Securitize dan Wormhole Berkolaborasi: Membuka Akses Tokenisasi Aset Lintas Blockchain

Updated
September 22, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Securitize, platform tokenisasi, telah mengintegrasikan protokol komunikasi lintas rantai Wormhole dalam upaya untuk “membawa kemampuan lintas rantai ke semua aset yang di-token melalui platform Securitize,” kata Securitize dalam sebuah pengumuman pada 20 September 2024.

Mengatasi Tantangan Interoperabilitas Blockchain

Salah satu tantangan terbesar dalam ekosistem tokenisasi aset adalah keterbatasan transferabilitas antar jaringan blockchain. Securitize dan Wormhole kini bergabung untuk mengatasi masalah ini dengan mengintegrasikan protokol komunikasi lintas rantai.

Baca juga: Play Solana Siap Luncurkan PSG1: Konsol Gaming Web3 Pertama di Solana!

Dengan kemitraan ini, aset tokenisasi yang sebelumnya hanya terbatas pada satu blockchain kini bisa bergerak di berbagai ekosistem, baik publik maupun privat.

Carlos Domingo, CEO Securitize, menyatakan bahwa tokenisasi aset perlu beroperasi di blockchain publik tanpa izin agar potensi penuh teknologi blockchain dapat terwujud.

Dengan integrasi Wormhole, transaksi aset bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu detik dengan biaya transaksi yang sangat murah, memungkinkan adopsi lebih luas di sektor tradisional dan kripto.

“Sekuritas yang di-token perlu berkembang di blockchain publik tanpa izin untuk membuka potensi teknologi blockchain,” Carlos Domingo, CEO Securitize, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Adopsi Institusi dalam Tokenisasi Aset

Pada 18 September 2024, WisdomTree meluncurkan platform RWA yang dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses token RWA manajer aset dari semua jenis dompet atau jaringan blockchain. Franklin Templeton memiliki rencana serupa, kata manajer aset kepada Cointelegraph pada bulan Juli.

Securitize menjual tokenisasi RWA sebagai layanan kepada manajer investasi institusional termasuk BlackRock, Hamilton Lane InvestCorp, dan KKR. Ini telah memasukkan sekitar $1 miliar ke dalam RWA dan terdaftar di regulator Amerika Serikat sebagai broker-dealer, agen transfer, dan sistem perdagangan alternatif (ATS), menurut situs web Securitize.

RWA adalah pasar yang bernilai sekitar $12 miliar. Sumber: RWA.xyz

RWA yang di-tokenisasi sudah memiliki total nilai terkunci (TVL) sebesar $12 miliar, menurut RWA.xyz. Mereka mewakili peluang pasar senilai $30 triliun secara global, Colin Butler, kepala global modal institusional Polygon, mengatakan kepada Cointelegraph pada bulan Agustus.

Dana investasi tokenized terbesar berdasarkan aset yang dikelola (AUM) adalah BlackRock USD Institutional Digital Liquidity Fund (BUIDL) dan Franklin OnChain U.S. Government Money Fund (FOBXX), dengan AUM sekitar $520 juta dan $430 juta, masing-masing.

Baca juga: Widih! Pasar Aset Dunia Nyata (RWA) Meroket hingga $12 Miliar

Solusi untuk Real-World Asset (RWA) dan Pengembangan di Masa Depan

Wormhole adalah protokol blockchain yang mengkhususkan diri dalam mengirim dan memverifikasi pesan – termasuk data transfer token – di antara berbagai blockchain.

Wormhole menghubungkan hampir 30 jaringan dan rantai penskalaan layer-2 termasuk Ethereum (ETH), Avalanche (AVAX), dan Solana (SOL).

Ethereum mendominasi RWA dalam hal total nilai terkunci (TVL), dengan sekitar $9 miliar pada 20 September, menurut RWA.xyz. Emiten berekspansi ke rantai lain, dengan Franklin Templeton memberi tip rencana untuk meluncurkan dana token di Solana pada 20 September.

Integrasi lintas rantai yang lebih lancar “telah mengatur panggung untuk meningkatkan adopsi institusional dari aset tokenized,” kata Robinson Burkey, CCO Wormhole Foundation, dalam sebuah pernyataan.

Secara keseluruhan, kemitraan antara Securitize dan Wormhole membawa perubahan signifikan dalam ekosistem tokenisasi aset, memungkinkan transfer aset lintas rantai dan meningkatkan likuiditas.

Langkah ini memperkuat posisi Securitize dalam mendorong adopsi tokenisasi aset di kalangan investor institusi dan memperluas aksesibilitas aset dunia nyata yang ditokenisasi.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8