Uptober Crypto: Berikut 5 Faktor Pendorong Potensi Reli Bitcoin!

Updated
October 2, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Bitcoin kembali berada di jalur yang kuat untuk mengalami reli pada bulan Oktober 2024, atau yang dikenal di kalangan komunitas crypto sebagai “Uptober.”

Secara historis, bulan Oktober seringkali menjadi periode yang menguntungkan bagi Bitcoin, dan tahun ini tidak terkecuali. Ada lima faktor utama yang berpotensi mendorong kenaikan harga Bitcoin selama “Uptober” crypto 2024.

Posisi Teknis Bitcoin yang Kuat

Per 1 Oktober 2024, Bitcoin diperdagangkan di sekitar $63.800, berada di dekat batas atas dari pola saluran menurun yang telah menjadi titik resistensi selama beberapa bulan terakhir.

Analis memperhatikan potensi breakout di atas level resistensi kritis di $64.500. Jika Bitcoin mampu menembus level ini, target harga yang diantisipasi sebesar $70.000 bisa tercapai, memicu tren bullish yang signifikan.

Baca juga: Jelang Uptober, Metaplanet, Si “MicroStrategy Asia”, Kembali Borong Rp105 Miliar Bitcoin!

Dukungan dari Moving Averages

Faktor lain yang mendorong optimisme adalah posisi Bitcoin di atas beberapa rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) utama, termasuk EMA 26, 100, dan 200. Moving average ini tidak hanya bertindak sebagai level support yang kuat, tetapi juga menandakan momentum bullish.

Saat ini, EMA-EMA tersebut menyatu di sekitar $61.000, menciptakan zona support yang solid untuk harga Bitcoin. Konvergensi dari moving average yang kritis ini memperkuat kasus momentum bullish yang berkelanjutan.

Selama harga BTC bertahan di atas level-level ini, kenaikan yang signifikan dapat dilihat di ‘Uptober’.

Sikap Pasar yang “Risk-On”

Pasar keuangan yang lebih besar menunjukkan tanda-tanda sikap “berani mengambil risiko”, yang menguntungkan bagi aset berisiko seperti Bitcoin, menurut laporan CNF. Ekuitas telah berkinerja baik baru-baru ini.

Selain itu, saham-saham teknologi juga mengalami peningkatan eksposur dari hedge fund dan investor institusi.

Sentimen bullish ini dapat menyebar ke ruang kripto, mendorong lebih banyak modal ke dalam Bitcoin. Selain itu, lingkungan pasar saat ini, dengan penurunan suku bunga Federal Reserve sebesar 50 bps bulan lalu, terus mendorong kenaikan harga BTC.

Lebih lanjut, antisipasi penurunan suku bunga sebesar 75 bps pada kuartal keempat juga telah mendorong momentum.

Pola Historis yang Menguntungkan

Bulan Oktober secara historis merupakan salah satu bulan dengan performa terbaik Bitcoin. Faktanya, lima dari kenaikan signifikan mata uang kripto ini dimulai pada bulan Oktober, lapor CNF. Pola historis ini menambah sentimen bullish di sekitar Bitcoin bulan ini.

Setelah membukukan salah satu rekor terbaik di bulan September, momentum harga Bitcoin tampaknya akan berlanjut hingga Oktober.

Baca juga: Sentimen Pasar Bitcoin Berubah Bullish: Apakah Harga BTC akan Tembus Rekor Baru?

QCP Capital bahkan memperkirakan harga BTC akan menembus di atas $70.000 pada pertengahan Oktober karena pendapatan Q3 akan membebani reli ekuitas pada saat itu.

Permintaan Bitcoin sebagai Lindung Nilai Inflasi

prediksi bitcoin chatgpt
Generated by AI

Dengan kekhawatiran inflasi yang masih membayangi secara global, narasi Bitcoin sebagai alat lindung nilai terhadap inflasi tetap kuat. Karena bank sentral di seluruh dunia terus bergulat dengan kenaikan tingkat inflasi, semakin banyak investor yang beralih ke Bitcoin sebagai penyimpan nilai.

Di sisi lain, total kepemilikan Bitcoin di ETF Bitcoin spot akan mencapai 1 juta, lapor CNF.

Sifat Bitcoin yang terdesentralisasi, dikombinasikan dengan pasokannya yang terbatas yaitu 21 juta koin, membuatnya menjadi alternatif yang menarik untuk emas. Meningkatnya permintaan Bitcoin sebagai lindung nilai inflasi kemungkinan besar akan berkontribusi pada kenaikan harga di bulan Oktober.

Selain itu, pemain institusional dapat bergabung dalam keributan, memanfaatkan taktik pembelian BTC dari MicroStrategy.

Secara keseluruhan, dengan dukungan dari faktor teknis yang kuat, sentimen pasar yang positif, serta peran Bitcoin sebagai lindung nilai inflasi, bulan Oktober 2024 bisa menjadi periode yang menguntungkan bagi Bitcoin.

Jika semua faktor ini terus berlanjut, ada potensi besar bagi Bitcoin untuk mencapai level harga baru dan memulai reli besar selama “Uptober” crypto.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8