahaan A mengalami trading halt karena sedang menunggu berita. Dalam hal ini, mereka harus menelepon setidaknya 10 menit sebelum berita dirilis. Jadi, bursa bisa melakukan trading halt tepat pada waktunya.

Yang dimaksud berita adalah berita mengenai perusahaan yang sangat penting. Jadi saat perusahaan pemilik saham akan merilis berita penting, mereka cenderung melakukan trading halt terlebih dahulu. Kenapa harus dilakukan penghentian sementara? Agar memberi waktu pada para pemegang saham untuk menerima atau melakukan review terhadap berita besar tersebut dan memikirkan dampaknya. Apakah setelah itu mereka mau lanjut berinvestasi atau tidak?

Penyebab lain yang mungkin menyebabkan terjadinya trading halt adalah di saat bursa berada di posisi kurang yakin apakah sekuritas tersebut memenuhi standar pasar atau tidak. Untuk meyakinkan jawabannya, maka bursa pun melakukan trading halt.

Contoh Trading Halt NASDAQ

Contoh trading halt yang terjadi belum lama ini adalah pada tanggal 9 November 2020. Pada saat itu, pasar saham NASDAQ (National Association of Securities Dealers Automated Quotations) memberlakukan trading halt pada saham Aptevo Therapeutics’ (NASDAQ: APVO). Ini dikarenakan pergerakan harga saham APVO yang volatilitasnya terlalu ekstrem.

Contoh Trading Halt NYSE

Lalu masih di hari yang sama, NYSE (New York Stock Exchange) memberlakukan trading halt kepada saham Envista Holdings Corporation (NYSE: NVST). Alasan pemberlakuan trading halt pada NVST juga karena hal yang sama seperti saham APVO.

Baca juga: Apa Beda Market Order, Limit Order dan Stop Order?

Berapa Lama Trading Halt Berlangsung?

Trading halt bisa berlangsung selama 30 menit. Trading halt selama 30 menit ini biasanya dilakukan saat Indeks Harga Saham Gabungan mengalami penurunan hingga lebih dari 10%.

Dalam beberapa kasus, trading halt juga bisa berlangsung selama 1 jam. Meskipun begitu, sebenarnya tak ada batasan yang benar-benar ketat mengenai berapa lama trading halt harus dilakukan.

Jika trading halt dilakukan karena perusahaan pemilik saham akan merilis berita penting, maka ada yang namanya 5 menit pertama. Ini adalah masa yang disebut sebagai “news pending” di mana semua info yang dirilis akan dirilis 5 menit setelahnya. Informasi ini berpotensi mempengaruhi saham secara signifikan. Lima menit pertama ini disebut juga sebagai “5 minute window”.

Cara Kerja Trading Halt

cara kerja trading halt

Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja trading halt? Berikut lengkapnya.

  • Bursa saham mengumumkan kepada para investor akan diberlangsungkannya trading halt pada masa tertentu. Tujuan pengumuman ini adalah untuk mencegah investor mengalami kerugian finansial yang berlebihan selama skenario trading halt berlangsung.
  • Selama penghentian tersebut, bursa saham akan melarang terjadinya perdagangan untuk saham tertentu.
  • Selama trading halt, tidak ada investor yang bisa membeli maupun menjual saham yang dilarang untuk diperdagangkan tersebut.
  • Dalam beberapa kasus tertentu, bursa saham mungkin saja akan menghentikan perdagangan saham secara keseluruhan.
  • Perusahaan yang sahamnya dihentikan menginformasikan kepada bursa saham mengenai perubahan signifikan yang mungkin saja berpengaruh pada harga saham. Kemudian, bursa menghentikan perdagangan, sebelum akhirnya perusahaan mengumumkan info yang sama secara publik. Dengan begitu, bursa maupun pihak lain tidak bisa melakukan kecurangan.
  • Setelah beberapa waktu berlangsung, trading halt akan dihentikan.
  • Saham kemudian diperdagangkan kembali. Investor telah diberikan cukup waktu untuk bereaksi terhadap berita yang diumumkan, apakah akan menjual atau membeli saham tersebut.

Baca juga: 5 Rasio Keuangan yang Mempengaruhi Harga Saham

Dari pembahasan singkat di atas, bisa dipahami bahwa trading halt bukanlah sesuatu yang buruk. Trading halt adalah kebijakan yang diambil oleh pasar saham untuk meminimalisir risiko bagi para investor saham.

Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar finansial dan invetasi di Pintu Blog. Selain itu, Pintu juga menyediakan informasi dan berita terbaru seputar crypto di Pintu News bagi kamu yang ingin belajar lebih lanjut mengenai crypto yang tengah diminati masyarakat luas sekarang ini.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->