Visa Luncurkan Platform Blockchain untuk Bank Kelola Token Berbasis Fiat!

Updated
October 4, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Pada 3 Oktober 2024, raksasa layanan keuangan Visa meluncurkan Visa Tokenized Asset Platform (VTAP), yang dirancang untuk memungkinkan penerbitan dan pengelolaan aset digital.

Visa menyatakan bahwa VTAP dibangun untuk mendukung berbagai jenis aset tokenisasi, termasuk stablecoin dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Saat ini, VTAP masih dalam fase sandbox, dengan beberapa peserta, termasuk Banco Bilbao Vizcaya Argentaria (BBVA), yang sedang menguji fungsionalitas inti platform ini.

Inisiatif Aset Digital Visa

visa loyalitas program web3
Sumber: PYMNTS

Dilansir dari Cointelegraph, Visa memperkenalkan Visa Tokenized Asset Platform (VTAP) yang ditujukan untuk investor institusional dan bank sentral, dengan menawarkan infrastruktur ujung-ke-ujung untuk minting, transfer, dan penyelesaian aset digital secara aman di blockchain publik dan izin terbatas.

Baca juga: Ripple Gandeng Bursa Crypto Brasil, Mercado Bitcoin, untuk Solusi Pembayaran Bisnis!

Vanessa Colella, kepala global inovasi dan kemitraan digital di Visa, menyatakan:

“Kami sangat antusias memanfaatkan pengalaman kami dalam tokenisasi untuk membantu bank mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam operasional mereka.”

Visa melihat VTAP sebagai alat untuk membantu bank mendigitalkan dan mengotomatisasi alur kerja, yang berpotensi mendukung “pertukaran jenis aset dunia nyata yang baru” di masa depan.

Salah satu contoh yang diberikan adalah penggunaan smart contracts dan token yang didukung fiat untuk mengelola jalur kredit kompleks secara otomatis dan melakukan pembayaran saat persyaratan terpenuhi. Contoh lainnya adalah:

“Sebuah bank juga bisa memungkinkan pelanggan mereka menggunakan token yang didukung fiat untuk membeli komoditas tokenisasi atau obligasi tokenisasi dengan penyelesaian hampir secara real-time di blockchain.”

Visa berencana meluncurkan fase uji coba VTAP dengan pelanggan terpilih pada tahun 2025, menggunakan blockchain publik Ethereum.

Blockchain untuk Perbankan

Bagian penting dari visi Visa untuk platform Visa Tokenized Asset Platform (VTAP) adalah interoperabilitasnya di berbagai blockchain:

“Dengan satu koneksi API ke VTAP, di masa depan, bank dapat memungkinkan berbagai kasus penggunaan dan berinteraksi dengan mitra serta klien di blockchain yang diizinkan maupun publik.”

Sebagai salah satu pemain terbesar dalam keuangan tradisional, Visa memposisikan VTAP sebagai jembatan menuju decentralized finance (DeFi). Platform ini menawarkan integrasi teknis minimal, sehingga bank-bank peserta dapat mengakses fitur-fitur dengan cara yang “selalu aktif dan lebih efisien.”

Baca juga: Regulator Taiwan Buka Pintu untuk Investasi ETF Bitcoin bagi Investor Profesional!

Namun, Visa juga menghadapi pengawasan dari otoritas di Amerika Serikat. Pada 24 September lalu, Departemen Kehakiman (DOJ) mengajukan gugatan antitrust terhadap perusahaan tersebut atas dugaan menjalankan monopoli pembayaran debit.

DOJ mengklaim bahwa Visa menggunakan perjanjian eksklusivitas dan ancaman hukuman terhadap vendor untuk memastikan bahwa pesaing tidak bisa mengambil bagian dari pangsa pasarnya.

Dua hari kemudian, laporan dari pengawas konsumen Accountable.US muncul, menuding Visa dan Mastercard menjalankan duopoli untuk menghalangi persaingan di sektor pembayaran kartu debit dan kredit.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured image: Yahoo Finance

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8