Bitcoin Akan Mengungguli Emas, Mencapai $100.000 di Tahun 2024

Updated
October 3, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Penurunan harga Bitcoin baru-baru ini tidak menggoyahkan keyakinan para ahli pro-kripto. Bahkan, seorang ahli mengklaim bahwa Bitcoin secara historis telah mengungguli emas selama periode utang yang berlebihan dan ekspansi leverage dalam sistem keuangan.

Namun, penurunan harga ini telah menguji, mungkin lebih dari sebelumnya, keyakinan lama bahwa Bitcoin memainkan peran sebagai “emas digital” dan harus menjadi bagian dari portofolio seseorang untuk melindungi terhadap volatilitas pasar saham.

Bitcoin Akan Mengungguli Emas, Mencapai $100.000 di Tahun 2024

Mata uang kripto terbesar baru-baru ini jatuh di bawah level kunci $63.000 di tengah penurunan pasar kripto yang lebih luas yang telah memangkas sekitar $200 miliar dari total kapitalisasi pasarnya selama akhir pekan. Dalam podcast, Natalie Brunell mengundang Lawrence Lepard, seorang Manajer Investasi di Equity Management Associates, yang kemudian memberikan pemikirannya tentang situasi dunia, yang menghadapi utang dan leverage yang berlebihan.

Menurut Lepard, sistem keuangan yang ada membutuhkan ekspansi leverage dan pertumbuhan suplai uang lebih lanjut hanya untuk mempertahankannya. Dia berpikir bahwa Bitcoin akan menjadi penerima manfaat yang jauh lebih besar dari dinamika ini daripada emas. Lepard juga membandingkannya dengan tahun 2019 dan 2020, ketika BTC berpindah tangan antara $5.000 dan $10.000, dan emas tidak dapat melepaskan diri dari level $1.365.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa untuk pertama kalinya, bahkan sebelum pandemi COVID-19, emas menembus, diikuti oleh pergerakan harga BTC yang sangat cepat. Meskipun emas naik sekitar 50% hingga 70% selama waktu ini, koin tersebut melonjak jauh lebih besar 300%. Sejalan dengan ini, Lepard dengan cepat menunjukkan bahwa tahun ini belum berakhir dan tetap optimis, memproyeksikan bahwa Bitcoin dapat mencapai enam digit sebelum akhir tahun kalender.

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Koin Hidden Gem dengan Dexscreener!

Harga Emas dan Minyak Melonjak di Tengah Ketegangan Timur Tengah

Laporan terbaru menunjukkan emas naik 1,4% pada hari Selasa menjadi $2.665 per ons, yang mendekati rekor tertinggi, sementara harga minyak mentah naik 7% menjadi $72 per barel. Peristiwa di pasar menyertai serangan udara di seluruh Israel, di mana pertahanan udaranya telah mencegat sebagian besar dari 180 rudal yang diluncurkan.

Ini sangat mengganggu reli kripto dan juga mendorong harga emas. Penerima manfaat lainnya termasuk obligasi dan dolar, menggarisbawahi rasa gugup investor yang lebih dalam saat geopolitik menguat.

Ketidakpastian Geopolitik Mendorong Reli Emas

arthur hayes bitcoin emas
Generated by AI

Bagaimanapun, mata uang kripto terkuat di dunia sedang mengalami masa-masa sulit. Menurut pakar pasar dan pendiri Blokland Smart Multi-Asset Fund, Jeroen Blokland, pergeseran global dari Bitcoin ke Emas dapat dilihat, dan pergerakan ini tercermin dalam grafik BTG, yang menyumbang sebagian besar koreksi harga saat ini.

Blokland mengambil harga Bitcoin dan masalah baru-baru ini dan menghubungkannya dengan meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel, yang telah memburuk secara signifikan dalam sebulan terakhir. Ini, pada gilirannya, telah menimbulkan beberapa pertanyaan mengenai kepercayaan investor, dan banyak yang mencari emas sebagai aset stabil secara historis yang melindungi mereka dari volatilitas pasar yang merajalela.

Ketegangan meningkat pada hari Selasa ketika rudal tampaknya ditembakkan dari Iran ke arah Israel, mendorong peringatan dari Gedung Putih. Pejabat AS mengisyaratkan bahwa Iran mungkin memposisikan dirinya untuk menyerang dengan rudal balistik kapan saja karena kekhawatiran telah meningkat dari konflik regional yang meluas.

Gedung Putih dengan cepat menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung pertahanan Israel dan mengancam hukuman keras terhadap Iran jika yang terakhir melakukan serangan militer. Campuran ketidakpastian ekonomi dan gejolak geopolitik ini dapat berarti bahwa investor lebih menyukai safe haven tradisional seperti emas, bahkan jika Bitcoin disebut sebagai “emas digital”, menempatkan tekanan lebih lanjut pada cryptocurrency karena kekhawatiran resesi dunia meningkat.

Penutup: Masa Depan Bitcoin Tetap Cerah

Meskipun penurunan harga baru-baru ini, para ahli tetap optimis tentang masa depan Bitcoin. Mereka percaya bahwa Bitcoin akan terus mengungguli emas dan aset tradisional lainnya dalam jangka panjang.

Baca Juga: Emas Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa! Ketidakpastian Global Pemicu Utamanya?

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8